12 Oktober 2012

Nyontoin Anak


#Bimbingan Orang Tua

Anak sekarang memang keren. Kalo minta sesuatu persis orang mau buang air. Asal kebelet maunya mak procot saat itu juga. Disuruh-suruh juga kadang susah. Sebaliknya kalo dilarang malah kaya dikasih surat tugas.

Maksain bergaya otoriter seperti orang tua jaman dulu kok kesannya gak asik banget. Aku amati perilaku tetangga yang belum tersentuh demokrasi, anak-anaknya memang penurut dan ga rese kaya Ncit Ncip. Tapi diamnya itu aku lihat melebar sampai ke soal kreatifitas. Anak-anaknya cenderung pasif dan kelihatan ragu-ragu untuk mengeluarkan ide.

Serba salah memang. Tapi itulah kenyataannya.

Nyuruh Ncit bantu-bantu bersihin rumput saat dia asik bermain sepeda, dijamin bikin mulut tambah monyong tanpa hasil. Padahal tanpa perlu banyak bicara, cukup ambil keranjang dan beraksi sudah bisa membuatnya ngacir sambil teriak, "ikuuuut..."

Makanya aku usahakan untuk meminimalisir akses verbal ke anak kecuali lagi ngajarin ngomong. Mengajari dengan contoh ternyata lebih mudah diterima anak walau kadang sulit di sisi orang tuanya. Dari obrolan sesama teman, masih banyak orang tua yang enggan untuk belajar dokter-dokteran bersama anak-anak.

Aku sendiri kena wajib militer jadi pasien ibue setiap ada di rumah. Misalnya setiap anak-anak habis mandi, musti mengawali baris di kasur untuk gantian dibersihin telinga. Begitu juga saat jam makan buah. Aku kudu memulai ritual mangap seperti anak burung disuapin jangkrik.

Enak ga enak tetap dilakukan untuk membiasakan anak mengenal pola hidup yang lebih baik. Toh tidak akan selamanya aku jadi pembuka acara anak-anak. Ada juga kurikulum yang tak pernah menempatkan aku jadi ketua kelas, yaitu pelajaran minum susu.

Ncit selalu jadi komandan regu. Begitu buka mulut, langsung disumpel dot. Giliran selanjutnya si Ncip mangap dan ga pake lama terus dijejelin nenen. Eh, begitu aku ikutan manyun. Kenapa malah dilempar bantal...???



119 comments:

  1. persis sama anakku nih mas... di suruh suruh sampe gemes tarik tarik rambut sendiri belum tentu mau..

    tapi kalau di kasih contoh atau mulai dulu pasti langsung doyan tuh...

    biarkan kita berikan anak anak untuk memilih mengerjakan pekerjaan yang ia suka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti emang udah blueprint anak sekarang ya..?
      kirain cuma anakku doang

      Hapus
  2. namanya juga anak anak mas, anak seusia segitu emang serba kepingin dan serba meniru, jadi sbg orang tua yang normal ya harus diajarin yang normal juga

    contohnya seperti ketika minum susu, sbg bapak, boleh juga kok mas ngajarin bagaimana mimik susu yang bener, wkwk

    *kaburrrrr..... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mereka lebih pinter diajarin tipi
      diputer, dijilat... diceburin...

      Hapus
  3. aduh ... ending itu lho hahhahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenopo iren karo anak ? melu melu wae hahhahaha

      Hapus
    2. sekali kali masa gak boleh sih, mbak..?

      Hapus
    3. ora entuk, saake Ncip ra kumanan mengko

      Hapus
  4. mas..bersih2 rumput pke kacamata? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebiasaan di hutan, teh...
      tiap keluar mess kudu pake sunglass

      Hapus
    2. profesor calculus, Mbak...

      Hapus
    3. yang bener prof ralulus...

      Hapus
  5. hahaha minta gituan ko di depan anak ya di lempar bantal,,,
    suruh anak utk makan juga kayaknya susahnya minta ampun, tp kalo org tuanya ikutan makan maka dgn sendirinya anak itu minta ikutan makan, menjadi org tua itu harus mengerti kelakuan dari anak itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. susahnya mereka suka ngacak acak makanan orang tuanya. masa bayi ga mau dikasih makanan bayi, malah ngembat jatah bapaknya..

      Hapus
  6. sekalian cabutin rumput rumahku ya raw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumput ente gak hijau soalnya...

      Hapus
  7. Saya tertarik dengan tempat sampah kotak ijo yang ada nomornya 5 itu...
    Persis verifikasi kata dalam Blogspot :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau ambil aja pak...
      boleh kok gratis
      paling diteriakin pak rt tar, hehe

      Hapus
  8. kiwo twngwn to Mas (halah iku ngunu bahas opo)

    wah, ncip rajin ya Mas, gak kayak ayahnya dulu, dulinan dakocan teros...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ncip mah bisanya nenen sama mewek doang. kalo ncit dah rada mendingan...

      Hapus
  9. mas rawins..gua suka gaya lo ckckck


    kudu sabar dong mas sama anak. kali aja dulu si masE lbh parah heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak lah...
      anak dulu mah nurut sama orang tua. apalagi sama bapak. liat aja dah ga berkutik. perubahan jaman kayaknya, bu...

      Hapus
    2. gaya koyok ngunu seng disenengi endine Dew? heheheeee...

      Hapus
    3. hahaa ada yang nimbrung...

      cuma selalu tau aja aku ada dmn heheee

      Hapus
    4. karena aku bisa merasakan kehadiranmu Dew...

      Hapus
    5. hihihi
      jangan selingkuh sama juragan pare yo, dew...

      Hapus
  10. kalau di rumah hanya Thandy yg suka nimbrung kalau lagi kerja.... ceritanya bantuin eh malah keramik lantai yang di hajarnya palu hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ya sama lah kek gitu...
      kalo mikir kerjaannya sih mendingan engga melibatkan mereka yang cuma bikin berantakan. tapi karena tujuannya untuk melatihm ya gimana lagi...

      Hapus
    2. wah, selalu ada cerita ya A'....
      kapan ya jadi Bapak, heheeee

      Hapus
    3. buruan...
      keburu kiamat loh...

      Hapus
  11. wkwwkw, ngalah sama anak mas :p

    itu bener ya dibantu ngerapiin, biasanya kan kalo anak2 malah suka kalo makin diacak2in, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bantuin ngacak acak maksutnya... :D

      Hapus
  12. iku lagi 2 tahun, isih isa diatur. nek wis mlebu TK...pecas ndahe tenan...

    BalasHapus
  13. jadi inget pas kecil dulu sering di bersihin telinga n udelnya, wakakaka.

    eh mas, tak liat liat sampeyan mirip pasha ungu toh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mihihi~ ada yang bilang gitu juga...
      Tenan mirip tho om :P

      Hapus
    2. Yang bener ? Dari mana dilihatnya ? He...x9

      Hapus
  14. anak-anak memang peniru yg hebat ...
    kalau mau ikutan manyun, Ncit n Ncip ditidurin dulu ha.ha.ha.

    BalasHapus
  15. kuwi fotone settinge nang ndhuwure gentenge uwong to Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang rumahnya atas bawah om...

      Hapus
  16. Hahaha .. asyiknya baca tulisan mas Rawins, biasanya di akhirnya ketawa.
    Untung gak dilempar ember sama ibue :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah dilempar ember...
      paling banter panci...

      Hapus
  17. cute deh mas eko main sama anak2nya hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru nyadar kalo aku cute ya..?
      hihi

      Hapus
  18. Makanya Mas, manyun nya entar aja kalo suasana udah hening, pasti deh gak bakalan dilempar bantal, yang ada bakal dilempar kata "Ya ya yaaaa..." sama Ibue... :D

    #Kabuuuuur

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dilempar kata wani piro,gimana..?

      Hapus
    2. Bales aja..."Mau ngasih bonus apa?"

      Hapus
    3. makane lebih asik kalo pulang pas tanggal muda

      Hapus
  19. Anak sekarang nek dikandani nganggo cangkem ra iso yo om... kwkwkwk...
    Paling enak tu dibersihin kupingnya, tapi og ibuku tak minta bersihin kupingku og emoh ya T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. weee...jangankan ibukmu, lha kowe dewe mbersihin kupingmu yo wegah ngunu lho

      Hapus
    2. telat.dah kaplak gitu bersihinnya pake garpu mau...?

      Hapus
  20. Weleh, gitu ya. Kudu siap-siap nih. Kalo nyuruh anak mau dimandiin berarti kita kasih contoh duluan juga ya mas Raw? uhhuuy *dilempar gayung*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mandi sih mereka rajin banget. malah bapaknya yang harus dicontohin...

      Hapus
  21. ya ampun kirain sengaja...rumputnya gak kliatan:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kepoto aspalnya ceu...
      rmputnya di selokan pinggir jalan

      Hapus
  22. usul, bagaimana kalau buat kamus khusus, soale ada kosa-kata yang belum ngeh, misalnya kayak nenen... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi mending gausah
      tar kurang nendang

      Hapus
  23. memang benar mas, anak belajar dari pengalaman, bukan dari ceramah :)

    sebagai contoh ada seorang anak sd membuang sampah di sembarang tempat, kemudian sebagai orang tua kita mengingatkan, anak itu menjawab anak anak dan orang lain juga membuang sampah di sembarang tempat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tantangan ngurus anak sekarang, om
      dah ga bisa modal lamne kaya jaman kita kecil dulu

      Hapus
  24. wuiiih... nyambi..ki critane...wkk.wkk.. pas..mantap... jal om..takon nang ganol..ganol..pasti..enek..no..tilpunku..wkk.wkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. weeee jurusan ak47 ki mesti...

      Hapus
  25. hihihihi, aku blm pnh anak, nikah aja blm :D
    aku ngajarin adekku buat sikat gigi sblm bobo aja susah'a mnta ampun
    tp untung setelah dibikin nangis dy mau sikat gigi tiap sblm bobo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. soale mbaknya ga pernah sikat gigi kali
      hehe

      Hapus
  26. Balasan
    1. pengenya baik
      kenyataannya mbuh, hehe

      Hapus
  27. keluarga punya anak, anak selalu jadi prioritas, bapaknya mau nenen cuma punya hak esklusif 9 bulan pertama sebelum kelahiran :D

    BalasHapus
  28. hahaha, masa udh gede mau ikutan nenen sih..
    :D

    BalasHapus
  29. ngajari anak pasti sulit, memang harusnya dekat secara emosi biar enak cari solusinya kalo ada masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan anak emosi pasti deket banget
      malah kadang operdosis kalo mereka lagi pada ngamuk, hehe

      Hapus
  30. Ayah yg baik, kasih conoth dengan aksi tanpa banyak bicara. Talk less do more..

    Tapi yg kuirkulum minum susu itu....hahahhahaa..no comment deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah...
      padahal maunya dikomenin dari perwakilan darmawanita je..

      Hapus
  31. Semoga bapak nya ga nyontoin yg buruk2

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, aku kan baik hati dan tidak sombong non...

      Hapus
  32. Seperti pedoman saya waktu sudah mulai bisa berpikir. Karena segala sesuatu bila hanya di keluarkan dengan kata-kata tanpa bisa dibuktikan dalam setiap prilaku, itu tidak akan mengena dan patut di contoh Kang. jadi yag salah bukan blue printnya.

    Hanya kita pada waktu itu sering melihat orang tua kita melakukan segala sesuatunya dengan apa ag telah mereka lakukan kesehariannya. Dan sekarang kebanyakkan hanya sekedar bisa berbicara tanapa bisa menajdi suri tauladan bagi naka-anak mereka.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak...
      cuma bisa jawab setuju sekali dengan pernyataan tersebut...

      Hapus
  33. Eh Mas, barusan aku baca artikelmu tentang riwayat nama Rawins. Dan disana aku baca ada nama Marsidi. Kemarin waktu ngurusin SIM ku di polres Ciamis (Berhubung aku pindah ke Ciamis), dan ternyata KISJ ku bertandatangan Beliau (Marsidi, S.H. / KAUR IDENT POLRES CIAMIS) mungkin itu kawan satu gank mu dulu yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener bos...
      dia di bagian ident. soalnya sejak sekolah sudah gemar foto foto...

      Hapus
    2. Wah, nanti kalo aku ngurusin SIM lagi, terus ketemu sama beliau, terus aku bilang "Rawins", aku bakal disampluk gak ya?!

      Hapus
    3. gapapa. bilang saja rawin dia udah ngeh kok...

      Hapus
  34. mugo2 Ncip gak sableng koyo Bapake..

    btw, kui agi umur semono Kang, nek wis ABG ..beuuuhhh pecas ndahe pol !

    BalasHapus
    Balasan
    1. tar tak ganti batu wae kepalane ben ga pecah
      hehe

      Hapus
  35. Bwahaha.. khas ceritanya mas rawin. Endingnya itu lho. Harusnya labelnya dewasa kali ah :D

    BalasHapus
  36. Hihihi...mas postingnya selalu endingnya lucu!

    Anak2 emang mudah niru klo ngeliat...jadi jangan harap ngelarang ini itu tapi emak bapaknya ngerjain juga ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah...
      termasuk nenen juga harus dikasih contoh....

      Hapus
  37. rumahnya di tempat tinggi ya mas?
    kok itu deket jalan udah keliatan genteng tonggo mu
    klo banjir kek mana tu
    eh mungkin banjir gak sih di situ?:D

    soal ngajarin anak nyimak dulu
    nunggu Tuhan kasih anak baru praktekin LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kontur perumahannya naik turun kok
      jogja mah bebas banjir kok

      Hapus
  38. Hahaha..ikutan manyun dilempari bantal. Nasib jelek ya Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasib sudah menjadi bubur namanya bu...

      Hapus
  39. jangankan anak kecil yak, aku aja males sekarang kalau disuruh suruh. Ya kalau emang perlu bakal aku kerjain kok tanpa harus di omelin dulu (ini curhat orang 'dewasa' yang masih dalam status anak rumah, hihihihi )

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti judulnya anak mama sudah dewasa ya..?

      Hapus
    2. hahaha ada curhat colongan dimarih hihihi

      Hapus
    3. hihihi iseng aja ngomentarin orang
      ga nyadar dirinya suka curcol juga

      Hapus
  40. oke juga cara mendidik anak seperti itu.. buat pelajaran juga :)

    BalasHapus
  41. Anak2 emang sebaiknya diajarin dgn contoh ya kynya lebih mempan drpd kata2 doang, jd kalo mau jd orgtua yg baik kudu ngasih contoh yg baik dulu dong *lirik diri sendiri* :D
    Ejadi mas rawins itu sering ke kalimantan ya?? *komen abis buka2 arsip blog*
    Salam buat ncip dan ncit ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang tugasnya disana kok
      sudahnasib jadi orang hutan...

      Hapus
  42. iut nyimak saja petuah orang dewasa
    moga bisa ikut praktek kapan2, kalo udah ada object realnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. topo sik neng kiskendo om...
      haha

      Hapus
  43. panteslah dilempar bantal..abis ikutan manyun sich..coba ikutan demo pastilah tak ada bantal yang dilempar :)

    BalasHapus
  44. pada kalimat yang terakhir....Eh, begitu aku ikutan manyun. Kenapa malah dilempar bantal...???
    aq ngakak mas...lah kok jadi ngeres gitu aq nya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeres yah...?
      tak sapuin deh...

      Hapus
  45. memangnya mau dikasih apa mas kalu lg manyun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kan perlu perbaikan nutrisi juga bu... :D

      Hapus
  46. wajar lik isih bocah, nek wis tuwa lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru sing tua sing malah nggegirisi, lik..

      Hapus
  47. Saya setuju dengan mas. Saya punya anak 2 sepasang cewek dan cowok. Dan keduanya adalah seperti foto kopi ayahnya. Ada apa apa pengennye memang segera dikabulkan, dan selalu ikut gerakan ayahnya. Diam diam mereka menirukan kita. Hmmmmmmmmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. seringnya malah terus terang, pak
      ga diam diam lagi

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena