16 Oktober 2012

Klaim Mumet


#Bimbingan Orang Tua

Pagi-pagi sudah terima komplen di jurnal lama. "kalo copas tulisan orang kasih sumber dong dasar plagiat!!!!!!"



Egepe...
Aku ga pernah mau mikirin hal-hal semacam itu. Lagian masuknya di jurnal berlabel "mbuh" yang isinya barang ga jelas semua. 
Eh, emang jurnalku ada yang jelas ya..?

Tapi minimal aku tak merasa perlu untuk memperpanjang masalah. Kecuali dikatakan plagiat di label "catatan" yang isinya tentang si Ncit, pasti aku komplen balik. Emangnya waktu mau bikin si Ncit aku ngintip dia bergaya dulu..?

Jangankan dalam urusan sepele seperti itu. Yang berkaitan dengan duit dan pekerjaan saja aku suka cuek ketika terjadi klaim mengklaim. Sudah umum banget dalam keseharian dimana kita jungkir jempalik mikirin inovasi dan yang dapat promosi malah atasan.

Atau seperti waktu aku mengajukan proposal proyek e-gov ke pemkab di Kalimantan. Beberapa kali ketemu bupati untuk presentasi macem-macem sampai ke urusan teknis, lalu senyap tidak ada kabar beritanyanya lagi. Aku pikir dipending karena telat mengajukan sehingga RAPBD keburu diketok palu oleh DPRD. Begitu bulan April, tahu-tahu di tiap kecamatan ada pembangunan infrastruktur jaringan internet oleh kontraktor yang katanya lewat penunjukan.

Rasanya buang-buang energi saja kalo aku mencari-cari informasi apakah desain proyek itu berdasarkan proposalku. Atau nyamperin bupati hanya untuk bilang "ndiasmu" gitu..?

Santai sajalah...
Rejeki itu sudah ada yang atur dan ga mungkin salah orang. Sampai kapanpun manusia akan terus saling klaim atas sesuatu yang sebenarnya sangat mungkin jadi milik bersama. Seperti kasus klaim budaya dengan Malaysia, aku rasa tak perlu dibesar-besarkan. 

Namanya budaya itu kan hasil budi daya manusia. Mau asal atau awal mulanya darimana, bila memang sudah dibudidayakan oleh suatu kaum, otomatis sudah jadi budaya golongan tersebut. Orang Jawa saja sekarang sudah jarang yang mau membudidayakan filosofi Kejawen. Malah mengklaim Islam, Kristen, Buddha dan sebagainya yang sejatinya budaya orang jauh sebagai falsafah hidupnya.

Bila kita memang konsisten mengaku sebagai bangsa anti klaim, harusnya kita malu dong sering mengekor ke budaya bangsa lain. Pelajaran bahasa Inggris saja nilainya jeblok, tapi nyanyinya lagu barat mulu yang orang lain ga tau artinya dan dia sendiri juga bingung. Kalo mau, gangnam style tuh dikomplen. Orang ide aslinya nyomot dari kuda lumping, budaya asli Indonesia Raya.

Sudahlah mumet...
Belajar dewasa sajalah untuk membedakan antara pencontekan mentah-mentah dengan kemiripan ide. Toh semua karya manusia pada dasarnya pengembangan dari sesuatu yang sudah ada. Apa sih yang benar-benar original di jaman ini..?

Ga enak rasanya kalo aku harus siap-siap menghadapi tuntutan semacam itu 
Habisnya si Ncip suka joget naik turun pake gaya scot jump
Kalo sampe dikomplen kan tapedeh judulnya...

Ncip Style...





78 comments:

  1. sabar mas..jgn marah2, ntar ayamku mati..

    #itik ber kwek kwek kafilah berlalu :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam mati kan kalo makan gak dihabisin...

      Hapus
  2. saya malah pernah membaca sebuah blog yang bagian depannya tertulis, Kaskuser di larang masuk. EMbuh wis ngomongin kaskuser, saya dulunya juga kaskuser sebelum ngemulkiply.

    Mendapat komentar aneh itu sudah resiko dari tulisan yang kita buat. Saya juga sudah pernah ngerasakan kok Kang. Daripada bikin mumet, mending ke rumah Pak Bupati saja ayo tak barengi, nanyakan dapat darimana ide proyek yang dikerjakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kenyataannya memang kebalik pak
      orang sering ngambil artikel di blog untuk dibikin trit disana. padahal kalo sudah masuk kesana pasti akan beredar kemana mana dalam bentuk repost. kadang orang asal liat postingan sama langsung teriak copas tanpa mau melihat tanggal postingnya

      Hapus
  3. memang ada gitu tulisannyamu yang Copas? wong selama ini rasanya tulisanmu asli semua kok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe siapa tau ada yang gaya nulisnya kayak gini...

      Hapus
  4. bingung...ada gt potokopian cap ncit?:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada yang mirip liatin siapa yang lahir lebih dulu berarti abis diintip, hehe

      Hapus
    2. *tutup korden..dilarang ngintip!

      Hapus
    3. klo ditutup malah jadi ngintip
      makanya dbuka saja biar gak ngintip
      *ngalongok..

      Hapus
  5. Wkwkwk tak perlu dibesar-besarkan tapi ditulis :P
    Mbok aku diajari kejawen gitu gitu om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang tidak aku gedein un
      tulisane tetep pake ukuran font standar...

      Hapus
  6. posenya Ncip sexy dah :P
    rugi mikir yg mumet mumet, ngakak wae kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yolah ngapain dipikirin
      jadiin bahan posting wae sambil diketawain

      Hapus
  7. hihihi itu si Ncip napa pampers kaga dibuka doloooo
    gimana klo ada yg kuning2 di dalamnya
    kan jadi becek tuh hahahaha

    wesss ... antepin ae lah, kasi tembok aja mukanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. moso ditelanjangin tar gondal gandul dong...

      *payah anak kecil itune gede soale

      Hapus
  8. halahh, nyantai bae Kang. bikin pusing tok kalo dipikirin.

    eh, tapi sampeyan memang plagiat koq. plagiat orang paling saru di sunia.
    mlayuuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. penggiat kali, om
      bukane plagiat

      Hapus
  9. Wkwkwkwkk...posemu ncip :D gk kuku deh aw
    Ketawa aja deh biar sehat drpd mikirin klaim mengklaim ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha nek si ncip diklaim orang yo harus ngamuk, bu
      hehe

      Hapus
    2. Ya iyo lah...kan bikin dr pabriknya limited edition yak hahaha :D

      Hapus
    3. rahasia perusahaan itu bu
      hehe

      Hapus
  10. Gak kebayang apa yang sampe sampean copas (kalo ada). Lhawong tulisan asline wae sudah semenarik ini Mas. Lagian beeer bbnget kalo rejeki sudah ada yang ngatur.

    Ncip lucu Mas. Guwemes aku. Hihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang betul kok rejeki dah diatur
      kaya rejekine si ncip dialem orang terus
      rejekiku jadi nyek nyekan orang, haha

      Hapus
  11. . . kayaknya dia iri tuch mz. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa. manusiawi kok, lapananam..?

      Hapus
    2. . . jiachhhh,, apa'an tuch lapananam?!? he..86x . .

      Hapus
  12. gayanya Ncip niru bapak'e hahaha

    gak usah dipikir mas wong ngunu iku, ikutin semboyane gus dur aja mas
    "gitu aja kok repot", haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lebih tepatnya, gitu aja kok repost..?

      Hapus
  13. Aaaargghh..."Ndiasmu" lagi!!! mumet aku!!!

    'Plagiat' sama 'kemiripan ide' ya beda atuh, suruh dia buka KBBI Mas Raw!!! mumet aku!!!

    #dengan 12 tanda seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo jangan
      kebanyakan itu. tar hasilnya jadi 11 12 kan mumet lagi..

      Hapus
    2. haha mumet lagi jadi trending topik

      Hapus
  14. heheeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee #upppst sorry gak tahan baca koment2


    jarno ae mas,
    bupatinya jadi di"ediasmu"kan?

    Mas, ya mbok Ncip pempesnya di buka, udah keberatan tuh loh... hehee


    tu kuser koment di postingan apa Mas? tak goleki gak ketemu. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhaaaah...
      kalo gitu beneran deh besok gausah ngetik jurnal
      langsung do komen komenan wae..

      Hapus
  15. wuahaha.. gokil nih, suka sekali foto anak kecil itu. angle dan komposisinya pas. haha. sabar ya mas rawin, :)

    http://damai.malhikdua.com

    BalasHapus
  16. ditanya aja mas, yg komplain itu tahu benar ttg plagiat atau nggak ya ... idep2 ngetes ha.ha.ha.

    BalasHapus
  17. Cuejin aja deh yg komplen bilang kita copas biar dia lapor ke pak camat. Hehe...

    Perdana disini. Happy blogging.

    BalasHapus
  18. Ncip gayanya kayak bebek di foto terakhir..(^_^)

    BalasHapus
  19. hahaaa..wkwkkw. mulanya serius..ujungnya ngakak lihat si ncip style..
    Lutuunnyaaa..

    BalasHapus
  20. fotonya si ncip kocak....wkwkw

    BalasHapus
  21. Nciiiitt seksih iiiihhh.. ehehehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bulet gitu kok sexy..?
      ncip bu bukan ncit..

      Hapus
  22. Rawins kalo udh ngedumel gini nih, panjang pendek xixixi....tp gayanya ncip yg bikin ngikik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emangudah dari sononya berprinsip ngedumel sebagian dari iman

      Hapus
  23. ncip kasian lho win main air pakai popok .

    BalasHapus
  24. Xixixi... iki intine klaim masalah opo tho mas?
    Njarke wae lak wes :D

    BalasHapus
  25. kalau foto ncip diklaim sudah terlalu :D

    BalasHapus
  26. Wahahahha, Ncippppppppppppppppppppppppppppp

    BalasHapus
  27. Ncip, pampersnya udah penuh tuuuuhh..hahaha.. Bapaknya sibuk misuh-misuh di blog, sampe lupa ganti popok anak..hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bapaknya..?
      ibunya atuh, bu...

      Hapus
  28. Nama ku juga mirip sama nama istri Bung Karno. Bisa aja kan dia plagiat nama? Tapi karena dia lahir bahkan sebelum mamaku lahir, jadi aku nggak komplen sama dia
    *komen memukau*

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi terharu dikomentarin ibu proklamator kw 6
      haha

      Hapus
  29. waduh bingung mas sebenarnya apaan sih yang dikomplain ma tu kaskuser, yang aku tau kalo nyari sesuatu kata kunci di kaskus dalam satu judul bisa ada 10 tulusan bahakan belranjut samapai 3 halaman. kalo ngeblogkan masih ada pertimbangan seo jadi ada usaha buat ngerubah kalimatnya iya gak...

    Setuju sih jaman sekarang emang ada yang original, mmmhhh mungkin....
    tapi diwarung pecel lele sebelah rumah saya ada mas, yang rasa original...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi warung sebelahnya juga rasanya sama
      heheh

      Hapus
  30. saya belum pernah tuh dituduh copas, kalo ngerasa dicopas sering. huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jangan jangan ini biang keroknya
      komplen salah alamat
      haha

      Hapus
  31. ya udah, yang sabar aja mas. Aku sering kok dikomentati yang aneh-aneh di blog. Ya dicuekin aja, dijadiin spam ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku biarin saja
      biarlah jadi catatan sejarah perjuangan bangsa...

      Hapus
  32. Dooh... kok ngomplainnya gak sopan gitu ya... :(
    Dituduh plagiat padahal kita membuat sesuatu yang fresh, menjengkelkan sangad ya, Mas...
    *ngikik lihat pampers-nya Ncip :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya aku kalo bikin jurnal suka gak sopan kali...
      heheh

      Hapus
  33. sabar sob, pokokmen tetap semangat :)

    BalasHapus
  34. Kalo tulisan kita diplagiat, berarti bagus, ya, mas? hehe... Jadi ceritanya, tulisan saya abis di-copas trus saya jadi nyasar kesini en termotivasi oleh quick note-nya "Menulis dan teruslah menulis. Tak peduli mau dibaca atau dijiplak..."

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena