10 Oktober 2012

Keakuan


#Bimbingan Orang Tua

Dimanyunin ibue mulu karena ga mandi-mandi, buruan aku ngacir ke kamar mandi sambil memulai aksi buka-bukaan. Baru saja nyamber handuk di jemuran, si Ncit teriak-teriak pake bahasa planetnya. Ga jelas maksudnya apa. Aku cuma nagkep anyuk ibu anyuk ibu gitu. Daripada mumet dengan translitan ngeresku yang berbunyi disuruh nunyuk ibu, buruan aku samperin penerjemah yang lagi sibuk nyetrika. 

Ternyata Ncit bilang anyuk ibu itu, maksudnya yang aku ambil di jemuran tadi adalah handuk ibunya. Kata ibue lagi, Citra sekarang sudah mulai mengenal barang dan hak milik. Benda yang dia tahu sering dipake siapa akan dikatakan sebagai milik siapa. Kalo ada yang pake punya orang lain, dia bakalan komplen. 

Misalnya soal pakaian. Karena postur Citra dan Cipta hampir sama, dulu celana dan kaos mereka suka gantian semau yang makein. Sekarang kalo dipakein kaos yang dalam benaknya adalah milik Ncip, pasti protes. "Baju dede..."

Aku memang pernah dengar, kalo anak usia 2 tahun itu rasa keakuannya sudah semakin kuat. Dia mulai mengasah ego dan belajar melawan ketika merasa batas-batas yang dia buat dilanggar orang lain. Kalo melihat Ncit dan Ncip makin sering berantem berebut sesuatu, kayaknya pendapat itu banyak benarnya. Karena pemrakarsa tawuran selalu dari kakaknya. Ncip sampai saat ini masih bertahan sebagai obyek pelengkap penderita, biarpun sudah mulai belajar melawan.

Kalo memang alur perkembangan psikis anak memang seperti itu, buat aku sih ga masalah. Yang repot paling-paling ibue yang dari dulu keukeuh mengajari anak-anak agar mau berbagi dan bergantian.

Aku sudah bolak-balik kasih saran, kalo beli apa-apa sekalian dua biar bisa masing-masing satu. Soalnya kalo anak-anak lagi rebutan sesuatu, selain ribut banget rumah juga jadi kaya kapal pecah. Sudah cape mendamaikan mereka agar mau gantian, masih kudu sibuk beres-beres perabotan anak yang berserakan di lantai.

Tapi ibue tetap pada pendirian. Pernah aku bilang jangan terlalu pelit ke anak juga tidak membuatnya goyah. Sampai akhirnya aku tanya, "Kenapa sih musti ngotot harus gantian kalo mereka rebutan sesuatu..?"

"Habisnya mereka suka rebutan ibu..."
"Oooo...."
#Dapat ide

Ada pendapat lain..?

--- Maap masih susah BW



115 comments:

  1. iya, kalau anaknya cuma satu biasanya saya pake buah. kalau makan selalu saya bilang dulu " ini separuh buat ade dan separuh buat ayah" begitu.... nanti lama lama tahu kalau tidak segala sesuatu itu selalu satu utuh punya dia... hehehe

    ceritanya sip sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih begitu. tapi engga tau ini anak-anak memang beda banget sama anak lain. salah cetak kali..

      Hapus
  2. aku paham lho mas karepe sampean, wkwk

    nek misale anak'e 4, berarti butuh ibu berapa yo mas, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kepiye meneh. moso pake ibu rentalan yo ga asik no..

      Hapus
    2. mba ely ki lagi kumat opo tho..?

      Hapus
    3. sing kumat kie sampean to Kang. Sudah pingin banget to jadi Kanjeng Doso hhhh

      Hapus
    4. masa sih..?
      hihihi dadi isin konangan pak kyai...

      Hapus
    5. aku nek mlebu blog iki emang langsung kumat ... ngakak ngakak dewe hahahhahahaha

      Hapus
    6. yowes sesuk bloge tak tutup wae ah
      sebelum wabah menular kemana mana...

      Hapus
    7. yakin ape ditutup blog e ? ora ngandel aku .... mengko kowe rak bakalan ngowoh ae ning alas kang hahhahaha

      Hapus
    8. haha malah ndongake sing ora ora...

      Hapus
    9. hahaaaaaa...
      bener Mbak El,,,
      gak ngutik2 Blog malah mlongah-ngolong koyok......

      Hapus
    10. kan bisa utak atik liane...
      paling paling anake tambah...

      Hapus
  3. nek anake rebutan ibu'e, ibu'e wae sing perlu ditambah.
    nek sing siji lagi nggo rebutan, pak'e iso milih sijine.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti nek anaknya 2, harus nyiapin ibu 3 yo..?

      Hapus
    2. yang pasti harus ganjil.

      Hapus
    3. kalo genap, yang berikutnya adalah setan gitu..?
      haha

      Hapus
  4. Si mbakE bkn pelit mas, mgkin hanya mncoba sdkit brhemat aja, belinya gantian...gitttuuu

    #sok tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi bener juga sih. kalo beli ibu satu lagi pasti boros banget :D

      Hapus
    2. Si mbakE pasti repot ya mas ngurus dua anak yg msh kecil2 sndiri. Mas rawins harus ngasi bonus extra tuh buat si mbak hehee..

      Hapus
    3. ga masalah. supermom yang tak kenal menyerah kok
      bonus extra kan udah jadi jatah wajib tiap cuti :D

      Hapus
    4. kira2 bonusnya apa ya...??? hihihiii

      Hapus
  5. pernah dengar juga sih ttg fase anak yg seperti itu ... mesti telaten dan sabar ya untuk memberi pengertian anak seumuran itu ...
    Ide barunya jgn yg aneh-aneh lho mas ... wkwkwkwk ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa susah, bro..
      dikasih nasehat belum ngerti, dimarahin apa lagi
      tapi polah sudah ndregil..

      Hapus
    2. dregil iku opo yo artine ?

      Hapus
    3. wah susah diungkapkan dengan kata kata kui bu
      pecicilan stadium akut haha

      Hapus
    4. sudah lama nggak dengar istilah ndregil :)

      Hapus
    5. hehe iya juga ya. udah hampir punah ketoknya kata itu

      Hapus
  6. aduh .. ngakak aku moco komentar ning kene :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok ga perlu bikin jurnal ah
      langsung komen komenan wae
      #dapat ide..

      Hapus
    2. yo sekali kali dijajal wae hahhahaa

      Hapus
    3. haha langsung dikomenin edan kabeh

      Hapus
    4. yo ora opo opo kan nganut karo sing nduwe blog hahhaaa

      Hapus
    5. weh, aku wes meh mari kok, bu...

      Hapus
    6. yang tidak ngandel iso kualat lho, bu..

      Hapus
    7. hahhahahahaha ... ampun ngakak aku hahhahahaha

      Hapus
    8. ayo Mas, buat komen2an tok, gak usah ono jurnale, njajal rasane koyok opo...

      Hapus
  7. Balasan
    1. kangen bapaknya wae..

      Hapus
    2. ojo gelem hahhahahaha ... ngakak terus aku saiki

      Hapus
    3. duh iso kacaw ki...
      padahal infone wingi magelang wes penuh je.. :))

      Hapus
    4. rsj magelang kebak. iso mumet nek wong edan tambah okeh
      hehe

      Hapus
    5. ee ngono tah ... ra mudeng aku rsj magelang, wes tau mondok ning kono tah ? hahhahahaa

      Hapus
    6. ojo bercita cita mondok ndik kono deh
      percayalah padaku bu..

      Hapus
    7. Tegal Duwur isih lowong koyone mas, luweh cerak drpd Magelang ha.ha.ha.

      Hapus
    8. haha gak berani menindaklanjuti, ngeri ada yang ngamuk :D

      Hapus
    9. mas Rawins, lek magelang wes penuh, solo sek lumayan ombo...
      pean tak daftar no piye????

      Hapus
    10. wegah. pindah pakem saja lebih deket..

      Hapus
  8. setuju idemu mas, lanjutkan !!! #nek wani

    BalasHapus
  9. Bapae g ada yg perebutin ya? Kecian.. *ngakak*

    BalasHapus
  10. gimana kalo Ncit dan Ncip dapet adek baru yah mas ? pasti bakal tambah rame... #ide

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe pabriknya dah angkat tangan, bro..

      Hapus
  11. hohoho....persis Raihan Pandu, rebutan emaknya
    trus abahnya ngancem deh, kalo rebutan terus, nanti dicariin mama satu lagi
    baru deh diem....

    tapi kalo beli sesuatu, misalnya mainan, saya pasti beli dua
    seorang satu, biar ngga rebutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak mau diem gimana..?

      *emaknya njimprak-jimprak...

      Hapus
  12. Huahahahahaha.
    Ternyata itu toh yang dijagain sama Ibue Ncip dan Ncit. Hihihihi.
    *ga bisa berenti ngikik*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo ga pernah kepikiran sebelumnya om...
      *selalu berbaik sangka soale #lempar panci

      Hapus
  13. Huahahahha... Glunthang... sumpah aku nggak berani ngasih ide untuk pertanyaan terakhirmu itu kang... biarlah dirimu yg menjawabnya *hayah bahasanya

    untung tuh anak berdua nggak rebutan tablet wkwkwk... coba klo yg satu minta ipad terus yg satu nangis minta dibeliin juga, wah tambah kayak kapal pecah mesti rumahku kui kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum nyampe ke tablet om...
      tapi pc game ku dah dikuasai, letope ibue juga, proyektor juga
      isuk sore siang malem buat nyetel wedus..

      Hapus
  14. kayaknya mulai umur2 segitu emang paling crewet kl make barang, kl salah ngambil kudu dibalikin...sama tuh kyk si sulung mas:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirain si ncit doang..?
      apalagi cewek ya, sifat repot kaya emaknya ga mau ketinggalan juga :D

      Hapus
    2. iya itu mah bawaan dari orok :D

      Hapus
    3. berarti kesimpulannya cewe itu rese ya..?
      haha

      Hapus
  15. Hahh, dapet ide???...pasti ibue bilang "Don't you ever think about it!!!" :D

    Ncit sama Ncipp, tetep ramein rumah ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hikikikikkk...
      no komen aaaah...
      *daripada benjol

      Hapus
    2. Yupp...mendingan cari aman aja Mas, soalnya Ibue udah pegang Panci tuh :D

      Hapus
    3. abisnya ibue sukanya nyari si amin...
      hehe

      Hapus
    4. Ooooh ga apa-apa atuh kalo gitumah, asal jangan suka cari Mas Alah aja ya!, itu bisa gawat pastinya :D

      Hapus
    5. dialog kalian selalu membuat saya mengernyitkan dahi lama-lama.
      pasti para pemain teater koma nih..

      Hapus
    6. ga pernah nyari, tapi kenapa ngintil mulu ya..?

      Hapus
    7. maksudnya orang teater yang meh koma yo..?
      hihi

      Hapus
  16. Ncit dan Ncip sedang belajar berbagi ya Mas...Setuju dng ibue, yah mainan gak harus selalu dua. Biar mrk belajar betbagi sejak dr kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu. cuma belum lulus lulus keknya...

      Hapus
  17. Itu shaunnya T.T
    Udah mau Idul Adha~

    BalasHapus
    Balasan
    1. kowe cocok dikorbanke un...
      ginuk ginuk...

      Hapus
    2. Yang dibeleh kan lanang thok...
      Kowe ae om...

      Hapus
    3. mang kowe wedok tenan ta..?

      Hapus
    4. Tenan no, perlu bukti po...?

      Hapus
    5. hihi ora wani ah..
      ngeri

      Hapus
  18. aku ikutan Ely aja ngakak terus...
    walaupun rada2 susah dialog bahasa jowonya he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maap kalo banyak romingnya ya..

      Hapus
  19. hehehehe,,, anak2 memang buat selalu tersenyum,,, hmmmm,,, ga mesti harus di beli dua semua mas,, tanamkan belajar tentang arti berbagi dan kebersamaan,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya sih kasian ibue kerepotan kalo mereka lagi berebut

      Hapus
  20. Ibue udah bener itu mas... *selain lebih hemat*
    Harus diajari berbagi dan gantian. Soalnya nanti pas mereka main dgn teman2 di luar, mainannya dipake gantian juga. Apalagi nanti sekolah ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe itulah bedanya pola pikir laki laki dan perempuan dalam mengatasi satu masalah yang sama

      Hapus
  21. . . haduch,, bapak satu ini pasti ceritanya ttg anak. jd pengen punya anak. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. habisnya kalo cerita soal ente, ane bisa digetok panci sama ibue, sis...

      Hapus
    2. . . he..86x. kalo situ digetok,, aq akan tersenyum dengan bahagia. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . pizZz,, . .

      Hapus
    3. wah itu namanya menari diatas luka dong..

      Hapus
  22. kalau aku tergantung barangnya , kalau memungkinkan beli dua tapi seringnya sih jatuhnya mubazir ah kalau belinya dua lebih baik satu-satu tapi beda barang jadi bisa tuker2an pakainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak kalo punya anak nurut kaya pascal
      ncit dan ncip mah minta ampun bu..

      Hapus
  23. huummm.... karena belum berkeluarga, aku nimbrung di sudut saja, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan ke tengah, biar cepat ikutan...

      Hapus
  24. wew ncip nya lucu bgt yg di foto
    adekku juga gitu klo dibeliin sesuatu pasti dia pikir itu pny dia orang lain gak boleh pegang, wekeke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. adeku apa adekku..?
      jangan jangan dikau sendiri yang gitu, hehe

      Hapus
  25. perasaan aku masih besar aja juga gitu om :D
    kalo punya sesuatu ga mau share sama orang lain :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha tapi nyatanya mau ngeblog. berarti engga pelit pelit amat dong..

      Hapus
    2. ngeblogke waktu sadar Mas hehee. #uppst mandar wonge gak ngamukan...

      Hapus
  26. kalau sudah kenal hak milik, akan mengenal sifat pelit (bakal makin ramai rumah mas rawins)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan cuma pelit. tapi rebutan bro...

      Hapus
  27. Ayuk ibu, Ayuk ibu....
    kiro2 podo gk yo apa yang kita pikirkan ya Mas??

    Mas, lebel "bimbingan Orang tua"ne rodok di gedekne....

    BalasHapus
    Balasan
    1. labele perlu diganti disturbing story po..?

      Hapus
  28. Dasaaarrrr yaa....ide ne onoooo aeee !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe angkat tangan deh kalo ibu ibu dah mulai kompakan

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena