05 September 2012

Salam Terong

#Bimbingan Orang Tua

Carut marut urusan dapur di site seperti yang aku ceritakan di jurnal Juragan Dapur ternyata nyampe ke Jakarta juga. Bisa jadi gara-gara kata kunci terong jadi trending topic pada status pesbuk karyawan site. Rasanya nyebelin banget karena jadi bahan ledekan temen-temen di pusat. Kalo nelpon atau ditelpon orang Jakarta, kata pertama bukan lagi "haloow..." tapi "salam terong..."

Sebelumnya sempat ngetren kata kunci "indosiar" dan FPI alias forum penggemar indosiar gara menu tetapnya ikan. Pagi sore siang malam ikan, ikan dan ikan maning ikan maning. Semenjak ada suksesi penguasa logistik, ikan menghilang dan terong jadi menu wajib. Teman-teman mempropagandakan kalo terong bikin lemes, malah dibalas dengan ceramah terong baik untuk kesuburan sperma.

Aku sendiri tak pernah mempedulikan kandungan gizi terong. Biarpun bergizi kalo tiap hari ga pernah ganti tetap saja bosen. Nanya teman yang tahu gizi sih katanya ga bener kalo terong bikin lemes. Kalo bisa bikin otak lebih damai atau perasaan lebih nyaman memang ada benernya, mengingat terong mengandung asam folat yang berfungsi meningkatkan kadar serotonim.

Namun apapun itu, tetap saja mitos terong bikin lemes tetap melekat di benak teman-teman. Sampai-sampai pagi tadi ada yang nyabutin akar Pasak Bumi di hutan khusus buat aku. Rada terharu sih punya anak buah perhatian walau alasannya rada nyebelin. "Bapak kan bentar lagi cuti. Kalo ga didoping pasak bumi tar nyampe rumah lemes ga bisa kikuk-kikuk loh..."
Hayyah...

Apapun orang bilang tentang efek terong vs pasak bumi itu aku ga mikirin amat. Fakta yang sudah jelas di depan mata, mengkonsumsi terong terus menerus itu bisa menyebabkan darah tinggi. Terbukti kemarin sudah ada karyawan yang marah-marah menggebrak meja makan, "terong lagi terong lagi..!!!"

Nah kan...
Apa aku bilang...



98 comments:

  1. hmmm, apapun ceritanya coba deh divariasi jadi masakan terong bumbu balado. sedap nian tuh... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terong itu enak lho kalo dipotong2 trus direndam garam trus digoreng. Enak juga kalo dibalado (kasian yang gak suka makan pedas). Enak juga kalo disantan. Sedapppp ...
      Eh malah cerita jenis2 masakan terong

      Hapus
    2. hayyah ini ibu ibu malah berterongria. bayangin aja kalo sebulan pagi sore siang malem harus masak terong, enek gak tuh..? apalagi yang makan...

      Hapus
  2. :-) ciamik deh kalo mama masak terong balado kesukaanku.:-) makasih infonya Gan...
    silahkan mampir ke blog saya ya Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh atuh kemari kalo emang suka terong
      ga perlu disuruh suruh kali kalo emang niat ngengokin...

      Hapus
  3. wkwkwkw, jadi terong itu berhubungan langsung dengan emosi bukan darah tinggi.
    Kalo cuti bawa pasak bumi, boleh dong pesen satu kresek besar, biar bisa berperang melawan keterongan diri qqq

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka bawa beberapa potong. laris manis diminta tetangga
      enak sih buat yang punya keluhan sakit pinggang, asal kuat paitnya saja

      Hapus
    2. saya juga mau dong dikirimi pasak bumi. penasaran efeknya akan seperti apa bagi saya. serius lho, saya belum pernah nyoba :)

      Hapus
    3. efeknya ya kaya jamu paitan om
      bikin makan lebih enak dan liat cewek lebih manis

      Hapus
  4. hehe, terong lagi terong lagi, tensinya membahana, haha

    btw kalo saya sih kalo terong sudah dibikin pecak terong (gitu orang banyumas mengistilahkan), serasa sudah di sorga rasanya. makanan pokok di sorga kelak, saya rasa itu salah satunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baru tahu, lik...
      suer baru nyadar kalo ternyata aku hidup di surga...

      Hapus
  5. hahaha, ga kbayang gmn bosenyya tiap hari makan terong. plg jrg sih om njangan terong di rumah, soale nafsu makan malah menurun

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lo...
      master chef kita saja sudah bilang kalo terong itu menurunkan nafsu makan...

      Hapus
  6. hehehe...terong bikin darah tinggi, masuk akal juga tuh, tapi tempe juga bisa sob...tempe lagii...tempe lagi....(banting piring..pranngg)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya aku belum pernah bosen dengan tempe walau tiap hari nemu

      Hapus
    2. sama dong mas, tapi mungkin buat sebagian orang bisa

      Hapus
    3. mungkin tempe dan nasi memang menyebabkan kecanduan makanya ga bisa bosen. hehe

      Hapus
  7. Hoalaaah...lagi kebosenan sm terong toh Pak? hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh...
      gapapalah asal jangan bosen hidup..

      Hapus
  8. berarti saya gak boleh makan terong ya, soalnya bikin tensi naik .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, asal meja kursi piring dll disingkirin dulu jauhjauh...

      Hapus
  9. Saya penggemar terong. Kalo dikasih menu terong terus mah bakal diem aja kayaknya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah sebulan lebih makan terong seperti minum obat 3 kali sehari..?

      Hapus
  10. saya ga bisa bayangin makan terong tiap hari :D

    kalo makan tahu tempe tiap hari sih kayaknya masih enak, tapi kalo terong tiap hari mah ... >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kita senasib seperjuangan bro...

      Hapus
  11. Hahaha iya yah kalo tiap hari bikin darah tinggi. Tapi ada yang nggak bikin darah tinggi kalo dikonsumsi tiap hari: air. *membayangkan ada yang bilang "air lagi .. air lagi" sambil menggebrak meja*

    Oya, di sini juga ada mitos kalo terong itu bikin lemes. Padahal kan tidak. Sampai ada anak buah yang tega eh ikhlas mencabut pasak bumi begitu ya .... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru disini sering darah tinggi karena kekurangan air. kebelet boker, nyampe wc langsung ngebom begitu liat bak airnya kosong...
      tak terbayangkan betapa sakitnya...

      Hapus
    2. entahlah, itu suatu bentuk perhatian dari anak buah atau pelecehan sebenarnya...

      Hapus
  12. wakakaka, terakhirnya bisa aje ..
    saya juga suka makan terong ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku suka, sekarang hoek...

      Hapus
  13. hahaha ... saya penggemar terong, tapi klo tiap hari ya EMOH
    seminggu sekali OK-lah :D
    baru tau saya klo kandungan asam folatnya tinggi lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iyalah, aku juga maunya gitu
      kecuali mui kasih fatwa bahwa nasi haram dan makanan pokok diganti terong. mungkin akan beda ceritanya...

      Hapus
  14. Hahahaha bisa gitu terong bikin darah tinggi sering marah2 kalau menu nya tiap hari terong mulu yaa om :p

    Eeh kalau terong di goreng pake penyetan ajib tapi gag tiap hari juga yee om :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap hari aja gak mau kan..?
      gimana kalo sehari 3 kali..?

      Hapus
  15. sudah lama ndak masak terong

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya deket pertanian, minta nanam terong dong

      Hapus
  16. penegn terong balado deh jd nya :D

    BalasHapus
  17. kirain bener pak terong bisa menyebabkan efek samping..

    itu mah bukan darting. tapi gara-gara bosen pak,,

    BalasHapus
  18. Protes mulu nih! Masih untung dikasih makan. Coba kalo engga?
    Hidup Terong!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup di negara merdeka kok...

      Hapus
  19. lho..terong karo kratingdaeng malah joss banget nggo obat kuat...

    kikuk-kikuk sih apa lik?

    BalasHapus
  20. kalau menunya itu-itu aja emang mbosenin ... coba juragan dapurnya di kasih buku resep mas, biar lebih kreatif ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. percuma orang niatnya udah ga bener. ngirit operdosis

      Hapus
  21. Nah lho, ternyata ada temuan baru kalau terong bisa menyebabkan darah tinggi. Kayaknya bukan karena terongnya, tapi karena monotonnya deh.
    Apapun itu, salam terong, Mas. hahahah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi ga pernah ganti tapi bikin darah tinggi om..

      Hapus
  22. Wahahahha... tempatku juga ada mitos itu sob. Tapi tetep saja aku suka terong dan perasaan gak ngefek deh :D

    BalasHapus
  23. Ya ampuun, saya juga pernah 'bermasalah' dengan terong. Waktu di kost-an dulu, saya dan temen-temen pernah dalam satu kali makan, menunya terong semua, lodeh terung (ungu), balado terong (ungu), lalap mentah terong (bulet ijo), dan goreng terong pake tepung. Pokoknya acara makan waktu itu judulnya "All About Terong". -__-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal selanjutnya all about tempe, lalu all about sapi
      ga masalah om malah asik...

      Hapus
  24. katanay terong bisa untuk diet juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu ya..?
      pantesan aku langsing terus

      Hapus
  25. kakakakaka.
    maksudnya minum pasak bumi, ntar jadi segedhe terong.

    mauuuuuuuuuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi idungnya yang segede terong
      mau..?
      hihi

      Hapus
    2. aq penah minum pasak bumi yang direnfem air.
      nggak ngaruh apa2.
      hehehehe.
      brarti aq blum saatnya :D

      Hapus
    3. orang tuh suka salah mengerti tentang pasak bumi. orang sini tidak menganggap itu sebagai obat kuat, tapi obat sakit pinggang dan obat anti nyamuk. pernah aku tulis kok di jurnal sebelumnya

      Hapus
  26. mas rawins itu udah gede ya, udah berani bicara terong sama pasak bumi segala, hehe ^^

    BalasHapus
  27. terong tidak bikin lemas sob... tapi kebalikannya..... karena itu saya suka terong... enak sih... istri mungkin yang tidak suka kita makan terong sekarnag hehehehe

    BalasHapus
  28. saya juga penggemar terong, dan saya belum merasakan tanda-tanda disfungsi ereksi karena makan terong, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai saja om
      orang kayaknya cuman mitos tuh

      Hapus
  29. Pas menu indosiar kemarin gak ada yg sampai kena "darah tinggi" ya?
    Untung aja bukan aku yg disuguhi menu terong... aku gak suka banget soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarpun bosen mungkin masih berasa kerenan dikit lah ikan
      kalo terong kan beda level bu, hehe

      Hapus
  30. . . wachhhhhhhhhhhhhhh,, berarti kalo ada orang yg marah^ gitu pasti tidak lain n tidak bukan karena terong. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan lagi bahas terong, bukannya sate...

      Hapus
  31. aku ga suka terong...

    di blog ini kata pisang dan terong banyak sekali yah 'eh

    blog rujukan buah-buahan nih :peace:

    BalasHapus
    Balasan
    1. gejala gejala menuju vegetarian mungkin...

      Hapus
  32. Terong ini kata orang bisa disajikan dengan tempe penyet. Ya kah? saya suka tempe penyet tapi jarang pake terong. Hiehiehiehiehiehiehie

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka nemu terong goreng kalo makan di warung lamongan

      Hapus
  33. bosen banget pasti ya makan terong terus ..
    hahaha
    tapi aku ngga pernah tu makan terong ..
    rasanya kek apa ya kira-kira ?

    BalasHapus
  34. kunjungan pertama nih gan ..
    ngomong-ngomong soal terong kenapa xoq blognya penuh sama sayuran begini ?
    pecinta vegetarian yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena lagi bosen bahasa binatang, sob...

      Hapus
  35. terong bikin darrah tinggi ya gan. TERONG LAGI dan LAGI. heheheheh. bisa aja si agan.

    BalasHapus
  36. kaya jingle iklan bohlam

    terus terong philip terong terus

    BalasHapus
  37. Hehe... Terong yang mudaan sih enak. Kalo yang tua suka males makannya karena kebanyakan biji2nya itu.
    Eh, baru denger nih kalo ada mitos terong bikin lemes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga tau darimana asalnya. namanya juga mitos. mana jelas awal mulanya..

      Hapus
  38. terong goreng plus sambal pedas,, enaaaaak tenan :D

    BalasHapus
  39. saya termasuk penyuka sambal terong... :)

    tapi kayaknya kalo terus-terusan itu menunya memang bikin bosan hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ya begitulah ceritanya...

      Hapus
  40. Makan terong itu saya suka banget dari mulai yang besar sampe terong alit, di Sunda disebut Leunca he he:)
    Sipplah :)
    Salam Terong ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang leunca masuk kategori terong juga ya..?
      kalo leunca sih bagus, kata orang jawa meleunceungkan cagak...

      Hapus
  41. Waduuh, lha bapakku itu suka banget nandur terong di pekarangan rumah lho, tapi giliran dibikinin sayur paling hanya mau sekali dua kali duang.

    Deuhh, anak buahnya 'cerdas' ya..nyariin pasak bumi segala.
    Tp kalau terong bikin lemes kayaknya bener tuh...lha kalau tipa hr dikasih menu sayur terong kan lemes karena gak selera makan ya

    BalasHapus
  42. hehe... yang nanam saja males makannya ya..?
    tapi beneran jadi males makan tuh
    andai saja ada warteg deket deket sini

    BalasHapus
  43. aku suka terong lho. dicabein enak banget.
    Tapi walo mitos cuma koq ya kalau abis makan Terong terus gue lemes ya :D hahaha *mitosnya ampuh bener nih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi sekali kali kan..? ga kaya minum obat
      trus lemesnya beneran..?

      Hapus
  44. Baru pisan makan terong...
    Pantesan nggak pernah lemes. *ngookkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ojo ah...
      masa terong makan terong..?

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena