24 September 2012

Pengen Minggir


#Bimbingan Orang Tua

Saat aku mulai berpikir untuk menyingkir dari tengah kota, justru banyak teman yang bilang pengen pindah ke Jogja. Katanya kotanya nyaman dan warganya ramah-ramah. 

Buatku pribadi, suasana kota mulai terasa tak terlalu nyaman. Efek pembauran budaya akibat statusnya sebagai kota tujuan wisata dan pendidikan telah membuat banyak perubahan. Semenjak status kota sejuta sepeda onthel berubah jadi kota sepeda motor, jalanan makin macet dan bising.

Dampak kemajuan teknologi juga mulai merubah sikap anak-anak mudanya. Dulu bila berjalan melewati orang lain apalagi yang lebih tua, mereka akan membungkukan badan sambil bilang, "nderek langkung.." Sekarang kebanyakan pada jalan santai menundukan kepala sambil senam jari mainan gadget.

Memang kondisinya tak separah kota lain seperti Jakarta misalnya. Walau tak seperti dulu, kesantunan warga Jogja terutama di daerah pinggiran masih cukup kental terasa. Budaya ndobos dan ngangkring tanpa memandang siapa lawan bicaranya membuat suasana menjadi akrab. Kayaknya susah dicari di daerah lain. Misalnya saat kita beli nasi kucing. Penjualnya tak cuma ngomongin dagangan saja. Tapi suka nanya kabar segala macam seperti ketemu teman akrab.

Budaya ketimuran yang elok walau kadang bikin enek juga. Seperti waktu pertama kali aku ketemu ibue Citra dan lagi pedekate. Habis jemput di bandara, aku belokin mobil ke SPBU. Seperti biasa sambil isi bensin, petugasnya ngajak ngobrol. Begitu lihat ibue, dia malah ngomong gini. "Wah dapet carteran njemput TKW yo, mas. Mbok aku dikenalin biar ga ngejomblo terus..."
#Batuk stadium 7 sambil ngegedein volume radio...

Beberapa waktu kemudian...
Lagi muterin kota menikmati temaram malam dalam suasana honeymoon, aku dapat keramahan lagi di SPBU berbeda. Tau aku sering antar jemput SPG saat ada even di galeri, dengan damai tukang bensinnya berorasi, "wah ganti lagi ceweknya, mas. Padahal cakepan yang kemarin yang..."
#Keselek akut melihat yang sibuk meremas tisu...

Jogja memang istimewa
Tapi aku tetap pengen ke pinggiran
Biar si Ncit punya peternakan sondesip
Amiiin...







43 comments:

  1. Amiiiiin buat ternak sondeshipnya.

    *untung cuman remes tisu Pak..

    BalasHapus
  2. semoga kesamapaian ya mas buat ternak sondesipnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin bu...
      itung itung menyalurkan minat anak yang suka banget mbek...

      Hapus
  3. aamiin...., kalo udah gede, mbe-nya disate ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo engga ditangisin yang punya, hehe

      Hapus
  4. wah .. kalau aku langsung meledak andai ketemu kayak tukang bensin itu, bisa langsung tak semprot ornagnya biar mingkem hahhahaa

    sondesip ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga lah wong dah apal wataknya orang jogja yang emang gemar gojek kere...

      eh maap, itu maksudnya shaun the seeps...

      Hapus
  5. aku juga rumah nya di pinggir kog, dipinggir kalimalang :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi sayang gak bisa renang ya..?
      haha

      Hapus
  6. Tukang SPBU nya anak mana si???, semprull!!! (Emosi Prematur)

    Terlepas dari tukang bensin itu, Aku Cinta Jogja somach :)







    BalasHapus
    Balasan
    1. jogja memang istimewa kok
      terlalu banyak orang yang berhutang ke kota ini...

      Hapus
  7. sama, saya juga lagi pengin cari tempat sepi di gunung

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi jangan gunung kemukus yak..?
      haha

      Hapus
  8. kasian yah istri'a pasti bete banget :D

    wekeke suka banget sama sondesip, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. si ncit mah lair batin sukanya sama mbek...

      Hapus
  9. Balasan
    1. terlalu jauh dari pusat pendidikan
      kan masa depan anak juga harus dipikirin
      batu malang kayaknya ok tuh...

      Hapus
  10. mas,, pinggiran gunung ciremai aja, adem nih...
    cocok bwt ternak sondesip... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heee iya...
      jadi kangen linggasana linggajati yang adem...

      Hapus
  11. Lucu juga mengubah kata kambing jadi sondesip :)) *ngakak sampai kejang 2 detik *iya, pake dihitungin XD

    Ikut mengamini soal ternak sondesip.
    No comment untuk tingkah laku kawula mudanya *soalnya kadang aku juga begitu *malu

    P.s: Maaf, commentnya banyak tanda bintangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku maapin...
      jangan lagi lagi ya.. hehe

      Hapus
  12. jadi kangen yogya.. semoga bulan december besok bisa pulang ke sana. yogya memang istimewa dengan kesantunannya... makan nasi kucing memang enak... duduk duduk sambil ngobrol dengan orang yang tidak dikenal... itu yogya dulu tidak tahu sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya pengen minggir yang masih kental tingkat kesantunannya...

      Hapus
  13. Balasan
    1. mangkat suwung bali kaboten..?
      cepet sugih lah..

      Hapus
  14. amin semoga wish nya terkabul ya mas rawins

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih amin lagi kalo disokong penuh dengan dana segar, hehe

      Hapus
  15. minggir ke westprogo aja mas, masih sepi ... :D
    semoga peternakannya bisa terwujud ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi nimbang nimbang antara turi atau piyungan, sob...

      Hapus
  16. saya juga tinggal di pinggiran (Bandung coret katanya :), tapi pinggiran yang udah terkontaminasi kota .... soalnya udah jadi daerah tujuan wisata.

    Duh, selalu berencana pengen ke Yogya, tapi belum terwujud juga .. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal nyelonong aja kok. naik kereta murah meriah
      atau pake pesawat sebentar nyampe..

      Hapus
  17. wakakakakaka, untung gak keselek selang pom bensin..
    kok ya bukan ibue citra yang ditanya, 'Mbak, sopirnya baru ya?'

    BalasHapus
  18. Yoyoi Jogja penuuuh, makanya ibuku males ke Jogja, opo meneh pas lebaran...
    Jadi gak ke Jogja deh pas bodo, padahal banyak THR huhuhu :-w

    BalasHapus
  19. bagus tuh idenya minggir
    jarang2 kan :D
    biasanya orang2 malah sibuk beli apartemen hehehe
    jangan lupa klo udah sukses ternak sondeship yaaaa tetangga dibagi2lah, jangan kebauan telek e thok hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga suka yang rame rame
      pusing kalo liat manusia terlalu banyak hilir mudik
      enakan ngadem di kampung yang damai dan ga bikin semprul...

      Hapus
  20. dipinggiran memang adem, apalagi kalau masih ari dan masih belum banyak pembangunan pasti sangat nyaman,,

    photonya seperti pernah lihat di postingan yang sebelum-sebelumnya pak :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena