07 September 2012

Karma Nyolong

#Bimbingan Orang Tua

Gara-gara jurnal Nyolong Ayam kemarin, aku kok jadi inget kalo punya track record teramat panjang dalam urusan colong menyolong. Kisah paling jadul yang masih bisa aku inget, sekitar usia aku masuk SD. Di kampungku pada jaman dahulu kala, anak laki-laki tidurnya di masjid atau mushola. Sudah masuk sekolah masih tidur di rumah, bakal jadi bahan ejekan teman-teman sebaya. Dibilang banci lah atau masih nenen lah dsb dsb...

Awal mula anak-anak diajarkan tidur di masjid, mungkin biar mereka lebih banyak waktu untuk belajar mengaji. Tapi entah gimana jalan ceritanya, saat aku masuk ke fase itu, ngaji cuma antara maghrib sampai isya saja. Selepas isya kadang-kadang saja tadarusan. Selebihnya diisi acara ngisengin teman yang tidur duluan. Atau nongkrong di depan masjid bikin barbeque singkong, dapet nyabut di kebun orang dekat rel. 

Kalo musim buah, acaranya ganti. Mulanya sih hanya mungutin buah yang jatuh. Tapi namanya anak-anak yang jiwanya belum stabil. Yang semula berangkat ke masjid cuma bawa sarung dan kopeah saja, lama-lama bawa ketapel juga.

Lewat musim buah, kolam ikan disatronin. Pokoknya terjadwal selalu bergilir. Sehingga tidak sampai bikin kehebohan di masyarakat karena singkong sekebon habis misalnya. Dalam satu periode, satu kebon paling-paling ilang satu pohon. Beneran niat iseng doang tanpa motivasi ekonomi untuk memperkaya diri seperti anggota hewan yang terhormat.

Istilah tepatnya mungkin kenakalan kolektif yang selektif. Sasarannya cuma milik orang-orang yang pelit. Warga yang baik hati ga bakalan kita sentuh. Kenakalan mereka beda dengan anak sekarang yang tendensinya duit buat mabuk atau beli rokok.

Budaya nyolong kreatif itu lenyap dengan sendirinya seiring punahnya tradisi tidur di masjid. Biar begitu, efeknya kadang masih aku rasakan sampai saat ini. Mungkin ini yang disebut karma masa lalu. 

Dulu aku suka nyolong singkong
Sekarang sering kecurian
Terutama hati...
#Hiks...

image credit to kaskus

80 comments:

  1. Ehm. Kecurian hati, berat bener karmanya Pak.. Tapi malah menikmati keknya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikhlas lilahita'ala kalo yang itu
      sayange wis duwe bojoooo...

      Hapus
    2. Kan baru satu, masih boleh nambah tiga lho, Mas. Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tentunya. Hehe....

      Hapus
    3. hahah enggak ah..
      satu aja ga keurus...

      Hapus
  2. Balasan
    1. hahaha.. Rika kepriwe deneng bisa pada..

      Hapus
    2. pacul gemblung delawan..?

      Hapus
    3. lha ya ora gemblung lah, wong genah priyayi koh..

      Hapus
    4. nggih...
      priyayi gumilir sing madan setengah rolas...

      Hapus
  3. hahaha sama kang...
    kita jg klo mslah nyolong pling nyolong mangga atau jambu tetangga yang pelitnya minta dilembarin sandal... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lo...
      banyak juga ternyata yang masa lalunya kelam, haha

      Hapus
  4. gak pernah nyolong paling nyolong suami orang..
    #what??
    *gamparpakebatangsingkong;p*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadeuuuh...
      mau dong dicolong...

      #siapin tameng ada panci terbang dari jogja...

      Hapus
  5. asli ilustrasinya yang bikin segera buru-buru baca. begitu baca, critane nyolong budin, hahaha.. ya wis, dipenakke le entuk karma. ben dosane suwung Mas. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dosa membawa nikmat kalo yang itu mah...
      kata bang haji, terlalu...

      #terlalu manis untuk dilupakan maksudnya...

      Hapus
  6. emang nduwe ati piro kok iso kemalingan terus ? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhooo katanya manusia itu boleh miskin harta asal kaya hati
      berarti stok melimpah dong..

      Hapus
  7. Jiaaah nyolong kreatif...
    Kok nek atiku aman yo om, ra ono sing nyolong hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah mana mau un..
      kan sesama penyolong ga boleh saling menyolong

      Hapus
  8. saya mau follow blog ini koq nggak tau ya mesti kemana? payah ya, saya. tolong dong tunjukin tombol yang bisa saya klik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayah...
      kan bisa dari dashboard. klik add di readinglist. masukin saja urlnya dan next...

      Hapus
    2. haha.. iya. dasar parah yo memang aku iki jaaan.

      Hapus
    3. gapapa... banyak yang bernasib sama kok..

      Hapus
  9. ada yang telah mencuri hati, tapi sebaiknya jangan lapor polisi #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. abisnya yang nyolong pulisi gimana..?

      Hapus
  10. ee..ternyata hatinya yg kecurian ^_^

    BalasHapus
  11. tibaknya sampean sik menangi jaman tidur di surau to Kang. Sayangnya aku nggak merasa karma nyolong Kang hhh, soalnya saya malah seneng nyuri hati qqqq

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gedenya seneng nyuri hati berarti dulu suka kecurian singkong yo..?

      Hapus
  12. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . nyuri singkong malah kecurian hati. ada^ aja nich. he..86x. jangan^ yg yg nyuri hatinya itu adalah anaknya bapak singkong kale. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan bapaknya kingkong...

      Hapus
    2. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. .

      Hapus
  13. Kalo gua boleh nuntut yg udah nyuri hati gua, panjang daftarnya udah bisa dijadiin karpet...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha berarti gue ada temen neh...

      Hapus
  14. hehehehe pencuri hatimu itu sopo toh... dulu juga suka nyolong.. namanya juga anak kecil masih labil ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bohong lah kalo ada yang bilang ga pernah nyolong waktu kecil
      sekarang juga tetep suka, minimal nyolong waktu kerja buat onlen...

      Hapus
  15. kl sm polwan2 cantik suka kecolong juga gak hatinya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu sih bukan kecolongan lagi, tapi kerampokan hehe

      Hapus
  16. wah kirain pasang foto polwan seksi.
    ternyata nggak ada hubungannya T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ada lah hubungannya
      minimal tentang ngarepdotcom...

      Hapus
  17. wekekek, aku juga kecolongan hati nehh,
    ditadah di pasar mana yah, wekeke :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari di loakan atau pegadaian
      haha

      Hapus
  18. Semua orang kayaknya pernah melakukan apa yg dinamakan nyolong
    Yg beda cuma kadarnya...
    Ada yg rutin, ada yg cuma beberapa kali lalu berhenti...
    Postingan juga banyak yg nyolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyolong itu ga bakalan pernah ilang dari sifat manusia
      walau cuma nyolong waktu atau internet kantor buat ngeblog..

      Hapus
  19. hahahaha
    namanya nyolong ya apapun alasan/motivasinya tetep aja nyolong dan itu gak bagus lah... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi sering kita lakukan ya walau tanpa disadari...

      Hapus
  20. kunjungan balik...dulu waktu kecil pernah sekali nyolong duitnya mami, tapi kapok deh karena disabet rotan sama papi hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai saja bro...
      semua orang pernah nyolong dan kecolongan kok

      Hapus
  21. asiiiiiik, kecolongan hati nih mas. hati-hati lo, ntar yang nyolong masuk ke penjara loooo. penjara cinta... asiiiik :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk penjara yang ga mau dibebasin ya..?

      Hapus
  22. wah karmanya baru sekarang ya. hehehe, tapi nyolongnya boleh juga, selektif, berarti ente munkin orang yang pelit soalnya si yang nyolong juga selektif. hehehehh, pis ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelit di satu sisi ga masalah asal di sisi lain royal
      royal berbagi dosa misalnya... pisss lagi ah

      Hapus
  23. kalo hobiku dulu ambil air nira, tukang deresnya lagi naik pohon kelapa terus hasil deresnya yang dibawah langsung kuambil,,,dan sekarang ternyata temen deketku malah jadi pengusaha gula jawa...haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo itu sih bukan karma buruk dong...
      harusnya dulu belajar nyolong duit
      hehe

      Hapus
  24. ketoke polisine sing nyolong hati... dadi eling lagu "Romo ono maling"

    BalasHapus
  25. pulisine kui lho, marai seneng lewat gronjalan.
    pulisi tidur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. polisi tidur kan kalo cowo
      cewe berarti polwan mlumah...

      Hapus
  26. kalau nyolong sandal siapa tuh pelakunya? XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha itulah kontradiksi kehidupan
      kalo dengar kata sandal ilang, kenapa yang pertama kepikiran adalah masjid..?

      Hapus
  27. kecurian hati mmg perkara yg berat...blm ada undang2 yg mengaturnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juga yah..?
      cuma kata hati dong yang bisa menjawab kebenarannya...

      Hapus
  28. kecurian hati ya mas?? aku punya nih,, ati ampela,, bwt gantinya... qkqkqkqk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa kebanyakan tuh...
      kenapa gak sekalian usus beserta isinya..?

      Hapus
  29. Balasan
    1. nyolongnya sih udah lama insyap bu
      tapi kecolongannya kok terus terusan ya..?

      Hapus
  30. waduh berarti harus hati2 sama om rawins, ntar hari ane juga di curi :p hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai sob..
      aku bukan maling kok. cuma sering kemalingan aja..

      Hapus
  31. ati ati mas rawins, nanti kalo udah punya rumah sendiri, buah sampeyan di depan rumah bakal dicuri sama tetangganya, hehe

    kalo buah mangga, pisang, boleh dicuri, kalo buah **** (17+) itu janganlah dicuri, kasihan yg udah ngrawat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak sekarang mah udah ga ada kali yang mau ngelemparin pohon orang
      yang ada juga malakin orang lewat buat modal mabok..

      Hapus
  32. kecurian hati adalah karma terindah yg membuat kau marah tp juga menikmatinya ... *lah kok malah nyanyi lagunya T*r*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...
      sayange wis duwe bojo...
      ^malah campursarian..

      Hapus
  33. Cerita ini mengingatkan saya pada masa di kampung halaman. Di tempat saya kan banyak kolam tuh .. tiap malam minggu anak-anak muda selalu "perbaikin gizi" dari hasil ikan colongan wkwkwk ...
    Ini karena "proses kreatif" yang kadang para pemilik ikan suka nanam ikanna juga di sawah dan di kasih pengumuman "awas pelak lauk" yang artinya awas bibit ikan he he.
    Trims ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      ternyata banyak temen juga
      pantesan sekarang banyak koruptor orang bibitnya banyak dipelak di masa lalu. haha

      Hapus
  34. eling sing nang ngumah mas.....
    ono sing ngenteni...
    :P

    ojo diilangke ati siji iku....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi dilema yo bro...
      antara pencuri hati dan pemilik dompet, hehe

      Hapus
  35. bang rawins mantabbbzzz bangettt neh, selalu update blognya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga pengangguran gan...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena