02 September 2012

Kamu Bebek


#Semua Umur

Ada temen yang balas komen berbau komplen gara-gara aku sebut bu. "Aku masih abg, belum ibu-ibu..."

Ya mana aku tahu orang belum kenal deket. Lagian di blognya ga pajang foto diri. Lihat foto profil gambarnya kartun. Aku berani nebak itu cewek karena jurnalnya tentang jalan-jalan dan belanja. Jarang kan, cowok cerita soal belanjaan.

Soal panggilan ke temen, aku memang suka sembarangan tergantung apa yang melintas di benak. Namun dari sekian banyak sebutan, aku ga suka banget pakai kata kamu. Kesannya anjrit anjrit gimana. Daripada bilang kamu, aku lebih seneng sebut namanya langsung. Pake istilah anda juga ga pernah. Ga asik terlalu formal. 

Balik ke soal panggilan bu...
Dengan teman-teman yang sudah akrab, entah gimana awalnya aku sering nyebut sebagai ibue anu. Mungin kebawa kebiasaanku yang lebih suka istilah ibue Citra ketimbang istri

Lingkungan juga mendukung kebiasaan tersebut. Di Kotagede aku termasuk warga anyar yang baru dua tahun tinggal disana. Tetangga satu komplek ternyata banyak tidak tahu namaku. Ketauan pas ada temen yang nanya rumahku ke tetangga. Yang ditanya malah bingung dan bilang ga kenal. Begitu bilang "yang anaknya bernama Citra" langsung semuanya paduan suara, "ooo itu yang dekat belokan..."

Di kompleks aku lebih dikenal sebagai bapakne Citra, mungkin karma dari dosaku dimasa lalu. Soalnya jaman sekolah, aku suka manggil temen dengan nama bapaknya.

Menyebut teman akrab berkelamin beda dengan membawa nama anak kayaknya lebih nyaman buatku. Terasa akrab dan relatif bebas dari konotasi miring. Aku kalo komen suka sembarangan soalnya. Dengan yang bersangkutan ga ada apa-apa, orang lain yang melihat malah mikir yang enggak enggak. Coba bandingkan rasa dalam hati saat baca komen, "waaa ibue nana, apa kabar..?" dengan "waaa ria, apa kabar..?"

Contoh lain pernah ada temen yang nanya ada apa antara aku dengan si Cemutz
Ternyata dia sering merhatiin kalo aku suka manggil Cemutz,  "beb..." 
Padahal suer, aku sebut beb karena memang aku suka manggil dia bebek
Salah sendiri bikin blog dikasih judul Kandang Bebek...

Apalah artinya sebuah nama
Gitu aja kok respost...

image credit to kaskus



43 comments:

  1. kalah terkenal bapak nya citra dari pada anaknya... ngga gaul kali mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya di lingkungan bapak suka manggil anaknya pake nama
      jadi orang cepet tau nama anaknya
      kebalikannya kan engga...

      Hapus
  2. Saya malah dipanggil Mas atau Abang di blog -__-

    Kalo cuman dipanggil Ibu mah biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha makane yu...
      pasang identitas yang jelas
      nama alamat jenis kelamin no ktp..

      Hapus
  3. aku pernah dipanggil bang di blog hehehe. aku juga aneh dulu waktu awal kerja dipanggil bu tapi jadi mikir aku kan cewe jadi gak salah juga ada yang panggil bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal kerja aku malah dipanggil mas mulu
      baru kemarin kemarin saja mulai dipanggil pak

      Hapus
  4. kalau sekarang..nama semakin tidak berarti ya...sampai muncul nama yang aneh bin ajaib..beda dengan saman dulu..nama seseorang benar-benar sangat dihormati, baik oleh pemilik nama itu sendiri..maupun oleh orang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sekali dengan Om hariyanto

      Hapus
    2. jaman sudah berubah kali, pak
      sekarang nama nama ajaib makin banyak. sampai susah bacanya juga..

      Hapus
  5. hadir disini,, maaf lama banget baru bisa mampir nih soalnya habis ospek di kampus

    BalasHapus
  6. Hihihi, aku sama orang yang lebih tua suka pake 'kamu'...
    Tapi kadang mbasakke namanya sih...
    Ama bapak juga pake 'kamu'... aku dulu gak tau kalo itu gak sopan :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dipahami una kan penggemar bule
      dimana semua sebutan orang kedua cukup pakai you...

      Hapus
    2. Makasih om sudah memahamiku...

      Hapus
    3. buat una apa sih yang enggak..?

      Hapus
  7. Iya mengherankan ya, orang yg identitasnya gak begitu jelas sewot dipanggil ibu..Saya sering di panggil Mas Di blog..Buat aku sih gak apa, lah wong pasang identitas juga gak jelas, foto anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah kapok pasang foto anak, suka dianggap ibu-ibu
      emang foto anak itu identik dengan ibu-ibu ya..?

      Hapus
  8. oooo beb itu bebek wow sesuatu deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang dikiranya apa, mix..?
      hehe

      Hapus
  9. Balasan
    1. tar diganti deh jadi bek..
      kiper, gelandang...

      Hapus
  10. kalau gitu panggil saya adik saja om, saya kan belum berkeluarga hheheh.

    BalasHapus
  11. hahaha, ooh mbak Ay itu pernah punya blog yg judulnya "kandang bebek" yaaa? saya kira dipanggil bebek krn blognya suka melow2 #lirikkanankiri

    KAMU KAMU KAMU! Wakakaka... anjrit2 gimana gitu ya (_._)"

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai saja bu
      ga bakalan sempet ngeblog dia. lagi keluyuran di jogja...

      Hapus
    2. owww, pantesan dicolek2 di Gtalk gak nyaut2.

      Hapus
    3. nyoleknya harus pake martil, haha
      masih ngasuh si ncip kali...

      Hapus
    4. aku dah balikk...huhh..
      ternyata lagi ngomongin aku ya?..ck ck ck..
      bayar woii...! :D

      masih sibuk ama rumah nih..
      ancur lebur ditinggal 2 minggu lebih..
      sik ah...lanjot ngoshin..
      kwekkk...kweeekk..

      Hapus
  12. jadi inget, Jaman SMP, saya paling gak suka dipanggil Lia oleh teman yang sudah deket banget. karena berasa dia lagi marah sama saya. karena orang terdekat biasa panggil Ia :D

    Padahal apa yang salah ya. orang nama saya lia kok. aneh memang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lia kok marah sih..?
      nyambungnya darimana..?

      Hapus
  13. trus aku kudu manggil kamu siapa kang?

    BalasHapus
  14. wahahaha .... BEB kan beda dengan BEIB yah wkwkwk

    BalasHapus
  15. hahhahahha ... tak kira beb itu bei :P

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. buat ibu ely apapun bolehlah...

      Hapus
  17. . . hadechhhhhhhhh,, di dumay itu emank aneh^. aq aja pernah dipanggil bang. padahal udah jelas^ aq cew. huhh . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa iya sih bang..?
      beneran..?

      Hapus
  18. Aku juga pernah dipanggil mbak di blog, cuek2 aja sih ... :D
    tp emang sering bingung kalau nyebut orang lain secara aku cuma tahu istilah dr Jawa seperti mas & mbak kalau istilah dari daerah lain aku ga ngerti ... mau nyebut nama langsung kok agak-agak gmn gitu, takut kurang pas terutama untuk yg lebih tua ... jadinya sering liat dulu komentar2 sebelumnya hi.hi.hi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake yang umum aja, sob...
      kalo udah jelas cowo bisa bro kalo cewe ya sis

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena