11 September 2012

APD

#Bimbingan Orang Tua

Ada komentar yang menanyakan, "kenapa sih kalo aplut foto pake seragam, dadanya menyala..?"


Seragam dengan scotlight

Memasuki area terbatas semacam di tambang, setiap orang wajib mengikuti ketentuan standar keselamatan. Salah satunya adalah pengenaan Alat Pengaman Diri atau suka disebut APD. Ini berlaku tidak hanya untuk karyawan saja. Visitor pun wajib mengenakan atau tidak diijinkan masuk.

Standar APD paling dasar adalah helm, sepatu safety dan seragam atau rompi dengan reflektor cahaya atau scotlight. Sepatu dan helm fungsinya jelas sebagai pengaman dari benturan atau jatuhan benda keras. Scotlight pada pakaian gunanya agar kita bisa terlihat oleh operator alat berat. Dalam kondisi normal saja, manusia kadang tidak terlihat dari kabin atau spion kendaraan raksasa. Apalagi di malam hari atau saat penuh debu. Persis seperti dasar aturan sepeda motor harus menyalakan lampu di siang hari.


Rompi dengan scotlight

Kalo celana sih tidak ada aturan baku. Umumnya pada pakai jeans yang tidak gampang robek. Susahnya, aku jadi ga punya celana bahan. Padahal di kantor pusat ada ketentuan yang melarang karyawan menggunakan jeans ke kantor. Makanya setiap dipanggil ke Jakarta aku pasti ribut direcokin HRD.
Egepe...

Di area tertentu, ada APD tambahan  yang wajib dikenakan seperti sarung tangan, masker dan kacamata. Ketentuan ini yang rada ribet buatku. Karena kacamata minusku dianggap tidak memenuhi syarat dan wajib pakai sunglasses. Resiko punya mata error ya begini. Kalo ga ditutupin malah ga bisa lihat jelas. Padahal kalo lihat yang bening-bening, biar tanpa kacamata juga ga masalah.

Untung ada temen yang kasih kacamata berlensa dobel merk Oakley walaupun KW 27. Jadinya aku ga kesulitan lagi untuk berpose ala tukang pijit.

Kayaknya itu saja sih yang jadi standar keselamatan umum perorangan di tambang. Alat pengaman lain seperti kondom sementara ini cuma berlaku di rumah saja. Tapi tergantung perusahaannya juga sih. Ada yang bikin standar lebih tinggi, ada juga yang cuek bebek soal ketentuan APD kaya di tambang milik juragan di bawah.


Juragan tambang dengan airbag


Merasa ga perlu APD macem-macem karena udah pake airbag kali ya..?
Berarti bukan APD lagi dong judulnya
Tapi apedeeeh...

48 comments:

  1. foto yang terakhir bikin eneq...

    BalasHapus
  2. dada yang di atas menyala mengingatkan saya pada robocop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emang aku kaya robot ya..?

      Hapus
    2. saya sebenarnya mau nerusin tentang yang foto bawah. cuma, dengan berbagai pertimbangan, nggak jadi, hehe..

      Hapus
    3. kita hidup di negara merdeka kok
      santai saja kecuali emang lagi jaim, hehehe

      Hapus
    4. lagi pencitraan mau nyalon bupati ya..?

      Hapus
  3. Balasan
    1. daripada nongol di kuburan, bu...

      Hapus
  4. Gyahahahahaha. *speechless abis*

    BalasHapus
  5. /Mmm.. salam kenal aja dlu dech :D

    BalasHapus
  6. Mantap blognya.
    berkunjung saja hehehhh

    BalasHapus
  7. Maaf baru mampir. Keselamatan adalah segalanya Sob, APD kudu dipake!
    Jupe pede abis yak :)

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. kenapa mendadak heboh. bro..?
      hehe

      Hapus
  9. ada warna khusus gak mas untuk scotlight :D ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada. kebanyakan sih silver. yang penting memantulkan cahaya

      Hapus
  10. foto terakhir itu pemiliknya tho mas ... ga pakai scotlight ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. merasa udah bening kali..?
      silau, meeeen...

      Hapus
  11. Konon yang warna orange menyala lebih kelihatan lagi karena lebih kontras dengan warna lain di sekitar makanya banyak tanda berwarna itu selain hijau scotlights seperti di atas.
    Ups .. yang bawah juga juragan tambang ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. warna rompi umumnya memang hijau muda dan orange. memang menyolok banget kalo kena lampu.
      yah begitulah. sekarang banyak seleb bermain tambang. sayang kelakuannya ga berubah juga...

      Hapus
  12. membaca dari atas sampai akhir..artiel yang bagus tentang standar keamanan di tambang, namun ternyata ditutup dengan foto jupe..artis yang sering melecehkan umat Islam...sayang sekali sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal pelecehan agama aku gak ikut-ikutan, pak. kalo melecehin kacang bawang sih aku mau...

      Hapus
  13. gak pengen beli airbag sendiri mas? xixiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah..
      emangnya ane mau jadi banci..?

      Hapus
  14. ancen sing poto nduwur...isih kalah blereng...karo poto ngisor..cetho luwih sumunar..sinare... nganti.cilooo..man....wkk.wkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasyah...
      tapi gapapa om. manusiawi kok. berarti ente normal, gan, hehe

      Hapus
  15. Nek jupe gak pake apd ya menyala ya dadanya...

    BalasHapus
  16. Wkwkwkwk... no comment ah...

    (lha iki komen to?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe santai wong di negara bebas kok..

      Hapus
  17. kenapa ga pakai celana training aja, lebih ringan dari celana jeans :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan udah dari sononya celana jeans emang diciptakan untuk orang lapangan. tau kenapa sekarang malah ngetren buat orang kota jalan jalan...

      Hapus
  18. wkwkwkw nape kacamatanya kaga yg dipake jupe aje brow. lumayan tuh dijual mah laku

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah wegah...
      takut ga bisa tidur...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena