13 Agustus 2012

Mengisengin Foto Gagal

#Semua Umur

Selain kesalahan seperti dalam jurnal Foto Gagal kemarin, aku juga sering mengalami kegagalan teknis yang benar-benar teknis. Memang dominan unsur human error yang ga sempat ngecek seting kamera walau alasannya takut kehilangan momen. Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah lupa mengaktifkan lampu flash atau blitz saat motret dalam kondisi gelap.

Dalam situasi tertentu, aku memang suka mematikan flash. Misalnya motret pemandangan sore hari yang remang-remang. Pake lampu flash membuat fokus kamera cenderung dekat dan sasaran yang jauh disana malah jadi gelap. Ingat kebiasaan sering motret gerak cepat secara spontan, sebaiknya seting kamera dikembalikan ke posisi auto sebelum dimatikan. Sayangnya aku mengidap penyakit yang belum juga ketemu obatnya. Penyakit lupa, tidak ingat dan lupa inga... eh yang terakhir enggak ding.

Pernah dapat hasil foto kaya gini..?


Dicoba menambah brightness pake foto editor malah jadi pecah gambarnya. Tapi sebaiknya jangan langsung tekan tombol delete. Kalo memang lagi kurang kerjaan, rusakin saja sekalian. Dengan utak-atik dikit, seringkali kita dapatkan foto yang lebih dramatis ketimbang foto normal yang cerah.

Aku biasanya pake gimp untuk ngoprek. Buat temen-teman yang kurang familiar dengan linux bisa pakai sotosopnya windus. Langkah paling sederhana yang suka aku lakukan adalah sebagai berikut :

  • Buka fotonya di sotosop.
  • Klik Image - Adjustments - Levels atau tekan Ctrl + L. Klik saja Auto lalu Ok.
  • Klik Image - Adjustments - Curves atau tekan Ctrl + M. Pada bagian Preset pilih Lighter lalu Ok.
  • Klik Filter Gallery lalu klik Distort dan pilih Diffuse Glow. Atur-atur nilai Graininess, Glow Amount dan Clear Amount sampai nemu efek yang diinginkan.


Hasilnya menjadi kayak gini


Tapi suer ini cuma utak-atik iseng tanpa ada dasar skil edit foto sama sekali. Jadi maaf kalo dianggap terlalu newbie di mata temen-temen sotosop expret. Yang punya tips-tips lain bagi-bagi dong biar aku bisa belajar lebih banyak.

Intinya sih cuma satu. Jangan putus asa dan main hapus ketika mendapatkan foto gagal. Apalagi kalo momen yang direkam merupakan sesuatu yang jarang atau susah didapatkan. Foto jelek pun bisa jadi keren asal mau usaha sedikit. Minimal keren menurut diri sendiri, biarpun kata orang lain ancur.

Kan katanya kegagalan adalah adalah keberhasilan yang tertunda. Sesuatu yang rusak, bila dirusakin sekalian tak selamanya berdampak negatif. Analoginya mungkin sama dengan cewek yang bermoral rusak. Kalo ditambahin cowok yang rusak juga, tar hasilnya jadi positif. Positif hamil maksudnya...

Dah ah...
Dah mulai ngaco...

23 comments:

  1. kunjungan balik nih pak, salam kenal ya

    BalasHapus
  2. ga bisa sotosop...maunya sotomie ajah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sodomi...
      seleraku..

      hayah hoeeekss...

      Hapus
  3. Balasan
    1. belum juga bisa kaya temen temen bro
      masih terasa kasar mainannya

      Hapus
  4. wah mantaf kalaw sudah pendekar Sotoshop beraksi. Ciat ciat. Saya hanya ikut menyaksikan kecangihannya aja. Trims sudah berbagi info , ilmu dan pengalaman di sini. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi bagi pengalaman juga dong bos..
      biar aku bisa ikut belajar

      Hapus
  5. ncit lagi ngapain tuh.... hadeww....

    BalasHapus
  6. Aku kalo lagi moto trus kliatan jerawatnya, pasti tak hapus langsung. Nggak mungkin aku rusakin lagi wong liat begitu aja perasaanku udah rusak. Mending ngerusakin foto orang deh...

    Eh itu lagi ngapain di semak-semak...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya kalo ada jerawatnya jadi kelihatan manis..?

      abis dikolak sih..hehe pisss

      Hapus
    2. di ilangin aja jerawatnya pake stamp di sotopop kan bisa

      Hapus
  7. jadi pelajaran juga buat aku. jangan hapus foto gagal. hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada salahnya buat eksperimen kan..?

      Hapus
  8. Foto yang lupa pake blitz, dapat disiasati kok dgn sofware. Tapi hasil foto kamu lumayan.

    BalasHapus
  9. hahaha, ngakak baca analogi terakhir. mmm paling enggak jadi ada yang diisengin lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ketauan neh suka iseng ya..?

      Hapus
  10. Kirain fotonya hanya pemandangan doank,, ehh taunya ada anak kecilnya..hehe
    Keren ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga kesalahan teknis
      hehe

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena