18 Mei 2012

Dikerjain Radio

#Semua Umur

Dua hari dikerjain radio. Internet di site setiap lima atau sepuluh menit mati. Penyebabnya radio link ke arah Telkom yang menggunakan perangkat Ubiquity Rocket M5 selalu reset ke seting default. Memang tak sulit mengatasinya. Cukup seting ulang, internet kembali normal. Tapi kalo tiap lima menit mati, tetep aja judulnya tapedeh..

Berbagai cara dicoba dan dianalisa. Mulai dari pengujian listrik, UPS didobel, pasang grounding, ganti konektor sampai ganti radio sudah dicoba tetap saja si Rocket M5 reset by self. Dua hari ulur-ulur kabel dan naik turun tower sampe pegel tidak ada hasilnya juga.

Putus asa dengan hardware, pindah ke software. Firmware radio diupgrade ke versi terakhir. Masih tetap mati-mati juga. Setingan diutak atik secara ngacak, baru ketemu solusinya. Di bagian system ada tombol "Enable Reset Button".  Tanda centangnya dibuang dan sampai saat ini tidak ada masalah lagi.

Tombol Enable Reset Button fungsinya untuk mengaktifkan tombol reset yang ada di perangkat. Bila ada masalah tinggal ditekan saja tombol tersebut, perangkat akan kembali ke setingan pabriknya. Bisa jadi ada sesuatu yang tidak diketahui men-trigger sinyal reset sehingga software menganggap tombol itu ditekan. Entah konslet karena air atau ada interfrensi frekuensi, sampai saat ini belum bisa aku ketahui.

Radio memang sudah tidak bermasalah. Namun bila suatu saat ada masalah yang tidak bisa diatasi secara software, pasti bakalan ribet karena tombol hard reset di perangkat tidak aktif. Tapi sabodo teuing lah, yang penting bisa jalan sementara.

Hal-hal semacam ini lah yang sering bikin mumet karena di penjelasan teknis pabrik atau FAQ website produsen tidak ada. Makanya ini aku tulis, siapa tahu bisa membantu teman bagian networking yang kebingungan saat mengalami kasus serupa. Buat yang ga mudeng, mohon maaf silakan dilewatin saja.

Cape tapi ada hasilnya buatku ga masalah. Cape yang bermasalah itu kalo kasusnya seperti beberapa waktu lalu. Internet mati total secara tiba-tiba. Aku cek semua perangkat keras dan setingannya sudah bener semua. Inget jaringan internetku pernah digangguin sama penunggu pohon palem, aku sempatin ngomong sama pohon sampai dibilang salah obat sama temen-teman.

Pegel diteriakin sana sini internet mati sampai 2 hari, aku kumpulin segenap rasa "ambek" dan nyamperin ke kantor Telkom. Plong rasanya bisa muntahin segala sesek hati di Telkom sampai akhirnya kembali nyesek ketika mbak CS nya bilang gini, "maaf bapak, internetnya memang diblokir karena tagihan belum dibayar..."

Semprulll..






26 comments:

  1. yoi aku masih ingat kisah yg dulu, internet diblokir krn blm bayar :D

    BalasHapus
  2. maaf mas agak sedikit gk ngudeng saya,, tp mungkin kelak bermanfaat tuk yg lain2 info ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sengaja aku catat kali aja ada yg nyari-nyari...

      Hapus
  3. pancen teknisi handal tenan..ki...


    nah no.. keconangang..durung mbayar..kui...he.he..

    BalasHapus
  4. betull tuch...tiap menit.. mati..haduuh..tape deh.....

    BalasHapus
  5. Hah.... internet koq begitu ribetnya ya, pantessan banyak orang kecanduan racun internet apabila sudah sukses mengotak-atik jaringan nya. Aku juga di pedalaman pak, tapi internetnya gak seberapa ribet dan tapedech seperti itu. Tinggal tancap langsung ngacir wuzzzz... :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah maklum di tengah hutan neh, pak...
      salam kembali...

      Hapus
  6. akhirnya dapet juga masalahnya :D
    semoga gak ada gangguan lagi pa rawins :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah pak
      abis kirim fatihah ke mc gyver...

      Hapus
  7. hahaaa..
    kasian deh..
    ternyata blm dibayar..
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyah sialan banget memang...

      Hapus
  8. hahaha... wong ora mbayar kok arep internetan...* WANI PIRO..*

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha lumayan buat hiburan di hutan...

      Hapus
  9. mantaf kang, saya juga ngalamin nih si rocket m5. abis baca tulisan ini langsung tak kerjain, langsung ok. thanks

    BalasHapus
  10. Rocket M5 bisa conslit gak gara2 kabel pigtailnya gak di kasih lakban ??

    mohon dijawab ya gan gan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bisa pak
      namanya air masuk lama-lama korosif ya konslet

      Hapus
  11. mas numpang tanya
    kalau airmax capacity dan air max quality naik turun alias ga sabil
    tx/rx pun ikut turun tapi signal strength bagus....
    kira-kira apa masalahnya ya mas...
    pusing dah 4 hari gini terus ga tau jawabnya
    semua dah dianalisa tapi gada pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sinyalnya manteng, bisa jadi interfrensi sama radio lain. coba discan pak, kali aja ada yang pake chanel sama. ganti saja ke chanel yang kosong atau kalo padet cari yang paling sedikit pakenya dan sinyal lainnya rada lemah.
      coba pake ccq sebagai patokan, pak
      upayakan ccqnya diatas 80%

      Hapus
  12. maaf..pak boss salam kenal saya andi di banjarnegara,numpang nanya semisal radio itu tidak tau IP dan user paswodnya gmn..caranya?
    sedang itu radio bekas client,dan kemungkinan settingnya bukan DHCP,Bukan jga ACCES POINT...mohon solusinya ....makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake hard reset saja, bos
      di radio kan ada tombol kecil mendelep yang suka dikasih tanda reset
      cara resetnya macem macem tergantung merk. ada yang cukup ditekan sesaat. ada yang harus ditahan sampai beberapa detik. ada pula yang harus ditahan dari posisi mati lalu dihidupkan sambil tombolnya terus ditahan selama beberapa detik.

      kalo pake merk ubiquity, setelah reset ip nya kembali ke default 192.168.1.20

      Hapus
  13. nah...itu masalahnya boss...tombol resetnya ga bisa,ini ubiquity kemungkinan di menu eneble reset buttonnya dibuang centangnya...sedang ip,user,paswwod ga tau...dah coba pake discovery tool tetep ga kescan ip nya { andi,}}

    BalasHapus
  14. Mas, maaf numpang tanya, aku juga ngalami pake ubiquity m5, udah diilangi tombol centang reset nya, tapi kok kalo dimatiin tetep kembali ke dafault ny, tolongcmas pencerhan nya..
    Thx..hendra

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena