14 Februari 2012

Penerimaan Karyawan

#Semua Umur

Mengurus lamaran masuk buat HRD mungkin merupakan hal biasa. Namun disini kondisinya beda. Orang-orang lokal seringkali memaksakan diri minta kerjaan tanpa melihat kebutuhan perusahaan dan kemampuan diri. Intimidasi dan ancaman fisik seringkali dilakukan ketika mereka tidak bisa diterima. Baru disini aku lihat orang ngelamar kerja tidak bawa map atau amplop, tapi mandau.
#Kereeen...

Teman di HRD harus selalu putar otak agar bisa menolak mereka yang tak memenuhi syarat tanpa menimbulkan masalah. Tapi cara mereka menghindar kadang menyebalkan juga. Pelamar yang ngotot dilempar ke bagian lain dengan alasan untuk wawancara dengan user. Kepastian diterima apa tidak dikatakan di tangan user dan HRD bisa cuci tangan. Aku sendiri sudah beberapa kali kejatuhan abu hangat yang ga enak itu. Yang ngelamar sih biasanya kalem, tapi yang nganterin yang ngotot. Biasanya anak lulusan SMK IT yang baru lulus dan cuma melamar jadi helper. Beberapa kasus aku masih bisa lolos. Tapi jadi ada dua temen karyawan yang dulunya akrab jadi ga mau ngomong setiap ketemu gara-gara aku dianggap tak mau bantu menerima adiknya jadi karyawan.
#Sedih juga dimusuhin...

Karena cuma melamar posisi helper, dikasih tes berat pasti bakal jadi masalah. Selalu mereka bilang kewajiban perusahaan untuk melatih karyawan berstatus fresh graduate. Apalagi kalo langsung dibilang ga butuh karyawan, wah bisa runyam urusan di belakangnya. Andalanku untuk menolak adalah tower radio. Aku minta pelamar naik tower 40 meter dan bertahan di atas sampai 10 menit. Yang tidak sanggup atau merasa pusing aku katakan gugur. Alasanku ini soal keselamatan yang tidak bisa diakalin dengancara apapun. Aku tak mau ada karyawan yang jatuh karena pusing saat bekerja. Rata-rata mereka mundur teratur di ujian ini tanpa buntut ancaman.
#Alhamdulillah yach...

Satu lagi andalanku adalah psikotes asal-asalan jaman pramukaan dulu. Cuma modal selembar kertas bergambar seperti diatas tapi sampai saat ini belum ada yang mampu menjawab dengan benar. Kalo ada yang belum tahu, boleh deh nyobain. Itung-itung ngetes kemampuan analisa, pantesnya disejajarin dengan anak TK, SD, SMP apa SMA. Ada satu gambar berisi 4 pertanyaan. Jawab berurutan dari yang bertanda TK, SD, SMP dan terakhir SMA. Yang gagal di level SD, berarti harus balik ke TK lagi.
#Berani gak..?

Pertanyaan untuk anak TK :
Kerjakan perhitungan yang tertera...

Pertanyaan anak SD :
Mana telur yang lebih besar..?

Pertanyaan anak SMP :
Berjalan kedepan, angin bertiup ke belakang, rambutnya bergerak ke arah mana..?

Pertanyaan anak SMA :
Mana tanda + yang paling besar..?

Tes dulu deh kemampuan analisanya. 
Jawabannya tar aku tulis di kolom komentar...








32 comments:

  1. Pertanyaan untuk anak TK :
    Kerjakan perhitungan yang tertera...
    1+1 =2
    2+2 =4
    3+3 =6

    Pertanyaan anak SD :
    Mana telur yang lebih besar..?
    Telur puyuh!

    Pertanyaan anak SMP :
    Berjalan kedepan, angin bertiup ke belakang, rambutnya bergerak ke arah mana..?
    gak bergerak.. lah gundul gitu


    Pertanyaan anak SMA :
    Mana tanda + yang paling besar..?
    ituu yang ditengah.. yang bagi empat kotak gambarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahhaahh, ikut jawabannya Gaphe mas. Ih keren loh tesnya...

      Hapus
    2. pengen jawab udah keduluan, yowis saya nyimak aja yak..nunggu kontes slanjutnya :D

      Hapus
  2. aziiik...bisa blajar psikotes di sini.
    jawabanku nyontek gaphe aja ah..., entuk ora yach? hahaha :D

    wah, dah lama ga main ke sini, dah ganti template to mas

    BalasHapus
  3. hahahahaha. cara kakak nolaknya lucuu. disuruh manjat tower :p

    aduuuh pertanyaan psikotestnya. heheheheh.

    BalasHapus
  4. lain kali uji pake ini, Kang

    Suruh menggambar dalam waktu bersamaan. kanan kotak, kiri bulat iso ndak? :D

    BalasHapus
  5. saya tidak lolos nih mas? ngga lolos *cabut kelewang* :)

    BalasHapus
  6. Pertanyaan untuk anak TK :
    Kerjakan perhitungan yang tertera...
    1+1 =2
    2+2 =4
    3+3 =6

    Pertanyaan anak SD :
    Mana telur yang lebih besar..?
    Telur puyuh, sejak kapan ayam jago bertelur

    Pertanyaan anak SMP :
    idem sama bang gaphe


    Pertanyaan anak SMA :
    Mana tanda + yang paling besar..?
    errr yang paling kanan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah, tanda + yang besar ada ditengah ke empat gambar itu.. :D

      Hapus
  7. Belum pernah psikotest. Hehehehe...
    Jadi seperti ini salah satu testnya.

    BalasHapus
  8. aku nyontek punya gaphe ah hahhaa

    BalasHapus
  9. aku nyontek yg bener siapa ya? hehehe

    BalasHapus
  10. jadi penasaran, bookmark sek, kalo tesnya naik tower ampun deh bang,

    BalasHapus
  11. kagak pernah psikotes kerja dr dulu sampai sekarang,soalnya biasa'a yg ditanya portofolio kerja bukan tes diselebar kertas
    karena tes psikotest itu cuma formalistas yg kagak menentukan masuk tidaknya kita kedalam sebuah perusahaan

    BalasHapus
  12. ngomongin kerjaan bikin pusing, mending ngomongin orang hihihi

    BalasHapus
  13. aq idem ma mas gaphe...
    :)

    BalasHapus
  14. hah yang namanya psikotes bikin bingung,,padahal isinya gak susah tapi mikirnya kemana dulu :D

    BalasHapus
  15. Mending disuruh ngerjain psikotes diatas tower sekalian om, Tapi jangan cuma 4 pertanyaan aja, paling tidak 50..
    Suruh daftar Asuransi Jiwa dolo... :)

    BalasHapus
  16. aku koq bingung ya liat pertanyaan psikotesnya jangan2 bener2 terlalu jongkok otakku hehehe :p

    BalasHapus
  17. kalo kuliah mungkin pernyataannya beda lagi tuh sob..

    BalasHapus
  18. pertanyaaaan asiiik
    jawabannya juga asik

    BalasHapus
  19. wwah blog mu sekarang kayak acara tv aja. ada ratingnya juga haha.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah saya gak bisa jawab, jadi gak perlu kerja di kantornya Om Rawins :p

    BalasHapus
  21. Coba jawab deh:
    1+1 = 2
    2+2 = 4
    3+3 = 6

    Yang lebih besar jelas telur puyuh. Lha sejak kapan ada ayam jago bisa bertelor? :P

    Untuk pertanyaan nomor 3 sih agak ragu, cuma coba jawab aja ya :D
    Kayaknya gak bergerak deh, soalnya itu gak ada rambutnya. Botak kan? :P

    Nah, tanda + paling besar jelas yang ada di tengah2, yang untuk membagi antara pertanyaan nomor 1,2,3, dan 4 :P

    BalasHapus
  22. jawaban nya tanda yg di tengah :D

    BalasHapus
  23. Pertanyaan untuk anak TK :
    Kerjakan perhitungan yang tertera...
    1+1 =2
    2+2 =4
    3+3 =6

    Pertanyaan anak SD :
    Mana telur yang lebih besar..?
    Telur puyuh!

    Pertanyaan anak SMP :
    Berjalan kedepan, angin bertiup ke belakang, rambutnya bergerak ke arah mana..?
    gak bergerak.. lah gundul gitu


    Pertanyaan anak SMA :
    Mana tanda + yang paling besar..?
    ituu yang ditengah.. yang bagi empat kotak gambarnya

    BalasHapus
  24. hehehe.. ampir ajah saya salah jawab pertanyaan buat anak SMA. untungnya saya bisa nyontek temen yg lebih dulu hadir.
    postingan menarik sobat, buat ngasah otak, biar ga cepet pikun.
    salam

    BalasHapus
  25. ha ha ha,,
    saya teledor di pertanyaan SMP..

    masa saya jawab rambut ke belakang?
    lah botak gitu?

    ha ha ha ...

    dapat elmu baru nih...
    kudu harus lebih teliti lagi :)

    BalasHapus
  26. Pertanyaan untuk anak TK :
    1+1 =2
    2+2 =4
    3+3 =6

    Pertanyaan anak SD :
    Mana telur yang lebih besar..?
    Telur puyuh, ayam jago' mana ada yg bertelur -__-

    Pertanyaan anak SMP :
    Berjalan kedepan, angin bertiup ke belakang, rambutnya bergerak ke arah mana..?
    kpala nya botak :p

    Pertanyaan anak SMA :
    Mana tanda + yang paling besar..?
    yang di tengah tengah ..:3

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena