22 Desember 2011

Wanita Perkasa

Tak seperti biasanya ruangan logistik mendadak ramai oleh suara perempuan. Pas aku samperin, kulihat ada belasan cewek sedang antri mengambil alat pengaman diri berupa helm, sepatu dan rompi safety. Ternyata mereka calon-calon operator alat berat dan articulated dump truck yang biasa beroperasi di areal pertambangan. Kadang susah dipercaya mereka yang rata-rata bertubuh mungil harus mengoperasikan truk raksasa yang diameter rodanya saja jauh melebihi tinggi tubuh mereka.

Untuk menambah produksi, perusahaan memang sedang mengganti truk tronton yang ada dengan jenis ADT. Sengaja operasinya diserahkan kepada kaum hawa dengan alasan mereka lebih hati-hati dalam bekerja. Sopir cowok memang seringkali sembrono ketika membawa kendaraannya. Dalam hal perawatan peralatan kabin yang serba elektronik, operator laki-laki juga suka sembarangan. Belum lagi tingkat emosinya yang gampang meninggi dan suka kebut-kebutan di medan berat.

Terus terang aku makin salut dengan makhluk yang berjudul perempuan ini. Begitu banyak pekerjaan yang laki-laki banget bisa mereka pegang sementara sebaliknya tidak. Dalam urusan rumah tangga pun sama. Misalnya saat sang suami meninggal, kebanyakan perempuan bisa segera beradaptasi menjadi tulang punggung ekonomi keluarga dengan tetap mampu mengurus rumah dan anak-anak. Dalam kasus sebaliknya, kayaknya lebih jarang laki-laki yang bisa ngurus anak dengan baik sementara dia tetap harus bekerja. Paling gampang dilihat, lebih banyak laki-laki yang segera kawin lagi setelah ditinggal istri daripada sebaliknya.

Tidak bisa digeneralisir memang. Tapi yang aku lihat kebanyakan begitu. Makanya aku suka heran kalo lihat masih saja ada yang demo menuntut kesetaraan gender. Ga ngarti maksudnya kesetaraan tuh apa. Orang kenyataannya di lapangan, perempuan lebih perkasa dibanding laki-laki. Banyak perempuan sukses dengan dirinya sendiri, sementara lebih banyak lagi laki-laki sukses ataupun hancur karena ada peran perempuan di belakangnya.

Mungkin yang mereka maksud kesetaraan itu adalah dengan cara meninggalkan tradisi dapur sumur dan kasur. Tapi bagaimanapun juga itu sudah menjadi kodrat alamiah. Bukan masalah mereka tak boleh meninggalkannya. Melainkan karena laki-laki memang sulit menggantikan posisi perempuan dalam rumah tangga khususnya dalam hal mengurus anak. Buatku kesetaraan bukan semata-mata persamaan profesi, melainkan pembagian tugas yang seimbang dalam satu kesatuan. Kan katanya menyerahkan tugas kepada bukan ahlinya merupakan awal kehancuran. Trus apalagi tujuan laki-laki dan perempuan hidup bersama kalo bukan tentang masa depan anak-anak..?

Kalo cuma urusan posisi mah kayaknya dah ga timpang lagi
Nyatanya banyak laki-laki yang suka gaya woman on top
Kira-kira begitu...

Wanita memang makhluk perkasa
Selamat hari ibu

22 comments:

  1. tidak semua pekerjaan berat bisa dikerjakan dengan baik oleh pria... tapi seandainya semua supir di indonesia ini adalah wanita tentunya tidak ada lagi macet, kecelakaan, atau supir angkutan umum yang ugal2an... :D

    BalasHapus
  2. selamat hari ibu, mas knapa ga filombakan saja foto ini potret wanita dwn aktivitasnya

    BalasHapus
  3. makhluk yg namanya wanita emang kadang bikin kita takjub dan kagum...

    Selamat Hari Ibu...

    BalasHapus
  4. Itu saya rasa sudah lebih dari sekedar emansipasi mas #selamat hari ibu.
    Salam kenal mas..

    BalasHapus
  5. Selamat hari ibu sob semoga dapat mengingatkan kita betapa kerasnya perjuangan dari seorang ibu untuk seorang anakanya :) karena surga berada di bawah telapak kaki ibu :)

    BalasHapus
  6. ibu emang wanita perkasa :')
    mother's day is everyday :D

    BalasHapus
  7. simbok, mama, mami, mimi, mamak, bunda, umi, nyak, entahlah dengan panggilan apalagi anak memanggilmu, namun yang pasti.. engkau sungguh sangat mulia.. SELAMAT HARI IBU

    BalasHapus
  8. perempuan memang perkasa kang, mau bukti? untuk menahlukkannya lelaki mesti mendakinya he he he...

    BalasHapus
  9. wanita yg ingin setara lelaki atau sebaliknya?

    cowok ga dapat cuti hamil lho :plak ga nyambung:

    BalasHapus
  10. oiya dong... aku perkasa banget..heheh..
    Selamat Hari Ibu..

    BalasHapus
  11. setuju bgt om..
    wanita dan laki-laki itu ga bisa dan ga akan pernah bisa di setarain, ..

    tapi kenapa ga ada hari ayah ya om ?
    -_____-

    SELAMAT HARI IBU :)

    BalasHapus
  12. selamat hari ibu :)

    yap setuju mas,wanita juga bisa melakukan pekerjaan laki-laki,tapi terkadang laki-laki suka menyepelekan kerja perempuan,padahalkan kalau gak ada perempuan laki-laki juga gak bakal ada :D,jadi kita harus saling me

    BalasHapus
  13. Tulisanmu tambah suwe tambah abot wins, gak nyampe aku...

    BalasHapus
  14. wuih.. hati2 lah kaum laki2.. nanti semua pekerjaan diambil alih sama wanita, dari mulai supir truk, supir busway, supir taksi wanita semua hihihiii...

    BalasHapus
  15. yaa kadang mereka melakukan itu karena tuntutan pekerjaan, atau tidak ada pilihan, ataau karena mereka melakukannya karna ada alasan dibaliknya.

    tapi jarang wanita yang sukarela tulus ikhlas dan punya passion kalo melakukan pekerjaan berat macam itu.

    BalasHapus
  16. Iya ya, ngerjain apapun pasti yg laki2 lebih sembrono :) klo gitu besok2 aku mau usul deh ke bossku biar karyawannya sebagian diganti cewe aja *Plak

    Yang pasti mereka emank wanita2 perkasa.. Selamat Hari Ibuk :) *bukan untuk yg punya blog

    BalasHapus
  17. Wanita sekarang memang banyak yg mengerjakan banyak hal yg tak terduga ya? Semua itu karena tuntutan yg mengharuskan mereka utk tetap berjuang...

    Apa kabar, Kang? Seneng bisa mampir dan senyum2 lagi disini. :)

    BalasHapus
  18. yg bawa truk trotonnya cewe wow wow itu mah perkasa banget :D hebat wanita mah, aku jadi tersanjung *ehhh

    BalasHapus
  19. woooaaa~ benar benar wanita perkasa.
    pemberani juga..

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawins, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena