07 Oktober 2011

Ngarit

Asal katanya aqiqah. Orang sini nyebutnya kekah. Kalo banci bilang akika dan bahasa gaulnya mungkin eike. Aku sih ga tau asal muasal ritual tersebut. Namanya juga budaya warisan yang katanya sebagai kewajiban orang tua terhadap anak yang baru lahir. Karena cowok, aku siapkan 2 ekor kambing yang akan dipotong saat selametan kasih nama Sabtu besok.

Sudah dua hari kambing itu datang dianterin penjualnya ke rumah. Judulnya sejak kemarin aku kembali ke profesi masa kecil dulu, tukang ngarit alias tukang cari rumput. Rada ribet juga cari rumput di musim kering begini. Sepanjang bantaran sungai sudah tak tampak lagi rumput menghijau. Kalo saja domba atau wedus gembel, rumput kering pun tak masalah. Ini wedus Jawa yang rada rewel dalam hal menu hidangannya. Untung di kebun masih banyak tanaman merambat yang menghijau. Bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Acara cari pakan non rumput itu orang sini menyebutnya ramban.

Kalo sudah urusan kambing dan teman-teman, yang paling ribut adalah Citra. Diajak masuk rumah jadi susah, maunya bermain terus sampai baunya ikut prengus. Dikerubut nyamuk kebun dia tidak peduli. Disuruh makan sama ibue masih suka inget temen, "mbe aem..."

Besok kalo kambingnya dipotong, jangan sedih ya, nak...

Mobile Post via XPeria

17 comments:

  1. Sudah lahir ya mas? Selamat ya. . . Smoga jd anak sholeh

    BalasHapus
  2. Namanya juga anak2, mudah tertarik akan hal baru dan suka mencoba hal baru pula. :)

    BalasHapus
  3. Jangan sampe kucrit ikutan ngunyah rumput tuh..

    BalasHapus
  4. untuk anak lelaki aqiqah nya dua ekor kambing, kalau perempuan satu ekor,...

    kaka citra jgn deket2 ya, nanti di sun kambing loh :D

    BalasHapus
  5. Citra kriwiiiiillll.... gemes ama kamu deh...

    BalasHapus
  6. kalo udah musim lebaran haji ini mah,

    BalasHapus
  7. Citra suka banget sama binatang ya gak heran dia betah berlama-lama

    BalasHapus
  8. Whakakakak...lucunya anaknya, suka main sama embek nya ya. Besok kalau di sembelih pasti nangis tuh anaknya. Beli lagi yang kecil mas buat anaknya biar nggak nangis. Hehehehe...salam kenal. Happy blogging.

    BalasHapus
  9. Marah ndak tuh nanti anaknya kalau tahu embe-nya dipotong untuk aqiqah sob...?

    BalasHapus
  10. Kunjungan silaturahmi sahabat di Celoteh Rawins
    Aqiqah adalah salah satu sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada kita sebagai orang tua terhadap anaknya sahabat

    BalasHapus
  11. Selamat yah atas kelahiran anaknya,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  12. waahh anaknya umur berapa mas udah di akikah? Semoga lancar anak menjadi anak yang sholeh, pintar dan selalu beruntung dalam kehidupan :)

    BalasHapus
  13. Pena hadir dan absen siang sobat...
    kalau cowo memang dua kambingnya sob..cewe mah satu kambing

    BalasHapus
  14. Jadi teringat waktu meng-aqiqah nailah anak kami kawan...

    BalasHapus
  15. Citra bisa menangis tuh kalau tahu kambingnya mau dipotong

    BalasHapus
  16. maaf yah citra, kambingmu akan berpulang saat akikah nanti :D

    BalasHapus
  17. Tabahkan hatimu bila saat itu tiba, Nak. Si embek akan pergi untuk selamanya..hiks...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawins, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena