17 Juli 2011

Bego

Beberapa temen nanya tentang paragrap terakhir jurnal kemarin yang katanya bikin bingung dan ga nyambung. Perasaan kalo urusan ga nyambung dan bikin bingung itu emang kebiasaanku, kenapa dipertanyakan lagi.
Hehehe...

Dalam kehidupan sehari-hari, memang banyak sekali liku-liku hidup yang kadang mengandung kebegoan atau mungkin kepolosan kita dalam suatu kasus. Sudah menjadi kebiasaan bahwa kebloonan itu sering dijadikan bahan tertawaan orang lain. Dari sekedar joke atau dijadikan bahan ejekan.

Karena joke tentang kebegoan begitu tipis batasnya dengan ejekan, aku lebih suka menceritakan kebegoan diri sendiri dibanding orang lain. Kalo butuh korban pelengkap penderita paling sering aku libatkan istri atau anak. Gapapalah aku diidentikan dengan Tukul yang lebih suka mengorbankan diri untuk jadi bahan tertawaan, daripada jadi Komeng yang senengnya mengorbankan orang lain.

Tentang joke ini juga bisa dibedakan antara cerita slapstik yang vulgar untuk pembaca ga mudengan dan cerita tersamar cerdas untuk yang suka mikir dulu. Dengan melihat tipe joke yang kita sukai, paling tidak kita bisa mengukur tingkat kecerdasan kita dalam mencerna sebuah cerita hidup.

Seperti kutipan kebegoan di jurnal kemarin. Walau sederhana, ternyata ada yang susah memahami maksud dari cerita tentang teh manis itu. Kayaknya ga asik kalo harus ditambahin penjelasan kenapa itu dikatakan bloon. Udah jelas minta teh manis, kenapa masih ditanya pake gula apa engga. Atau tentang cita-cita setelah besar nanti, yang malah jawab jadi penyanyi cilik. Ga nyambung kan..?

Membaca cerita di internet yang ditulis oleh beragam orang, kita juga harus memahami latar belakang penulisnya agar tidak sampai salah tangkap. Misalnya cerita tentang tukang bakso.

"Gerobaknya rusak ya bang..?"
"Engga, emang kenapa..?"
"Kok didorong..?"
"Habis bensin..."

Kalo penulisnya orang Jawa, bisa jadi itu cerita tentang tukang bakso dan pembeli yang sama-sama iseng. Tapi kalo ditulis oleh orang Kalimantan, itu merupakan cerita serius. Karena tukang bakso disini, gerobaknya memang dinaikin ke atas sepeda motor.

Kebegoan juga bisa terjadi bila satu pihak orang kota dan pihak lainnya orang udik banget. Seperti ketika aku ke mol dan nanya ke seorang cewek disitu.

"Mbak, serpis senter dimana yak..?"
"Serpis senter apa, pak. Beli aja senter baru, murah inih.."
"Mau nyerpis obor, mbak %$#@$%^..."

Tanpa pemahaman latar belakang masalah, kita bisa salah komplen. Dengar teman dihukum berat hanya karena memecahkan kaca akuarium, kita langsung bikin gerakan sejuta pesbuker mendukung pembebasan. Padahal yang dipecahin itu akuarium seaworld. Satu kata atau cerita yang hampir sama, bisa beda jauh maknanya saat digunakan oleh orang yang berbeda.

Misalnya :
Krisdayanti : Pilihlah aku
Anang : Jangan memilih aku
Syahrini : Kau yang memilih aku
Ashanty : Aku yang dipilih
Tukang CD : Dipilih dipilihhhhh...

Seberapa cerdas atau begokah kita..?

NB.
Sekedar guyonan belaka
Jangan ada ngambek diantara kita ya...

15 comments:

  1. tambah miskomunikasi tambah lucu ya Mas hihihi
    (nyambung ga yach komennya?) :p

    ya ampun itu benar tulisan yang di foto itu??? kalo multitafsir bisa bikin 'ramai' jg tuch

    BalasHapus
  2. termasuk permainan kata juga Om, kalo serpis senter mungkin logatnya juga yang jadi pengaruh :p

    BalasHapus
  3. koq bisa pas sih antara KD - Syahrini - Anang - Ashanti :D

    BalasHapus
  4. gaya bahasa phrase (bener ndak tulisannya)memang membutuhkan keterlibatan pihak yang membaca untuk ikut serta berpikir, menfanalisis dan menerjemahkan makna yang terkandung di dalamnya tapi harus dijlentrehne

    BalasHapus
  5. Simpan pinjam perempuan?

    wew....ini salah satu cabang usaha Hugh Hefner ya? :D

    BalasHapus
  6. kayaknya grup Anang and his gang, suka pilih-pilih... kayak guyonan Safitri waktu kecil "Ibu jidat bahasa inggrisnya apa", belum sempet jawab dia jawab sendiri "cape deh" sambil tepok jidat...

    BalasHapus
  7. Salam kenal,,, aku datang ke sini karena tertarik gambar di posting, apa memang begitu sob tulisannya? :)

    BalasHapus
  8. wuahahaa.. kayaknya aku kelewatan beberapa episode deh ini.. gara2 charger rusak mood ngeblog ilang, eeh.. ketinggalan cerita.. huumm... bolehlaah joke itu.. baru tau juga kalo tukang bakso di kalimantan pake motor gerobaknya

    BalasHapus
  9. hehehe numpang ketawa aja

    BalasHapus
  10. wkwkkwkwkwk,,,,

    yang terakhir,, asoiii,,,
    dipilih2..

    dini org ny juga ngga langsung nangkep,

    BalasHapus
  11. "Gerobaknya rusak ya bang..?"
    "Engga, emang kenapa..?"
    "Kok didorong..?"
    "Habis bensin..."

    Krisdayanti : Pilihlah aku
    Anang : Jangan memilih aku
    Syahrini : Kau yang memilih aku
    Ashanty : Aku yang dipilih
    Tukang CD : Dipilih dipilihhhhh...

    wkwkwkwkw.... betul2 brow ane jadi kaya orang gila neh dari tadi ngakak mulu wkwkwk

    BalasHapus
  12. kayaknya pakde termasuk yang bego he he he.....

    BalasHapus
  13. aku jadi bego sekarang di sini

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena