19 Maret 2011

Lowongan Kerja di Tambang Batu Bara

Pembangunan Indonesia Raya yang tidak merata sedikit banyak berimbas ke masalah SDM dan pola pikirnya. Apalagi saat kita di pedalaman, semua itu terasa banget. Walau dari segi politik mereka jago, pembinaan mental dan ketrampilan yang aku lakukan berjalan relatif lambat. Tidak semuanya sih, namun sebagian yang aku temukan disana menyatakan seperti itu.

Sebagai contoh saat aku lihat pengelolaan gaji karyawan masih menggunakan cara manual. Sehingga untuk menghitung rekap absensi, lembur dan pernak-perniknya harus dilakukan oleh 5 orang staf. Disebut manual tuh bukan berarti total masih pakai kertas dan bolpen. Memang sudah menggunakan komputer dan excel, tapi cuma untuk ngetik doang. Saat ada perhitungan, tidak digunakan rumus. Melainkan ambil kertas dan kalkulator untuk menghitung, lalu hasilnya diketikan di excel.

Kemudian aku ajari cara menghitung dengan rumus dan tinggal dikopi ke baris selanjutnya. Hasilnya pekerjaan hari itu selesai lebih cepat dari biasanya. Tapi besoknya aku ditegur atasan mereka karena pekerjaan di kemudian hari ancur-ancuran. Aku investigasi ke yang bersangkutan. Ternyata rumus yang aku ajarkan kemarin itu mereka kopi kopikan ke semua pekerjaan mereka, tak peduli apapun kasusnya.

Pelan-pelan aku latih mereka walau progresnya memang teramat lambat. Kemudian aku coba mencari tau kenapa bisa SDM semacam itu masuk jadi karyawan. Ternyata budaya titip menitip dan pemaksaan yang jadi latar belakangnya. Awalnya, penduduk setempat yang punya lahan di sekitar tambang demo dan meminta lahan mereka dibeli oleh perusahaan. Setelah mereka tak punya kebun, mereka demo lagi minta dipekerjakan di perusahaan. Memang mereka dipekerjakan di bagian yang tidak terlalu penting seperti security, staf atau bagian lapangan. Tapi ketrampilan yang pas-pasan membuat jumlah orangnya jadi menggembung. Seperti pekerjaan rekap absensi yang selama ini dikerjakan 5 orang, ternyata bisa aku selesaikan hanya dibantu satu orang. Itupun aku jadikan sambilan, bukan hanya mengerjakan itu doang selama sebulan.

Gerakan perlahanku ternyata tidak membuat orang-orang manajemen mau bersabar dan memutuskan untuk mengganti beberapa posisi staf dengan orang dari Jakarta. Yang salah aku juga. Pernah kasih pernyataan, daripada bayar 5 orang lokal masing-masing 2 jutaan, mendingan bayar tenaga setengah ahli dari Jawa dengan gaji 6 juta. Masih nyisa 4 juta kan..?

Jadi...
Untuk yang berminat kerja sebagai staf administrasi di workshop tambang batu bara dengan lokasi di Tamianglayang Barito Timur Kalteng, silakan kirim lamaran dan riwayat hidup ke xxxx, Jakarta 10160.

Syaratnya, mau kerja di lokasi yang setengah ekstrim. Di kantor sih, tapi lingkungan sekitarnya kan tambang yang kadang super becek. Di pinggir jalan propinsi tapi di hutan juga. Dari ibukota kabupaten Bartim sekitar 15 km. Harus bisa komputer minimal office. Boleh cowok boleh cewek, diutamakan usia dibawah 30 tahun dan status single. Yang berstatus dobel, tripel atau empel boleh juga, asalkan tidak bermasalah dengan pola kerja roster, tiga bulan kerja dan 2 minggu cuti. Tiket pulang pergi saat cuti ditanggung perusahaan. Begitu juga urusan makan dan cuci sudah disediakan di mess. Kamar berAC, tapi listrik sering mati. Mandi pakai shower, tapi sering mampet kebanyakan tanah. Kalo mau yang jernih dan unlimited, nyebur aja ke sungai.

Yang pasti kerja disitu gaji bakalan utuh kecuali memang hobi jajan. Kenapa bisa boros, soalnya jajan paling-paling 10 ribu, ongkos ojeknya 50 ribu. Gaji ditransfer liwat rekening. Kalo pakai BRI, ATM terdekat di Tamianglayang 15 kilo dari site. Tapi sayang ATMnya sering kosong. Kalo pakai Mandiri harus ke Tanjung, 2 jam perjalanan. Kalo BCA, ke Banjarmasin tuh, 7 jam dari lokasi. Makanya gaji aku masukin ke rekening istri dan kalo aku butuh istri tinggal kirim pake wesel pos atau western union. Tapi selama ini, istri kirim 500 ribu perbulan selalu nyisa banyak tuh. Pengeluaranku paling-paling beli air mineral buat bekal ke tambang dan permen. Pengen pijit apa krimbat mahal, nipisin rambut dikit aja di salon ongkosnya 25 rebu. Apalagi kalo sampai babat abis.

Soal gaji dan fasilitas yang diinginkan silakan negosiasi sendiri dengan HRD saat wawancara. Disini tidak ada standar gaji yang pasti. Jadi salah nego di awal berakibat lumayan fatal dalam jenjang penghasilan berikutnya. Biar lebih jelas tentang carut marutnya perusahaan ini, baca saja jurnal-jurnal 3 bulan terakhir di blog ini semenjak aku berangkat ke Kalteng pertengahan Januari lalu.

Tapi...
Ini sekedar informasi saja. Segala sesuatu yang berkaitan dengan lamaran menjadi wewenang perusahaan. Aku tidak ikut campur sedikitpun. Kecuali pelamar cewek penampilan menarik, boleh deh lamarannya ke emailku. Jangan lupa fotonya seluruh badan dari segala posisi. Siapa tahu bisa lolos audisi untuk pilem rawins ngesot. Jadi kuntilanak...

Soal nego kerja, silakan baca disini deh...

---- update 12-7-2011
CLOSED----

40 comments:

  1. hehheehh... kayaknya menarik nih mas... aku lulusan SMA.. bisanya cuman Ms. Word. kalo excel dikit"... gimana mas?

    BalasHapus
  2. ga usah mikirin lulusan apa. aku stm aja ga lulus. kebanyakan ikut tawuran. heheh

    BalasHapus
  3. Ditunggu Film rawin ngesotnya... hahahahah

    BalasHapus
  4. kayaknya ga dimana - mana lokasi proyek apalagi tambang selalu aja ada penduduk setempat yg maksa pengen di pekerjakan dan kalo bisa kerjanya juga mau yang enak padahal ga punya kemampuan yg cukup....

    kalo soal manajemen yg carut marut kayaknya udah lumrah ya mas, malahan saya pernah punya pengalaman yg lebih parah lagi gara2 carut marutnya manajemen di lokasi proyek akhirnya kerjaan saya jadi rangkap2 tapi gajinya tetep gaji satu orang (-_-")

    BalasHapus
  5. cara baru mengiklankan lowongan pekerjaan : curhat di blog.. hahaha.. semoga ada yang tertarik sama tawaran ini Wins..

    BalasHapus
  6. kamar nerAC tapi listrik sering mati, air shower tapi sering mampet..sama aja bo'ong pak! hahaha

    btw, kasi tips dong berapa enaknya minta gaji..:)

    BalasHapus
  7. tempat interviewnya dimana mas..?
    trus salary standar perusahaan berapa..?biar ada pandangan.. :)

    BalasHapus
  8. Sampe segitunya ya Kang SDMnya masak itung-itungan excel masih minta bantuan kalkulator, sama dengan boong tuh.
    Sampeyan yang sabar aja membimbing mereka, malah bisa jadi ladang amal jika ngajari mereka. Insya ALloh

    BalasHapus

  9. Cerdew...
    Sok atuh bikinin cerita buat skenarionya..

    Waduh zan..
    Jangan mau dong. kerja rangkap gaji juga harus rangkap..

    Dab...
    Bukan pasang iklan. Cuma kasih info doang sapa tau ada yang minat...

    Svkmadi...
    Pokoknya pinter-pinter aja nego. Kan udah pernah aku ceritain di tulisan tulisan sebelumnya. Kalo bisa sih minta gaji yang banyak...

    Anynomous
    Kalo pengen status pusat ya ke Jakarta dong. Kalo interview di Kalteng, statusnya karyawan lokal dong...

    Juragan Pakis
    Hehehe memang begitu kondisinya disini bos...

    BalasHapus
  10. ini syaratnya nya apa aja mas rawins?

    BalasHapus
  11. syaratnya apa aja ?

    BalasHapus
  12. kan udah ditulis diatas, kebutuhan untuk admin workshop. yang penting bisa komputer utamanya office dan kemampuan mengelola administrasi...

    BalasHapus
  13. gaji nya berapa?

    BalasHapus
  14. Ternyata kondisi di luar Jawa masih spt itu ya? Kalau penerimaan pegawai hanya berdasarkan titipan ya memang hasilnya tak maksimal.

    BalasHapus
  15. Ohhh, ternyata sekarang jadi produser film juga. Baru tahu nih... :p

    BalasHapus
  16. Kok gak disebutkan tentang persyaratan pendidikan Om?

    BalasHapus
  17. soal gaji kan dah dibilang nego aja sendiri...
    pendidikan ga begitu penting, yang dibutuhkan skil

    BalasHapus
  18. Mas, yang dibutuhin brpa orang?
    Udah ditutup blum?
    Sekarang aku kerja di PT Indah Kiat Pulp & Paper Serang, di bag purchasing, sblumnya aku juga pnah krja di perusahaan Property dan ngerjain adm gaji kryawan harian yang masih manual dengan excel.
    Tp aku pngn cari pengalaman baru.
    Matursuwun mas.....

    BalasHapus
  19. cobain aja masukin siapa tahu masih bisa. lagian perusahaan lagi berkembang kayaknya masih banyak penambahan karyawan

    BalasHapus
  20. mas, sy udh masukin lamaran dari sminggu yg lalu.
    tapi qo blm ad balesan ya?? apa emang sy'a g lo2s kualifikasi.
    apa emang blm ad kelanjutan'a. mohon pencerahan'a. terima kasih

    BalasHapus
  21. waduuuh, saya gabisa jawab tuh. soalnya saya kan bukan hrd dan cuma menginformasikan doang. soal ga dihubungi, perasaan dimana-mana kalo masukin lamaran cuma yang masuk nominasi yang ditelpon. perusahaan ga punya kewajiban membalas surat lamaran yang masuk. yang jelas setiap minggu, selalu ada karyawan baru kiriman dari jakarta datang kemari.

    BalasHapus
  22. mas klo orang tamaing ngrim surat lamarnya ke jakarta ya??

    BalasHapus
  23. Langsung ke Jaweten juga bisa. Tapi yagitu deh, statusnya karyawan lokal...

    BalasHapus
  24. Klo lwt email yg trcmtum atas bs ga? N Klo ngrim kntor djwten almatnx apa mas?
    Emnk lwongnx msh ada yg mas?

    BalasHapus
  25. email itu masuk ke jakarta.
    Kalo ada tenaga IT cewek untuk maintenance website bisa tuh kirim cv ke paulus@rimaugroup.com dibutuhkan mendesak.
    Kalo tamiang, langsung saja bawa lamaran ke PLTU Jaweten, sekitar 3 km dari simpang Jaweten. Ketemu saja sama HRD atau pak Bram

    BalasHapus
  26. Klo cowo ga ada ya mas?

    BalasHapus
  27. hahaha.., lucu nih nawarin kerja nya mas Rawins..

    tapi nice info lah..

    BalasHapus
  28. umur 33 bisa ga ya.....
    q mau kerja neh...
    posisi apa2 ja mau penteng kga jdi ob ok
    ada kesempatan untuk di training ga ya????
    posisi q sekarang udah di kalteng, pi lom dapat kerjaan nehhhhh..............
    antuion dong????

    BalasHapus
  29. mas kalau buka counter Levi's laku keras yah disana?
    salam kenal aja,,

    BalasHapus
  30. wah baru liat ni blog...semangat bro, perusahaan ente sistemnya yang belum berjalan dengan bener, semasa ane disitu ane bingung sendiri karena gak ada job des yang jelas,makanya ane keluar.. saran ane untuk membangun sistem yang bagus, ente harus rekrut orang yang berkompeten dibidangnya untuk pegang perintah diatas (level dept. head s/d manager) yang intinya "right man on the right place" misal, jangan naroh org dengan dengan basic accounting untuk mimpin produksi ataupun workshop..kagak nyambung ilmunya...diharapkan klo kepalanya udah bener nantinya dia bisa kaderisasi orang dibawahnya agar bisa setara kemampuannya kayak dia..dan satu lagi hindari adanya jabatan "kunci inggris" seperti yang sudah2 tu malah bikin dunia persilatan tambah kacau...hehehe...sorry bro..ni uneg2 ane semasa kerja disitu..kekx masih banyak masalah2 lain juga yang ane liat..keep fight..

    BalasHapus
  31. haa ... mantabs boss kalimat nya >>><<<<
    dua jempol dech buat anda!!!

    BalasHapus
  32. mas jgn terlalu mnghina kualitas SDM orang2 kita disini! maklum kita tinggal jauh dari ibukota negara bukan kaya sampeyan. By Dayak Ma'anyan

    BalasHapus
  33. hampir sama dengan di jambi mas bro

    BalasHapus
  34. anda pasti karyawan PT.SEM jaweten? wajar aja carut marut, perusahaannya juga dpt ijin nambang dari bupati + limbah amdal berlimpah.
    saya dulu sempat melamar disitu di bagian IT, tp wktu itu belum ada bagian IT maklum perusahaan kecil. akhirnya saya melamar ke PT.Pamapersada Nusantara jobsite TOP dan untung'y satu minggu langsung panggilan tes di Psikolog benefit banjarmasin trus lolos diterima kerja sampai skrg, eh baru 3 hari kerja, ada panggilan kerja dari PT.SEM.. akhirnya ya aq tolak.
    kalau qta punya pendidikan atau skill yg memiliki peluang besar utk di terima kerja di pertambangan, mendingan melamar ke perusahaan besar sekalian seperti PT.ASMIN atau PT.ADARO, kalau perusahaan kecil gk butuh org yg punya skill atau pendidikan tinggi yg penting mau kerja N' bsa di bohongin soal gaji standard.

    BalasHapus
  35. ..saya teknisi komputer senior,mahir office,perawatan pc baik personal maupun server,perawatan dan pembuatan jaringan lan maupun wifi...kira-kira bisa kerja disitu apa ngg ya mas. Kalau bisa hubungi saya di 085 755 407 713 atau kidklat@yahoo.co.id.Terima Kasih.

    BalasHapus
  36. Info Lowongan Kerja Tambang

    http://lowongan-kerja.tambang.or.id

    BalasHapus
  37. Kira kira di tahun 2014 ini ada lowongan disitu ga' ya? :)

    BalasHapus
  38. Owh di pt sem? Anda masih di sem sekarang mas?

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena