22 Agustus 2010

Kamitetep

Pada waktu pindahan rumah beberapa bulan lalu, sebenarnya sudah diadakan pembersihan total berikut pengecatan agar segala demit penyakit tidak ndulit, setan ora doyan dan mak lampir ora mampir. Namun beberapa hari ini, muncul serangan gatal akibat serangga mungil yang orang Jawa menyebutnya kamitetep.

Wujudnya seperti ulat dan memiliki cangkang mirip kwaci. Suka nempel di tembok dan bila menyengat, masya alloh gatalnya sampai cengkring-cengkring. Aku yang tua aja sampai pecicilan bila tahu-tahu kulit bentol memerah, apalagi Citra yang kulitnya masih tipis.

Aku cari-cari refrensi tentang kamitetep di internet, tapi belum juga nemu pencerahan yang lengkap. Jangankan menemukan nama ilmiahnya, nama Indonesianya saja belum aku temukan. Akibatnya pengobatan yang dilakukan pun disamakan dengan gatal-gatal akibat serangga lainnya.

Yang lebih susah lagi adalah mencari keterangan tentang daur hidupnya agar bisa diputus rantai pengembangbiakannya. Beberapa hari lalu sempat sih aku bongkar-bongkar sampai ke kolong bermodalkan penyedot debu. Dapet beberapa biji tapi tak sebanyak waktu awal pindahan kemari. Tapi walau sudah bersih, tetap saja kamitetep menyerang dan bermunculan setiap pagi tanpa aku tahu darimana.

Kalo memang ada sarangnya, seharusnya bisa aku temukan sejak awal. Atau harusnya serangan gatal tidak hanya muncul beberapa hari belakangan ini. Atau karena pengaruh hujan yang baru turun beberapa hari ini, sehingga mereka pada nongol dari tempat persembunyiannya.?

Ada yang punya informasi apa engga neh soal kamitetep dan pola hidupnya. Kalo ada sekalian cara pengobatan yang khusus, cepat dan aman untuk bayi. Agar kami tetep damai di rumah ini tanpa serangan gatal-gatal lagi.

Terima kasih sebelumnya...

46 comments:

  1. ndak ngerti Om...
    haduh moga adek nggak sampe kegigit yah, ayahnya ajah *disepak*

    BalasHapus
  2. Kayanya dari bentuk2nya tahu cuma namya ga tahu tuh....!!! Bisa bae si bOZ ni... Selamat sore menjelang berbuka puasa.

    BalasHapus
  3. Biasanya pake minyak telon atau kayu putih untuk pengobatannya ...!!!Jalan jalan sambil ngabuburit .... blogwalking 222222xxx....!!!

    BalasHapus
  4. kamitetep
    tag kirain bahasa itu cuman dipake didaerahku doank
    hehhehe
    :D

    BalasHapus
  5. haduhh....kasusnya kok sama ya....hiks....kirain dapet solusinya? tibae samasama bermasalah dengan kamitetep!

    BalasHapus
  6. Wah malah aku baru tahu kalau itu namanya kamitetep :D . Dirumahku juga ada tapi tidak banyak, dan kebanyakan ada di kamar mandi.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  7. Kamitetep???
    aku malah baru denger ni kang

    BalasHapus
  8. kami tetep... tetep kami...
    sukses kang,,,

    BalasHapus
  9. aku sering kena, tapi ga pernah tau bentuknya, taunya cuma merah kecil doank :D

    BalasHapus
  10. wah ane baru denger juga tuh istilah kamitetep,,jdi tak mengerti hewan yg dimaksutkan seperti apa,,hehehee,,, happy blogging kang ^^

    BalasHapus
  11. aku juga baru denger ini .. tapi ngeri juga kalo bisa bikin gatel-gatel, semoga kamitetep-nya cepet insaf terus kukut-kukut dengan sendirinya. amin.

    BalasHapus
  12. apa semacam binatang kutu "bangsat" seperti yang terdapat di kursi bioskop ya?

    BalasHapus
  13. sama ndak dengan tinggi(hewan penghisap darah dijawa) om....

    BalasHapus
  14. Wah saya gak tau sob...
    malahan baru tuh makhluk tersebut....
    bila diindonesiakan spt hewan apa ya...
    kayaknya ane baru denger....

    BalasHapus
  15. kami tetep bukan seperti itu.... kami tetep itu seperti kutu bentuknya... rasanya sangat gatal dan kemudian menghitam... sembuhnya lama....

    BalasHapus
  16. setauku seperti itu....

    BalasHapus
  17. ternyata kamitetep itu adalah kutu tikus yang membawa bakteri, yang bisa juga menyebabkan radang paru2...
    kalau ingin tau lebih jelas coba tanya dokter aj.. hehehe...
    GBU

    BalasHapus
  18. Sama,di rumahku juga sering nemu hewan ini. Dan anehnya udah berulang2 dibersihkan tau2 ada lagi. Dan biasanya di tempat yg itu2 juga nempelnya. Tapi dari mana asalnya?

    BalasHapus
  19. Akhirnya dapet juga pencerahan setelah tanya mbah Google :-)Ternyata serangga ini punya nama ilmiah Phereoeca uterella, termasuk famili Tiniedae. Nama umumnya household casebearer moth larva.
    Siklus hidupnya: telur-larva-pupa-dewasa perlu waktu 62-86hr. Serangga betina meletakkan telur di celah dinding/ perbatasan dinding dan lantai (sekitar 200telur ukuran 0,4mm) yang kemudian mjd larva (umumnya tidak terlihat) kemudian baru jadi pupa yang terlihat menempel di dinding. Penanganannya: bersihkan rumah secara teratur, penggunaan AC (mengurangi kelembaban), kurangi bahan wool, bila perlu gunakan pestisida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx infonya soalnya aku pusing di buatnya ama mahluk ini,bingung gimana cara membasmi putus serangga ini

      Hapus
  20. wokedeh akhirnya nemu penjelasan agak jelas neh...

    BalasHapus
  21. klo kata nenek kamitetep'y ditempelin ama getah namgka, klo gag pake pentol korek api, tapi ya itu sakiit'y bukan main.

    BalasHapus
  22. "wah iya tuh, cara pembasmiannya gimana?saya anak kos, jadinya kalo ngebersihin tiap hari kan susah tuh...takut-takut pas tidur disengat...mokekinnya pake apa?"

    BalasHapus
  23. hewan satu nie memang hebat biar kecil menimbulkan banyak masalah tahu deh ada manfaatnya gak, sakitnya kalo kena pas di selangkangan haduuhhhhh......mendingan dipukul duit segepok deh ....

    BalasHapus
  24. Kami sekeluarga jg kena kamitetep saat pertama pindah rumah kontrakan baru. Uhhhh rasanya gatal banget, sampai ga tahan pengin garuk terus. Apalagi pada sekecil yg masih baby. Akhirnya kami mencoba membasmi kamitetep yang ada dirumah dengan mengepel lantai secara rutin menggunakan karbol pembasmi kuman dan bakteria. Dan ternyata berhasil.

    BalasHapus
  25. kalau di tempat ku kamitetep itu bukan itu gan tetapi bentuknya sangat kecil dan lebih kecil dari yang anda tampilkan,
    besarnya sebesar lugut bambu,berbaur pada debu
    dia menelusup pada kulit dan bekasnya bisa 7 bulan tidak hilang
    gatal dan panas.jika terkena kamitetep

    www.misyono.wordpress.com

    BalasHapus
  26. kl saya setiap ke rumah mertua pasti selalu kena kamitetep,anehnya para penghuni rmh pemilik rumah g ada yg kena kamitetep....suami saya jg g kenak,yg kena cm sy dan si kecil,kok bisa ya?

    BalasHapus
  27. pake lem alteco trs biarin mpe lpas ndri
    gak skit

    BalasHapus
  28. Saya punya pengalaman yg sama ...anakku umur 3 th juga sering kena gigitan kamitetep ini..biasanya dikasih minyak tawon...namun lama sembuhnya n ttp membekas..akhir2 ini si mamak (pengasuh anakku) punya cara jitu mengatasi gigitan kamitetep... diolesi Autan!!! ternyata cukup ampuh!!! Luka langsung kering..dan gatalnya langsung hilang dalam hitungan jam..

    BalasHapus
  29. di kamar saya juga suka muncul kamitetep, saya bingung darimana hewan itu berasal. sudah dibersihkan berulang kalim tapi tetap muncul :(

    BalasHapus
  30. Kasus yang sama...ane juga belum nemu solusinya..tapi kata "orang tua" Kamitetep itu cuma bulu/lugut dari hewannya..

    BalasHapus
  31. Banyak orang bilang yang bikin gatel sampe sengkring2 itu bulunya. Akhirnya ketemu juga cara ngilanginnya, cuman pake lakban ditempelin di tempat yg gatel terus di tarik sampe bulu kamitetepnya hilang

    BalasHapus
  32. Secara tradisional, ada berbagai cara pengobatan:

    1.Pake lakban yang ditempelkan pada bulu yang menempel tersebut, pastikan merekat kuat dan kemudian lepaskan lakban tersebut.
    Kalau masih terasa sengkring-sengkring, ulangi dengan menggunakan lakban baru, karena yang udah kepake daya rekatnya kurang, sampai rasa sengkring-sengkring tersebut hilang.
    Cara ini khusus jika bulu Kamitetep menyengat di daerah kulit yang tidak berambut.

    2.Ditempeli kapas yang sudah dicelup minyak tanah.

    3.Ditempeli kapur sirih yang sudah dilarutkan air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta Cara cegahnya dong ama pembasmiannya.

      Hapus
  33. klw di tempat sya nmanya "tetep" klw buat orang dewasa obatny pkai pentol korek api,lumayan agak cengkring2 dikit,tp klw buat bayi sya jg msh blm tau obatnya ..

    BalasHapus
  34. Sama ditempat aku juga namanya tetep,kalo aku biasa diobatin pake abu roko ditempel,ditekan dan diseret sampe keluar cairan hitamnya dimana yg gatel

    BalasHapus
  35. Wah..lmyn bnyk jg solusinya..ak coba ah..makasih ya sodara2..soalnya yg namanya kamitetep ini doyan bgt nemplok ke anakku yg masih imut..kalo ada cara yg berhasil lg ntar ak share deh..

    BalasHapus
  36. coba deh pake sengatan lebah pada lokasi kamitetepnya,,,

    BalasHapus
  37. Halo sis gan , ak juga pernah kena wktu pindah kos yg baru dul . kena kami tetep Smpe luka gatalnya itu melebar kaya infeksi gt berair dan gatalnya ada matanya gt warna putih. Sebaiknya pakai salep hydrocortosone beli aja di apotik cuma 5rb rupiah , lumayan bs membantu loh..

    BalasHapus
  38. Wah sama saat aku kerumah mertua paginya badan bentol semua...bingung gatelnya gak ketulungan ampe 3 hari.eee ternyata pakai Autan langsung anget gak gatel dan beks gigitan keriing

    BalasHapus
  39. Pengalaman : Alhamdulillah kamitetep hilang pake Salep Benoson-N beli aja di apotik

    BalasHapus
  40. Intinya klo gk mau ada tetep dirumah anda. Jgn plihara ayam.
    Apa lg bertelur..

    BalasHapus
  41. Obatnya apaan sih, kesel banget kalau kena ni penyakit susah ilangnya membekas lagi

    BalasHapus
  42. Obat yang efektif apaan ya, baby saya kena nih

    BalasHapus
  43. Kalau kami tetep di desa aku itu bukan hewan kayak gitu tapi dari bulu tikus/curut

    BalasHapus
  44. Anak saya masih bayi kena penyakit ini tolong yang efektif buat nyembuhin obatnya apa ya

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena