19 Juni 2010

Yahoo! Answers

Ada satu lagi tempatku bermain di internet selain ngeblog, milis atau forum, yaitu di Yahoo! Answers. Tempat ini biasa aku sambangi disaat otak mulai jenuh dan butuh penyaluran segera, namun waktu tak mencukupi untuk ngeblog atau sekedar blogwalking. Dengan menjawab satu dua pertanyaan yang ada, cukup sudah bagiku untuk bisa melanjutkan lagi pekerjaan tertunda.

Y!A merupakan salah satu layanan gratis Yahoo yang memberikan tempat buat kita saling bertanya jawab dengan teman. Bentuknya hampir mirip forum pada umumnya, hanya saja di Y!A urutan pertanyaan tetap berdasarkan waktu post. Tidak bisa disundul agar masuk halaman satu seperti yang ada di forum.

Ada cukup banyak kategori yang bisa kita pilih dari masalah religi, teknik sampai ke sekedar gosip. Kalo aku sih lebih suka bermain di kategori komputer dan internet. Lain-lainnya jarang banget aku tengok. Apalagi untuk kategori agama dan kepercayaan. Wah parah, isinya kadang caci maki yang ga karu-karuan.

Tapi ya harap maklum. Namanya juga forum bebas plus gratisan, kadang kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita harapkan. Misalnya ketika kita tanya tentang komputer yang ngadat, kadang jawaban yang masuk cukup banyak dan detil. Kadang tidak ada yang mau jawab. Tak jarang ada yang jawab cuma iseng doang, "lempar ke selokan aja bro..."

Reputasi bisa kita bangun disana. Setiap pendaftar baru akan dikasih gratisan 100 poin. Setiap kali kita mengajukan pertanyaan, poin kita akan berkurang 5. Bila kita menjawab pertanyaan, kita akan memperoleh 2 poin. Memberikan suara untuk memilih jawaban terbaik memperoleh 1 poin. Dan bila jawaban kita dipilih sebagai jawaban terbaik, kita akan memperoleh 10 poin. Penjelasan lebih lengkapnya disini.

Hasil dari poin itu akan diakumulasikan dan hasilnya dipergunakan untuk menentukan peringkat kita. Setelah memperoleh 250 poin kita akan naik ke tingkat 2. 1000 poin tingkat 3, 2500 poin tingkat 4, 5000 poin tingkat 5, 10.000 poin tingkat 6 dan tertinggi adalah tingkat 7 setelah lewat 25.000 poin.

Tidak ada keuntungan finansial memang dari sana. Tapi entah kenapa aku suka gabung disitu walau tak begitu aktif. Minimal kita bisa sedikit berbagi dengan orang lain. Walaupun user yang narjis tetap ada, seperti misalnya menuntut dipilih menjadi jawaban terbaik atau minta dikasih bintang dan sebagainya. Namun tingkatnya tak separah di forum atau di blog yang seringkali memasukan link post kita ke tempat orang. Seolah takut kalo tidak ada yang mau mengunjungi post kita.

Anda senang berbagi..?
Gabunglah disana. Tak perlu jadi pertamax atau pejwan hunter. Kalo punya target, berusahalah mendapatkan label top kontributor atau best answers hunter.

Malu bertanya, sesat di jalan. Tanya di jalan, malu-maluin. Bertanyalah di Y!A, kalo memang bisa, nanti aku jawab. Yang penting jangan tanya, "Maukah kamu jadi suamiku..?"

NB.
Ijin bolos ngeblog lagi, teman...
Besok pagi banget harus ke Balikpapan...
Sampai jumpa minggu depan...

9 comments:

  1. semoga selamat sampai tujuan,
    dan kembali dengan selamat pula... ^^

    oia... jangan lupa... oleh2^^

    BalasHapus
  2. Y A Eysa Lom Punya... ^^^

    BalasHapus
  3. katanya ada game khusus yahoo juga ya? jadi pengen nyoba

    BalasHapus
  4. katanya ada game khusus yahoo juga ya? jadi pengen nyoba

    BalasHapus
  5. aku kagak ikutan main sih, cuma kadang lihat aja, hehe..

    selamat hari senin,
    semoga hari ini menyenangkan.. :D

    ah ya, dan semoga sukses urusannya di balikpapan...

    BalasHapus
  6. Wah aku kadang juga suka maen ke YA! Sob.....klo aku tau ya ikut Ng'jawab klo ga ya Ng'liatin jawaban orang2 hhe.......

    slam knal Sob...aku FOllow sekalian(DJ Site)....D'tgu Follownya klo berkenan....thnx..

    Semangat!!!

    BalasHapus
  7. Wah nggak pernah njawabin neh meski udah pernah ndaftar mas rawins... :-)

    BalasHapus
  8. Maaf baru berkunjung neh, lha ijin lagi ya
    sukses selalu ya \Mas...

    BalasHapus
  9. iya saya juga suka melakukan hal yang sama dengan anda
    :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena