26 Maret 2010

Manusia Sebelum Adam

Ada sebuah PM masuk di Multiply yang menyangkal tentang penggalan tulisan di jurnal Gombal Warming beberapa hari lalu. Aku sudah paham betul karakteristik orang kita, ketika akan mengeluarkan celaan keras, selalu tak mau secara terbuka di kolom komentar. Padahal di negara bebas ini, aku lebih suka transparan. Agar bila ada kesalahan dalam pemikiranku, aku bisa mendapat masukan dari banyak pihak. Sehingga pikiranku tidak lagi melulu opini sepihak.

Tapi walau aku tidak begitu suka dengan cara lempar batu sambil ngumpet begini, aku tetap layani dengan sepenuh hati dan tak merasa itu sebagai sebuah permusuhan. Dan tak ada salahnya bila jawabanku juga aku tulis disini.

Yang dicela adalah kata-kataku tentang manusia sebelum Adam. Temanku itu bersikeras bahwa Adam itu manusia pertama dan tidak ada lagi manusia sebelumnya. Penjelasanku bahwa manusia itu kemungkinan ada beberapa sub spesies sepertinya tidak bisa diterima. Begitu juga ketika aku bilang, aku melihat ini dari sisi science, bukan religi. Tetap saja teman baruku itu ngotot aku termasuk golongan kafirun. Terima kasih deh atas titelnya. Dengan senang hati aku terima.

Dan sebelum aku bahas lebih lanjut, perlu aku sampaikan sekali lagi bahwa ini hanya dugaan dari sisi iptek. Bila ada yang mau ngotot dengan pandangan religi, silakan di close saja browsernya.
Kenapa aku mengatakan ada kemungkinan manusia dari sub spesies lain, aku memang ambil dari bible. Dalam kitab suci agama lainnya belum aku temukan penjelasan sedetail bible. Dan kenapa aku mencampuradukan pandangan dari beberapa kitab suci yang berbeda, karena kitab suci buatku merupakan sumber dari segala sumber pengetahuan ilmiah dan itu merupakan catatan sejarah.

Berdasarkan refrensi dari Bible, ada tiga sumber yang bisa ditelusuri. Yaitu kitab Kejadian 5 ayat 1-32 (Silsilah dari Adam - Sem anak Nuh). Trus Kejadian 11 ayat 10-26 (dari Sem sampai Abraham). Lalu Matius 1 1-17 (dari Abraham - Yesus). Aku coba menarik garis keturunan dan usia seorang tokoh dihitung sampai pada usia berapa dia mendapat anak.

Mari kita hitung yang dari sumber pertama...
130(Adam-Set) + 150(Set-Enos) + 90(Enos-Kenan) + 70(Kenan-Mahalael) + 65(Mahalael-Yared) + 162(Yared-Henokh) + 65(Henokh-Metusalah) + 187(Metusalah-Lamekh) + 182(Lamekh-Nuh) + 500(Nuh-Sem). Jadi totalnya ada 1601 tahun...

Kita hitung lagi sumber kedua...
100(Sem-Aprakshad) + 35(Aprakshad-Selah) + 30(Selah-Eber) + 30(Eber-Peleg) + 30(Peleg-Rehu) + 32(Rehu-Serug) + 30(Serug-Nahor) + 29(Nahor-Terah) + 30(Terah-Abraham) ...jadi totalnya ada 346 tahun

Mulai dari Abraham - Yesus tidak disebutkan umur dari penerus garis keturunan tersebut. Karena ini cuman perkiraan saja, maka aku ambil angka 30 tahun untuk masing-masing generasi (jika dilihat dari rata-rata umur punya anak dari zaman Nuh dan seterusnya. Maka 30 tahun ini akan dijadikan konstanta dalam menghitung garis keturunan Abraham - Yesus. Jadi total ada 42 generasi X 30 sama dengan 1260 tahun.

Jadi total garis keturunan Adam - Yesus adalah 1601+346+1260. Hasilnya 3207 tahun.

Apabila Yesus benar lahir pada tahun 0 Masehi, berarti bisa dikatakan Adam diciptakan 5.217 tahun yang lalu. ini didapat dari tahun sekarang 2010 + 327.

Padahal beberapa penelitian ilmiah telah melakukan pengukuran karbon terhadap beberapa artefak sisa-sisa kebudayaan lalu yang berumur lebih dari 10 ribu tahun. Misalnya Adam Bridge di India yang diduga dibuat oleh pasukan kera pimpinan Anoman ketika akan menyerbu Alengka. Atau bangunan kuno di bawah laut Bimini Jepang yang diduga peninggalan budaya Lemuria. Catatan Plato pun mengatakan bahwa bangsa Atlantean dari benua Atlantis, musnah di kisaran 10 ribu tahun sebelum masehi.

Apalagi bila kita mau melihat lebih jauh dengan kehadiran manusia berspecies Pithecanthropus erectus yang diperkirakan punah 1 -2 juta tahun yang lalu berdasarkan pengukuran karbon pada fosilnya. Refrensinya silakan mencari beberapa sumber untuk dicrosscheck sebelum menyimpulkan mana yang mendekati kebenaran menurut pribadi masing-masing.

Jadi bila menurut Bible Adam hidup sekitar 3 ribu tahun sebelum Masehi, ada sub spesies manusia yang berbeda dengan jenis kita sebelum Adam diciptakan. Untuk manusia jenis kita, Adam benar manusia pertama. Tapi untuk sub spesies lain, sudah ada manusia sebelum Adam.

Yang lebih simpel malah dari Al Qur'an di surat Al Baqarah ayat 30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Malaikat bisa mengatakan manusia hanya membuat kerusakan, bisa diduga bahwa malaikat pernah punya pengalaman mengurusi manusia dari sub species lain. Karena sampai saat ini belum aku temukan ayat tentang malaikat dikasih tahu bahwa manusia hanya bisa membuat kerusakan di muka bumi.

Di luar kitab suci agama samawi, aku belum menemukan silsilah tentang manusia pertama. Dalam Veda aku baru menemukan nama Adadam Aryaya yang diturunan ke bumi yang mungkin bisa dianggap identik dengan Adam. Ada juga cerita tentang Yuz Asaf (Yuz = pemimpin atau ahli. Asaf = tersembuhkan) yang bisa diduga sebagai Nabi Isa atau Yesus yang kita ketahui memiliki mukjizat mampu menyembuhkan orang sakit. Tapi tentang perkiraan tahun beliau hidup belum aku temukan.

Ada satu hal yang sedikit menarik buatku, yaitu tentang Adam Bridge yang hampir nyambung dengan epos Ramayana. Dimana ada cerita tentang pasukan manusia kera yang membangun tanggul sebagai jembatan penyebrangan antara India dan Srilangka. Bila kita runtut ke perhitungan kalender Hindu, epos Ramayana berada pada masa Kali Yuga yang berarti sekitar 1,7 juta tahun yang lalu. Jauh sebelum Adam tercipta menurut hitungan Bible.

Anoman yang dikatakan sebagai manusia kera, mungkin sedikit nyambung dengan dugaan ilmuwan modern tentang manusia purba yang berwujud sebagai kera yang berjalan tegak.

Tapi tidak lantas aku menolak pernyataan Adam sebagai manusia pertama dan manusia itu berasal dari kera. Buatku Adam tetap manusia pertama untuk manusia dari spesies kita, Homo Sapiens. Sedangkan sebelum Adam, sudah ada manusia dari spesies lain, semacam Homo Erectus atau Cro Magnon.

Mungkin itu saja penjelasannya kenapa aku berani menduga bahwa manusia sebelum Adam memang sudah ada. Dan ini hanya opini pribadiku saja. Yang punya pendapat atau masukan lain, silakan diungkap di kolom komentar saja, agar lebih banyak teman yang bisa menambah wawasan pemikiran kita. Kita bertukar pikiran tanpa harus memaksakan opini, agar hidup menjadi lebih berwarna.

Gambar dari Wikipedia

 

10 comments:

  1. Muhammad Quraisy13 Mei 2010 17.36

    setuju:
    1.anda berbicara bahwa ada manusia sebelum adam,jika anda bilang manusia mungkin tidak setuju tetapi jika ada kera berjalan tegak saya setuju.

    tidak stuju:
    saya menolak keras atas statement anda bahwa MANUSIA ITU BERASAL DARI KERA.

    yang anda harus ketahui kita tidak bisa berfikir hanya dengan logika,akal kita tidak bisa untuk berfikir sejauh itu wAllahua'lam bishawab hanya Allah yg maha mengetahui.

    BalasHapus
  2. Hehehe... kan udah dibilang, bos... Adam manusia pertama dari spesies kita. Manusia kera memang sejenis dengan kita, tapi dari spesies lain. Beda spesies, apakah artinya sama..?
    Thks

    BalasHapus
  3. Enaknya kalo islam ktp bisa buka qur'an, buka bible, buka veda dengan gampangnya kalo gimana kalo orang pesantren... kan susah mesti lepas peci ganti dasi kalo pergi ke greja dan mesti lepas sarung kalo mau ke vihara... just kiding om eko...

    BalasHapus
  4. @mahin :
    hehehe.namanya juga mencari ilmu bos....jadi ktp bisa diganti apa aja...ane sendiri sekarang lagi belajar hindu.syukur2 bisa ketemu link ke islam.karena ane pikir semua agama yang mengenalkan tuhan pasti nyambung kok.perkara diselewengkan itu udah biasa.
    bisa bagi-bagi di www.isyfatihah.blogspot.com

    BalasHapus
  5. mas, saya masih bingung, kalau benar hitungan dari injil, berarti budaya mesir kuno bukan keturunan adam? karena budaya mesir kuno sejarahnya sudah dimulai sejak 5500 BC. Dan pada 5000 BC juga sudah ada manusia yang bertani di eropa (http://en.wikipedia.org/wiki/6th_millennium_BC. Apa mereka bukan turunan adam?

    BalasHapus
  6. mahin
    daripada ngaku-ngaku alim tapi belum bisa lahir batin, mendingan pake ktp saja. lagi pula kita harus membuka pemikiran agar bisa lebih terbuka dan tidak menjadi katak dalam sarung

    BalasHapus
  7. osama..
    pemikiran kita mungkin hampir sama. belajar itu tak perlu dikotak-kotakan. semua hal harus dipelajari untuk memperluas wawasan. dan apakah belajar tentang maling itu berarti kita mau jadi maling..?

    BalasHapus
  8. aulia
    menurutku kemungkinan soal itu bisa saja terjadi. beberapa fosil trilobit terinjak sepatu cukup membingungkan bila dikatakan manusia baru ada setelah dinosaurus punah. data tentang keberadaan adam sampai saat ini belum ada hasil penelitian pasti. Atau coba baca blog terbaru tentang Mbah Marijan & Synchronization Beam Cycle. Mungkin bisa didapatkan benang merah antara kepunahan manusia sebelum adam dengan mayan calendar....

    BalasHapus
  9. Salam kenal Rawins...
    Menurut pandangan saya memang ada sesuatu yang hidup di muka bumi ini sebelum Adam sbg manusia pertama jenis kita-kita ini hadir dan memulai kehidupan manusia di muka bumi. Mgkin lebih tepat Rawins mnggunakan istilah 'mahluk'lain sj untuk sesuatu yang pernah hidup sebelum Adam, krn yg disebut manusia keturunan Adam itu yaa.. yg wujudnya sprti kita-kita manusia ini yg jg diberi kelebihan akal oleh Sang Pencipta. Adam juga dikatakn tidak ber ibu bapak, jadi trciptanya Adam ats kuasa Sang Pencipta serta kecil kemungkinan bhkan tdk mngkin Adam terlahir scra kandung dr mahluk jenis lain.
    Untuk mnambah/mnggali wawasan & pengetahuan umum saya setuju mmg kita hrs terbuka& berani mncari dari smber yg tdk trbatas/mmbatasi krn mgkn malah melengkapi bhkan menemukan ketrkaitan satu sm lain smber tnpa hrs menanggalkan apapn identitas kita trmasuk keimanan, krn keimanan adalah keyakinan hub manusia dg Tuhannya. Sdgkn khdpn dunia adalah universal slng toleran & mnghargai. Nabi Muhammad SAW pn mngatakan 'tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina...' dimana ajaran hidupnya bukan dari Bible atau Al Qur'an...

    BalasHapus
  10. lah...ambil dari bible? lha wong kitabnya aja salah malah diambil,,
    inilah kebutaan manusia akan science

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena