29 Januari 2008

Maling (jangan) Teriak Maling

 Kemarin malam saya buka blog temen. Di riplainya saya baca ada yang protes tentang isi blog itu. Katanya yang kayak gini dia udah posting 2 bulan sebelumnya. Jadi intinya pemrotes itu seperti tidak rela seolah-olah ide atau pemikirannya dicuri oleh temen saya.

Waah.. temen ga bener neh, pikir saya. Trus saya baca blognya (terus terang saya suka langsung lari ke riplai sebelum baca isi blog, he he he... maap). Baru liat sepintas blog temen itu, saya malah jadi senyum sendiri. Langsung saya ketik komen di atas si pemrotes...

"Kenapa harus meributkan sebuah tulisan dan menganggap ada pencurian ide kalo kita sama-sama maling..? Tulisan semacam ini pernah beredar dari milis ke milis sejak 5 tahun lalu. Lagian di atas sudah ada catatan kecil yang menyatakan tulisan itu cuma copi paste, walaupun tidak disebutkan sumbernya. Dah damai... pisss ah.."

Saya kira setelah itu suasana langsung adem dan terkendali. Eh, lewat tengah malam temen saya laporan via YM. "Mas, saya baru hapus tiga tulisan yang bikin heboh itu..."

Hmmm...
Kasus copas di dunia perblogan kita sudah sangat umum dan sangat dimaklumi walaupun kurang sesuai etika. Banyak temen-temen kita yang begitu ingin mengisi blognya tapi mungkin males untuk memilih dan mengetik kata-kata sendiri. Saya sendiri juga sering mencuri atau mengambil atau mengutip tulisan orang lain. Jadi menurut saya wajarlah kasus itu sering terjadi. Tapi kalo sampai meributkan sebuah tulisan yang sangat umum dan sudah beratus kali reposting, itu saya anggap tidak wajar.

Ada lagi yang saya liat beberapa temen meributkan soal posting lagu di music page. Mereka saling tuduh menjiplak atau mencuri lagu yang sudah diposting di MP dia. Ini menurut saya lebih aneh. Sesama pemulung saja kok ribut. Harusnya pencipta lagu atau produsernya kan yang protes..?

Ga usah lah kita terlalu muluk-muluk dengan membawa-bawa Undang Undang tentang HAKI. Kita mulai saja dengan sebuah langkah kecil belajar jujur minimal terhadap diri sendiri. Kayaknya ga sulit deh kita menambah satu kalimat pendek di bawah blog, disalin dari xxx.com dan lebih bagus kalo dibuatkan link sekalian.. Lebih baik lagi kalau kita hanya mengutip sebagian lalu dikasih ulasan dari pikiran kita sendiri. Dengan itu minimal kita bisa belajar menghargai diri sendiri.

Ok deh.. Kita ngeblog bukan buat cari musuh kok. Berdamai donk... Hilangkan saling tuduh dan selesaikan perebutan itu via PM saja, kecuali memang mau bikin sensasi...

Setuju...?

disalin dari http://kemlithak.multiply.com


1 comments:

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena