02 November 2007

Lokasi Taman Eden Ditemukan

Saya nemu yang rada asyik neh di Beta_UFO.
Simak ya...

Taman Eden diserap dari kata bahasa Ibrani, Gan Eden. Dalam bahasa Indonesia disebut Firdaus yang diserap dari kata Persia, "Pairidaeza" yang arti sebenarnya adalah Taman. Dalam Islam Taman Eden disebut juga Surga `Adnin atau Jannatul `Adnin.

Banyak orang ingin hidup di taman Firdaus (taman Eden), tetapi karena mereka tidak tahu letaknya dimana, jadi mereka menganggap taman Eden itu ada di surga. Kita sekarang sudah mempunyai peralatan yang serba canggih, mulai alat pemetaan dengan komputer s/d satelit, jangankan lokasi peta di dunia, peta di bulan pun telah kita ketahui dan miliki.

Oleh sebab itu kalau kita sekarang tidak bisa menemukan letaknya taman Eden di dunia ini berarti hanya ada dua kemungkinan, taman Eden itu hanya sekedar dongeng orang jaman baheula saja atau taman Eden itu letaknya benar-benar di surga, tetapi apabila letaknya di Surga, kenapa Adam & Hawa bisa keluar dari Taman Firdaus secara begitu saja tanpa menggunakan kendaraan turun dari surga ke bumi ?

Banyak orang telah berusaha untuk mengungkapkan rahasia dimana letaknya taman Eden, mulai dari Calvin sampai para ahli sejarah maupun ahli geologi jaman sekarang. Ada yang menduga letaknya di Mesir, di Mongolia, di Turki, di India, di Irak dsb-nya, tetapi tidak ada yang bisa memastikannya 100%. Bahkan menurut Wikipedia bahasa Inggris, Taman Firdaus itu bisa juga letaknya di daerah Indonesia sekarang yang mereka sebut sebagai Sundaland.

Kalau kita mencari letak lokasi taman Eden maka seharusnya kita mulai dari Alkitab, sebagai titik awalnya sebab dari situ pertama kalinya kita mengetahui keberadaannya taman Eden. Menurut Alkitab letak taman Eden itu dibagian timur, ini dilihat berdasarkan titik pandang si pencerita, karena penulisnya orang Yahudi, maka yang dimaksud otomatis bagian timur dari Israel.

Menurut Alkitab "Ada suatu sungai yang mengalir Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang." (Kej. 2:10) 
Nama ke empat sungai itu ialah Hiddekel, Perath, Pison dan Gihon





Dua sungai pertama telah bisa di identitaskan: Hiddekel = Tigris dan Perath = Efrata, maka dari itulah banyak orang beranggapan bahwa taman Eden berada di daerah Mesopotamia selatan (daerah sekitar Irak sekarang) dimana sungai Tigris dan Efrata mengalir di jaman sekarang ini.

Yang tidak atau belum bisa di identitaskan adalah kedua sungai terakhir Pison dan Gihon. Banyak yang menduga bahwa Gihon berada di Etiopia, karena tercantum dalam Alkitab bahwa sungai Gihon mengelilingi tanah Kusy (Kej. 2:13)

Kusy dalam Alkitab biasanya diartikan sebagai Etiopia. Sedangkan sungai Pison berada di bagian tanah Arab, seperti yang tercantum di Kej 2:11 sungai Pison mengelilingi tanah Hawila = tanah dibagian Arab.

Menurut Alkitab ribuan tahun setelah Adam diusir dari taman Eden terjadi air bah yang menghancurkan dunia ini. Air bah tersebut telah memporak porandakan dan mengubur sebagian besar hutan-hutan maupun taman-taman sebelumnya. Lapisan dari endapan tanah yang bermil-mil tebalnya, menjadi saksi bisu dari terjadinya kerusakan tersebut. Bahkan sebagian besar dari permukaan bumi ini telah tenggelam dan berada dibawah permukaan laut.

Dr. Juris Zarins dari Southwest Missouri State University di Springfield, telah mengadakan penilitian lebih dari 10 th untuk mengungkapkan rahasia dimana letaknya taman Eden. Ia tidak hanya sekedar membaca dan menghafal seluruh ayat-ayat di Alkitab yang ada kaitannya dengan Taman Eden, bahkan ia menyelidiki foto-foto dari satelit, dan berdasarkan hasil penelitiannya ternyata taman Eden itu telah tenggelam dan sekarang berada dibawah permukaan laut di teluk Persia. 

Bagi mereka yang tertarik dan ingin membaca hasil riset nya yang dilakukan secara ilmiah, silahkan baca kutipan dari Smithsonian Magazine lengkap dengan foto-foto dari satelit (LANDSAT), di sini
------------------





Ini agak OOT, tapi perlu disimak para pecinta UFO. 
Apakah Adam itu aliens atau bukan?

Aham bhumim adadam aryaya.
aham vrsthim dasuse martyaya,

aham apo anayam vavasana
mama devaso anu ketam ayam. (Rgveda IV.26.2).


Artinya:
Aku anugerahkan bumi ini kepada orang yang mulia.
Aku turunkan hujan yang bermanfaat bagi semua makhluk.
Aku alirkan terus gemuruhnya air dan
hukum alam yang patut pada kehendak-Ku.


Ada beberapa artikel yang menarik untuk dibaca:
1. Did Extraterrestrials Visit Earth Before the Flood?
2. Was Adam a Alien Half-Breed? by James Donahue
3. ebook FLYING SERPENTS AND DRAGONS by R.A. Boulay
4. Humanity's Extraterrestrial Origins: The Lizzies

Berikut adalah tulisan di majalah INFO-UFO edisi 1 tahun 2001.

Proyek Adam di Lab Eden

Apa Yang Terjadi di Eden 6000 Tahun Lalu?
Sering menjadi pertanyaan, apakah Adam merupakan manusia pertama di bumi ini? Benarkah dia dibuat di Eden? Apakah sebenarnya yang terjadi di sana? Apakah yang ada di kitab kejadian (Genesis), khususnya penciptaan dalam enam hari itu, di mana manusia diciptakan (atau dibikin) pada hari keenam, itu merujuk kepada penciptaan Adam dan Hawa? Bagaimana dengan petunjuk yang ada dalam kitab-kitab lain? Bagaimana pula jika dikaitkan dengan mitologi bangsa Sumeria kuno?

Apakah Adam Manusia Pertama?
Kebanyakan orang mempercayai bahwa Adam adalah nenek moyang dari semua manusia. Dengan demikian, sebelum Adam tidaklah ada manusia sama sekali. Tapi, banyak orang tentunya meragukan hal ini. Apalagi menurut temuan arkeologi, sudah ada peradaban manusia yang jauh lebih tua dari perkiraan masa kehidupan Adam. 

Yang jadi pertanyaan, benarkah kisah yang dikemukakan dalam berbagai manuskrip bahwa Adam itu dibuat dari tanah?

Ada pendapat yang mengkaitkan proses pembuatan Adam ini dengan makhluk luar angkasa. Hal ini dikaitkan dengan adanya fenomena makhluk dari dimensi lain yang dikisahkan bersamaan dengan proses pembuatan Adam. Dan ada anggapan bahwa yang dimaksud "dari tanah" itu bukan berarti bahan materi dari Adam adalah tanah, melainkan diciptakan dari sisa-sisa yang ada di dalam tanah.

Proses penciptaan Adam dari sisa-sisa makhluk hidup yang ada sebelumnya, mungkin bisa ditunjang dengan adanya pandangan bahwa dalam proses menciptakan langit dan bumi, sang pencipta berkuasa menciptakan kembali jasad-jasad mereka yang sudah hancur itu.

Ada kepercayaan bahwa penciptaan bumi dan langit ini terjadi berulang-ulang, sehingga ada proses penciptaan pertama dan penciptaan yang berikutnya. Hal itu dikatakan supaya manusia yang hidup saat ini bisa mengambil pelajaran dari pengalaman "manusia" terdahulu.

Dari studi yang ada, umumnya sampai pada kesimpulan bahwa Adam hidup sekitar 6000 tahun yang lalu. Kalau memang Adam dianggap hidup 6000 tahun yang lalu, maka mestinya ada catatan kuno tentang hal itu. Hanya saja, kalaupun ada catatan kuno, apakah catatan kuno itu bisa dipakai sebagai bukti atau cuma sekedar mitos dan legenda saja?

Adam, kalau memang pernah ada, harusnya hidup di daerah sekitar Mesopotamia atau sekarang ini daerah Irak, Iran atau sekitarnya. 

Ada yang bilang, Adam sebenarnya muncul (turun) di India. Kalau memang di India, harusnya ada keterangan tentang hal itu. Di India ada kisah tentang Manu dengan bencana air bah, di mana kata "Manu" ini sama dengan "Nuh" dan juga kemudian dipakai menjadi istilah "Manusia". 

Dari kitab Veda, tepatnya RgVeda IV.26.21-22 isinya: "Aku menganugerahkan bumi ini kepada Adadam Aryaya (orang yang mulia). Aku turunkan hujan yang bermanfaat bagimakhluk, Aku alirkan terus gemuruhnya air dan hukum alam tunduk kepada perintah-Ku." 

Apakah di sini merujuk kepada "ADAM" ? 
Namun ada yang menafsirkan "Adadam Aryaya" sebagai "bangsa manusia ras Aryan." "Aham bhUmim adadAm AryAyAhaM" diterjemahkan sebagai "I have bestowed the earth upon the Arya.

Apakah Adam itu adalah pemimpin pertama bangsa Aryan
Aryan ini adalah bangsa Indo-Eropa atau Persia yang sekarang ini bernama Iran. Apakah ini ada hubungannya dengan mitos serangan bangsa Aryan ke India? Dan apa yang tertulis dalam kitab Kejadian 5:1 mungkin bisa menjadi bahan pemikiran. Apakah orang-orang yang ada dalam daftar silsilah Adam itu memang benar pernah hidup dulu.... atau cuma dongeng?

Apakah Eden Lab Genetika?
Kalau kita membahas soal asal usul cerita Adam ini secara serius, rasanya kurang lengkap kalau kita cuma berhenti pada sumber literatur dari kitab suci yang ada saat ini saja. Kita mesti menelusuri, dari mana asal usul cerita ini semula.

Kisah penciptaan Adam ini terjadi di "Taman Eden". Hal ini dikuatkan dengan cerita atau mitologi bangsa Sumeria kuno. Di sana ada banyak tokoh, seperti Enki, Enlil, Nin-Ti, Enkidu, dan lain-lain. 

Tahukah Anda, bahwa ada yang menarik dari istilah kata Eden (Edin) itu sendiri. Dalam bahasa Sumeria kuno, kata "E" berarti "Rumah" dan "Din" berarti "Pembuatan". Jadi Edin atau Eden itu adalah sebuah rumah tempat mencipta, yang mana kalau di jaman sekarang ini disebut sebagai LABORATORIUM.

Jadi, Eden merupakan suatu tempat di mana "mereka" yang disebut dengan Elohim (yang artinya "mereka yang datang dari langit") itu melakukan berbagai percobaan atau proses pembuatan. 

Kalau di jaman sekarang, istilah yang tepat adalah kloning. Sebagaimana bisa kita baca dalam kitab-kitab suci maupun mitologi-mitologi yang ada, maka kita bisa mengetahui bahwa "mereka" mencari jejak-jejak kehidupan yang terkubur di dalam tanah dan menemukan jasad-jasad yang kemudian mereka ambil intisarinya (DNA) lalu dibentuk menjadi manusia. 

Demikian juga binatang-binatang yang lain. Itu sebabnya, pada kitab Kejadian 2:19 disebutkan bahwa Tuhan (Yehovah Elohim) membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Makhluk-makhluk ini, dibuat dari tanah, yang tentunya bisa ditafsirkan dua macam, pertama: binatang-binatang itu diciptakan dari tanah, dibentuk dan kemudian menjadi hidup, atau kedua: dari tanah diketemukan sisa-sisa (jasad) binatang yang ada dan kemudian melakukan kloning sehingga dengan segera terbentuklah berbagai binatang.

Seperti kalau sekarang ini manusia mengkloning domba yang diberi nama Dolly itu. Tentunya akan menjadi pertanyaan yang abadi, mengapa sang pencipta harus menciptakan manusia dan binatang itu dari tanah? Mengapa tidak begitu saja "dari tidak ada" menjadi "ada"? Jika memang dalam membuat Adam digunakan proses kloning, apakah sama dengan proses yang ada saat ini?

Hal ini kita bisa bandingkan dengan proses pembuatan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian saripati itu diolah menjadi air mani yang disimpan dalam tempat yang kokoh atau rahim. Kemudian air mani itu dijadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu dijadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu dijadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu dibungkus dengan daging. Kemudian akhirnya terbentuklah sebagai makhluk yang berbentuk lain.

Hal itu bila dibandingkan dengan prosedur kloning yang ada sekarang ini, maka prosesnya adalah mirip. Dan yang menjadi pertanyaan: Jika manusia pertama itu dibikin dari suatu saripati (yang berasal) dari tanah, lalu diolah menjadi cairan (lendir) atau semacam gel, dan kemudian ditempatkan dalam tempat yang kokoh (diartikan sebagai rahim), maka rahim siapakah yang dipakai? 

Apakah ribuan tahun yang lalu, ada sekelompok ilmuwan yang bekerja di laboratorium Eden, mengerjakan semacam Proyek Adam, mencari sisa-sisa jasad renik untuk diperoleh susunan DNA dari tanah dan kemudian menciptakan manusia. Manusia ini, menurut mitos yang ada, dibuat untuk bekerja kepada mereka sebagai budak dalam rangka menambang emas.

Lalu, apakah macam-macam mahluk mitos juga berasal dari lab Eden? 
Bisa jadi memang begitu. Meski kepastian bahwa makhluk-makhluk itu diciptakan di Eden memang tidak jelas. Namun kalau dalam kitab Kejadian ada ditulis: "Lalu TUHAN Allah memben-tuk dari tanah segala binatang hutan (beast of the field) dan segala burung di udara (bird of the heavens)." 
Dan hal itu dibuat di Eden.

Menurut mitologi bangsa Sumeria, Anunnaki (atau mereka yang bertanggung jawab dalam proyek Adam ini), berasal dari planet Nibiru, yang masih satu tata surya dengan kita. Sampai saat ini, planet tersebut tidak diketahui lokasinya. Namun berdasarkan perhi-tungan, diduga kuat memang ada.

Lalu, bagaimana dengan sisa-sisa fosil dinosaurus yang hidup ratusan juta tahun yang lalu? Apakah "mereka" itu tidak tertarik untuk menghidupkan mereka juga? Padahal, saat inipun, manusia yang telah menguasai teknologi kloning pasti akan tertarik untuk "menghidupkan kembali" dinosaurus dari sisa-sisa DNA yang tersisa. Apakah menurut mereka dinosaurus yang besar-besar itu tidak baik untuk keadaan bumi di saat itu?

Mitologi Sumeria kuno mencerita-kan adanya makhluk-makhluk aneh. Misalnya, makhluk bersayap, berbadan lembu dan berkepala manusia. Makhluk ini adalah makhluk mitos, ada yang menyebut sphinx atau kerub. Ada juga burung berkepala manusia atau sebaliknya, manusia berkepala gajah atau burung. Apakah di Taman Eden, dilakukan berbagai rekayasa genetika, termasuk memproduksi makhluk yang aneh-aneh? (nas)

Bagaimana menurut Anda?

75 comments:

  1. Pada hakekatnya sebagai pengikut Yesus, kita tidak perlu mempersoalkan hal semua diatas, yang terpenting bagi kita adalah percaya Injil walaupun kita tidak menyaksikan, dan taat taat dan taat atas semua kehendakNya. Udah selesai gak usah pusing cari Eden, selidiki Adam, Alien lah dibawa bawa, Alien tuh IBLIS penguasa langit!. gak usah pusing kita ditempatkan di Tanah terkutuk karena dosa. Jadi baik baiklah menjalankan kehidupan, gak usah pengen tau sesuatu yang diluar kemampuan otak kita yg cuma sebesar kepalan tangan! Percaya saja!!!!!! itu yang Tuhan mau gak usah sok sokan, hidup cuma sebentar, perbaiki aja lingkungan dan sosial kita gak usah pengen tau atau bantu Tuhan cari tau>>>>>>>>>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met pagi mas anonim....
      Sy hny komen dikit aj..
      Gpp kita tau dunia luar atuh... krn kl kita ga tau GAPTEK donk... Lagian kan Allah menjadikan langit n bumi dfn segala isinya spy manusia mengelolahnya , artinya apapun yg Allah telah buat atw ciptakan utk kita nikmati...
      Mknya Allah memberikan kpd tiap2 manusia pengetahuan...
      Kan buah yg di makan sm adam n hawa adalah buah dr pohon pengetahuan yg baik n jahat bkn buah dr pohon kehidupan...

      Hapus
  2. Pembohong kali alkitab kalian itu...........!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alquran 75% mengutip dr alkitap, cuman yg penting2 aja, yg mendukung omonganya Muhamat, jd klo alkitap pembohong apalagi Quran kt bangsa yg Dibohongi dong...... Huaaaaaaa.... Bodohnya kita... Asu....

      Hapus
    2. Tanggapan bagi yang komen ..
      "alquran 75% mengutip dr alkitap, cuman yg penting2 aja, yg mendukung omonganya Muhamat, jd klo alkitap pembohong apalagi Quran kt bangsa yg Dibohongi dong...... Huaaaaaaa.... Bodohnya kita... Asu...."

      Yang dibohongi itu bukan yang punya AlQur'an.. dan Al-Qur'an memang BENAR sgai pelengkap kitab2 Tuhan u/ umat2 terdahulu (Yahudi umat Musa/Moses, dan Injil umat Yesus) tapi....dan berkali2 T.A.P.I!!!!!!
      kalo anda merasa baik secara keyakinan atau ajaran pendidikan kitab anda adalah ASLI 100% Injil yg MURNI u/ Yesus AlaihisSalaam.. itu anda yg di-BODOHI dan ter-GOBLOKi.. Kaji ulang sejarah agama anda. kalo perlu..DAN WAJIB untuk segala pencarian PEMBENARAN. silakan di niati u/ benar2 MENCARI! jangan karena karena anda hanya sudah lahir,berkumpul,dan subjektif dlm berargument sesuai yg sudah anda miliki, sudahlah.....sangat lucu dan prihatin membaca sikap2 anti Islam baik yg sembunyi2 atau yg terang2an. apalah model nya.. IndonesianFaithFreedom lah... atau lai2n apalah....kok dalam akhirnya banyak hujatan2 bahkan makian,... yg aslinya kalo Anda BENAR..gak usah lah sembunyi2 karena alasan keselamatan jiwa,minoritas,atau apalah...kalo memang benar MARILAH kita wujudkan itu!! Mau Armagedon kek, Holocaust kek,.. nanti TUHAN YANG MAHA ESA yg menentukan siapa yg BENAR.... sya yakin ... (kembali ke sang komen) anda itu yg ASU! salah satu dri orang2 yg diBODOHi dan jelas BENAR sesuai KEBENARAN anda sendiri tapi........ SALAH !!! sesuai fakta, history, ... agama penuh konspirasi kok bisa2 mampu bilang orang lain bohong,,,anda bangga sama siapa SU?????

      Hapus
    3. bukan 75% tetapi 100% !

      Hapus
    4. 100% hah
      1.AL-Qur'an tidak mengakui yesus sg tuhan
      bahkan yg meyakini yesus tuhan adalah orang kafir
      tempatnya di neraka
      2.tidak ada penyaliban yesus dlm Al-Qur'an
      3.Maryam/Maria, tidak punya suami yg bernama Yusuf si tukang kayu
      4.tidak ada keyakinan bhw yahudi adalha bangsa pilihan tuhan
      5.surga Adn (Eden) bukan terletak di bumi
      dlsbg

      bagaimana mungkin Al-Qur'an adalah kutipan

      justru sebaliknya
      orang2 yahudi memvonis kitab suci orang2 kristen itulah copy paste dr kitab yahudi
      bahkan dr kitab2-nya orang2 romawi dan yunani yg pagan

      Hapus
    5. cuki le nn
      nn tu orang kafir

      Hapus
    6. Al-quran aja mengakui kalo nabi Isa akan kembali datang ke bumi, seperti yang tertuang dalam Alkitab di INJIL.
      Kasihan kalian. Muhammad aja gak becus urus rumah tangga.

      Hapus
    7. Sabar saudara2 sekalian..... Kita semua bangsa di seluruh dunia bila ditanya "Makanan apakah yang paling enak??" maka saya yakin tidak ada satupun manusia yang mampu menjawabnya, Mengapa? karena pasti semua punya versi masing2 tentang makanan yang enak, benar? Demikian setiap agama di bumi, bila ada yang menanyakan agama apakah yang paling benar? maka tak satupun mampu menjawab dengan tepat karena akan muncul perdebatan bahkan tantangan2 dan hinaan. Oleh sebab dari ini semua maka marilah kita semua mendukung setiap jawaban dari setiap agama manapun. Berikanlah penjelasan yang sifatnya membantu atau saran yang baik,jangan ada saling menyalahkan maupun saling menghina, karena bagaimanapun tingkat tafsiran dan ke imanan setiap individu pasti berbeda2 dan yang melahirkan sebuah gagasan atau pemikiran yang baru. Salam Damai.

      Hapus
  3. ada lanjutannya?
    analisa yg keren, aku juga bertanya-tanya gt...

    berkaitan ga om? apakah surga itu terletak di galaksi lain?
    kalau surga di galaksi lain, mungkin bgt kan malaikat itu alien
    *nah lhoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau engkau mengetahui siapa AKU, maka AKU bukan AKU lagi, karena engkau tidak mengetahui siapa AKU maka AKU adalah AKU. lakukanlah segala yang baik selama engkau masih bisa bernafas. Abraham (Ibrahim) adalah bapak orang percaya, punya keturunan Ishak dan Ismail yang membawa dua alur agama, islam dari sejarah Ismail dan kristen dari sejarah Ishak. Berbuat baik...berbuat baik, cari persamaannya jangan memperdalam jurang pemisah. jalin persaudaraan. saling mengisi.

      Hapus
  4. klu saya menanggapinnya bisa aj, saya pecaya pencipta langit dan bumi adlh ALLAH Tuhan ku, dan aku percya Yesus adlah ank ALLAH jadi ap pun yg dicari tau oleh dunia, darah ku ud ad pada Kepercayaanku..
    @adtyajaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau engkau pengikut kristus, lakukan cara hidup Yesus sampai disalibkan. dicobain iblis utk menjadikan batu jadi roti tapi Yesus tidak melawan utk berdebat. sayangi musuhmu dgn kata lain jadikan musuh jadi teman. pikul salib.Tuhan Yesus memberkati

      Hapus
  5. hahaha....topik agama selalu jadi sumber perdebatan...itu yg anonim2...parah banget

    BalasHapus
  6. Kita serahkan saja dengan Sang Pencipta Kita manusia hanya Punya pikiran semata Tapi Kalau Sang Pencipta Ingin mengambilnya KIta tak bisa Berdaya

    BalasHapus
  7. kita serahkan sama yang di atas saja Karna Sang Pncipta Itu maha melihat dan maha Penguasa...
    So Jangan Remekan Kitab² yang di turunkan ALLAH kedunia karna Dia lah satu² tempat d mana kita harus memohon :D

    BalasHapus
  8. tidak terjangkau logika manisia sasude na on.

    BalasHapus
  9. hahahahahaha...... semua bawa2 hak keturunan..... tidak mau jajal kebenaran dalam pengalaman hidup......

    taman yang ada di eden itu ada di bumi....
    adam itu jelas manusia.... alien itu tidak ada.....

    SANG PENCIPTA Khalik Langit Dan Bumi jelas-jelas ADA.... Mengapa....?
    karena yang Hanya ada mahkluk hidup itu dibumi saja... planet2 atau jagat raya yang lain tidak punya kejelasan adanya mahkluk hidup.....
    ..... Yuhuuuuuuuuuuuuuuuuuuu cinta adalah karya seni berharga yang aslinya turun Dari SANG PENCIPTA Khalik Langit Dan Bumi yang jelas-jelas nampak pada semua ciptaanNYA....

    BalasHapus
    Balasan
    1. damailah..........................kita bakal tau nanti kalau kita dah mati..................

      Hapus
  10. Pak admin piye iki? kok dadi koyo ngene?

    BalasHapus
  11. Sebaiknya cari tahu dan fahami lagi dg sebaik-baiknya Siapakah itu Adam (yg gak punya Bapak dan Ibu), Yesus (yg gak punya Bapak dan punya Ibu)... Semoga Anda mendapat pencerahan... thank's..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa org islam berdoa tunjukanlah kami jalan yg lurus...sedangkan kalo org kristendi alkitab tertulis YESUS lah jalan kebenaran dan hidup tidak ada yg datang kepada bapa kalo tidak melalui AKU.
      Dan kenapa di ujung jembatan shirrotholl mustaqimm yg jaga nabi isa?? Bukan muhamad?? Dan coba anda kelilingi kabah coba lihat ke atas akan ada jawaban untuk anda.. ada salib terang

      Hapus
  12. saling sabar dan jangan saling menghujat,.. kembali pada keyakinan masing-masing, kemenangan yang besar ketika kita mampu mengendalikan amarah kita sendiri / hawa nafsu,.. untuk koemnt jurnal ini, semakin jauh kita menelaah yang goib / tak kasat mata, semakin anda keluar dr logika dan tak akan mungkin dicerna pikiran karena pengetahuan tentang goib hanya allah yang tau, dan ilmu kita hanya seperti setetes air di ujung jari, yang berada di tepi samudera yang luas.

    BalasHapus
  13. menurut ingsun banyak hal dalam KITAB ALLAH yang butuh ilmu tata bahasa tertentu untuk menafsirkan,krn ada yang tersurat dan tersirat.kalau menggunakan al kitab dan manuskrip kuno itu buatan orang.dan al kitab versi atau karangan siapa anda jadikan landasan.krn disaat alkitab versi orang arya(jerman) tdk mungkin ada di israel dan begitu sebaliknya.ibarat pepatah "surga ada di telapak kaki ibu" apakah statement itu kita artikan secara harfiah saja?teori evolusi,teori terjadinya alam semesta dan bumi,seiring wktu berkembang sesuai dengan perkembangan otak dan teknologi dan yang lebih penting sesuai dengan pesanan/sponsor yang ngasih biaya dan juga aqidah masing2 sponsor.so,kalau udah bicara tentang hal yang berhubungan dengan kuasa ALLAH SWT mendingan yakini bahwa semua yang terjadi dan akan terjadi menjadi hak mutlak NYA.

    BalasHapus
  14. baru bca yang ini.. :D
    tumben serius..
    kalo dipikir awal manusia ciptaan manusia gak bisa.
    tergantung keyakinan masing-masing aja deh... may ALLAH bless your soul.

    untuk nibiru itu gak ada.. itu cuma khayalan aja banyak sumber yang mengatakan demikian.

    BalasHapus
  15. saya tahu kalau ada 4 kitab suci yang diturunkan kepada nabi2 ALLAH yaitu:Zabur,Turat,Injil,Al qur'an.
    tapi hanya Al qur'an lah yang dijamin keasliannya oleh ALLAH,beda dengan(maaf)kitab injil yang isinya sudah tidak asli lagi seperti yg diterima oleh Nabi Isa(jesus),soalnya isinya banyak yg dirubah gini gitu,sih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Km tau sejarah al quran dibuat??????? Jaman dulu aja yang katanya sahabat nabi loe itu aja nyalin omongan nyasi muhamad doang!!!!!!! Lalu apa buktinya si muhamad ga nambah ato ngurangin or malah cuma bualan si muhamad aja. Kalo loe brani ngomongin kitab loe paling bener apa faktanya nyet otak dipake jangan dengkul sama otot aja yg nyolot!!!!

      Hapus
    2. Tau emg... kayak islam paling baik aja dimata gw kalian tuh paling buruk. Bukan agamanya tapi orangnya . Kalian tuh rasis ,suka bangga bangga lagi.. jijik bgt

      Hapus
    3. islam aja yang paling baik,.....................yang lain wahh kurang tau saya............islam is the best

      Hapus
    4. Ini orang goblok, yakin lu quran ga dikurang2in n ditambah2in?
      Jelas2 ampe ga sepaham antara sunni dan syiah gegara dikurang2in.
      Dan islam itu jago nya tafsir.
      Agama kok isi nya tafsir-tafsir. Tafsir tuh jurus cocoklogi

      Hapus
    5. injil itu memang ada, isi nya pun benar. tapi itu zaman dahulu. banyak manusia jahil yang merubah isi nya. contoh nya makanan babi, dalam kitab asli injil, babi itu haram dan saya rasa pun kalian tau klo babi itu haram. lalu kenapa di injil sekarang di perbolehkan? itu contoh kecil, mungkin masih banyak contoh yang lain nya. klo al-qur'ran itu memang asli. zaman dahulu nabi muhhamad SAW diberikan wahyu berupa perkataan allah SWT. dan muhammad menulisnya di dedaunan dan di kulit hewan. dari persepsi saya diatas sudah tau kan? injil memang ada tapi sudah di rubah dan al-qur'an dari dulu sampai dunia ini kiamat gkkan pernah berubah. dan satu lagi yang disalib bukan isa as melainkan orang yang diserupakan allah SWT wajah nya. trims

      Hapus
  16. Sudahlah.... Teknologi dan agama itu persoalan Langit dan bumi,,, mau percaya ato gak itu urusan kamu2 nya.... yang jelas di sini Setiap Agama mengajarkan PERDAMAIAN atau KASIH untuk semua orang... jadi, janganlah lagi melihat latar belakang masung2 Agama, melainkan lihatlah tujuan dan ajaran yg terkandung du dalamnya. Betul Hukum Alam, siapa yg terkuat dia yg berkuasa/menang, namun manusia bukan hewan, manusia punya akal, hati nurani. Mari saling berdampingan dalam hidup. Ciptakan harmonisasi dunia, dimulai dari hati masung2, lingkungan dst. Amin

    BalasHapus
  17. Hahaha...klo mau diskusi ilmiah sebaiknya semua kitab suci (Hindu, Kristen, Islam, Budha, Yahudi dll) dijadikan sbg referensi dan perbedaan keyakinan hrs dikesampingkan. Tdk perlu bersikukuh bhw kitab sucinya paling lengkap, paling benar, paling baik dsb. Jadikan diskusi ini sbg pencerahan bukan malah saling meng-olok2. Saya yakin bhw sampai kapanpun keyakinan itu bersifat pribadi n tidak pernah akan menyatu, makanya keyakinan itu itu tdk perlu dipertentangkan krn endingnya adalah permusuhan. Jika kalian bs bersikap spt itu, Insya-Allah diskusi semakin asyik n menarik.

    BalasHapus
  18. wis...dalam Al Quran tertulis bahwa Bulan itu pernah terbelah menjadi 2 dan hal itu telah dibuktikan oleh nasa..so padahal Al Quran ada sebelum teropong bintang dan columbia ketemu...masihkah berdebat tentang kebenaran..memang Zabur, Taurat, Injil itu ada tapi Al Quran yang benar bukan paling benar karena kalo paling benar masih ada yang benar yang lain. sampun jelas saudara mari kita kupas secara Ilmiah dan dengan Ilmu bukan dengan emosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link berita nya apa yg bilang bulan pernah kebelah 2??????? Loe jg mikir logika dong. Kl kebelah 2 nape tuh bulan punya bentuk sempurna tuuu bulatnya?? Trus belahan yg lain kemana brur.....iman juga perlu logika karena itu dikasih otak sama Tuhan biar bisa mikir.......

      Hapus
    2. sudah jelas islam is the best saya sarankan kamu pelajari bener-bener Qur'an..............ins Allah dapat ilmu dan hidayah

      Hapus
  19. Goblog, ngomong soal penciptaan, bulan terbelah jadi dua..... padahal, taunya cuma bikin anak sama bikin rusuh aja....


    BalasHapus
  20. Apa lo gak mkir punya tuhan kok pake kolor trus disalip.apa gak kasihan? Dibuat gantungan kalung lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau makan babi ga .... cobain yuk. Tau ga kenapa islam ga boleh makan babi? Jadi pas muhhamad nyobain katanya ga enak .. trs sama pengawalnya diturunin deh ke mns abis itu diperkasar dari ga enak jadi ga boleh makan babi wkwkwkwk

      Hapus
    2. BEGO!!! Babi itu binatang paling buruk diantara binatang2 lain,udah jorok,penyakitan,males2an,hidup lg. Kayak loe mgkin.B-)

      Hapus
  21. Klo Tuhan itu alien yang di sembah sbg dewa jaman dulu knapa Dia melarang israel menyembah amon ra waktu di mesir,menyembah lewiatan dan baal waktu jaman salomo,melarang menyembah dewa2 orang babel(annunaki) dan raja yang merupakan anak dewa,melarang menyembah zeus dewa orang yunani ??!!!!....masa jika Tuhan adalah alien yang di sebut dengan pengucapan berbeda oleh tiap suku bangsa dan jaman,ia melarang manusia untuk menyembah amon ra,dewa dan raja babel,zeus,jupiter,lewiatan,isis dan lainnya...?!.....
    Orang israel berdosa jika membuka atap rumah mereka dan sujud menyembah bala tentara langit....
    Yesus melihat iblis jatuh dari langit seperti kilat jatuh ke bumi....
    Paulus berkata berhati2lah karna umat Tuhan tidak berperang melawan darah dan daging melainkan penguasa2,pemerintah2,doktrin2 dan paham2,dan juga para penghulu jahat di udara(bala tentara langit/siapa lagi kalau bukan alien)....

    Jangan heran kalau alien jauh lebih cerdas dari manusia karna pengetahuan mereka merupakan pengetahuan sorga yaitu pengetahuan tentang rahasia langit atau alam atas,alam bawah,dunia nyata,dunia roh,sains,dan supranatulal.....semua itu mereka miliki karna merekalah bintang2 yang ikut terusir dari sorga ketika kejatuhan lucifer dan membaktikan diri untuk lucifer untuk menyesatkan manusia dengan cara sains dan mistik,teknologi dan gaib....

    Kuatkan iman kita saudara2.....kembalilah pada kebenaran Alkitab....!!!!!!

    BalasHapus
  22. pada bodoh semua......soal agama itu serahkan saja ke hati nurani masing2.....agamamu ya agamamu...agamaku ya agamaku....jangan ikut campur. Memang ada alkitab yang mengatakan bahwa urusan agama itu nafsi2/terserah indifidu masing2.....yang ada ayat yang mengatakan itu hanya alqur'an....jadi yang islam gak usah marah ke kristen yang kristen dan yahudi pasti akan berusaha mempengaruhi yang islam...karena itu sudah di nas dalam alqur'an.....ORANG NASRANI DAN YAHUDI TIDAK AKAN PERNAH BERHENTI MEMBENCI DAN MEMUSUHI UMTT ISLAM SAMPAI UMAT ISLAM MENGIKUTI KEMAUANNYA MEREKA.

    BalasHapus
  23. Heran, hari gini masih meributkan masalah agama.Sementara negara kita sedang dalam ambang kehancuran.Yang saya sangat yakin bahwa Tuhan yang kita junjung adalah Tuhan yang sama dengan berbagai sebutan sesuai agama masing2.Agama itu bagaikan jalan yang menuju satu tempat yaitu untuk kembali padaNya. Tuhan bagai Pelukis Yang Maha Hebat, Beliau tahu jika sebuah kanvas hanya berwarna satu tidak terlihat indah sama sekali. Maka Tuhan menciptakan segalanya dengan variasi dan warna yang berbeda. Harusnya kita bersyukur karena Tuhan membuatnya demikian sehingga hidup manusia penuh dinamika. Sekarang mari kita renungkan bersama, jika kita saling menjelekkan satu sama lainnya, bukankah kita tidak menghargai keberadaan Tuhan. Semua agama hakikatnya sama baiknya karena asalnya dari satu yaitu Tuhan Yang Maha Esa, hanya jalannya yg berbeda tetapi tetap satu tujuan.Bagaikan permainan pesan berantai, semakin kebelakang pesan yag dihantar semakin keliru dari yang disampaikan pertama kalinya dari Tuhan ke Nabi2 setiap agama hingga sampai ke kita yg penuh keliru.Kesimpulannya, semua agama baik, manusianyalah yang membuatnya jadi tidak baik. Tak heran disetiap agama ada yang namanya Kiamat. Dalam agama Kristen, Islam bahkan dlm Hindu disebut sebagai zaman Kaliyuga….jika kita semua tetap tidak berubah niscaya Kiamat itulah jalan terakhir dan terbaik untuk membersihkan dunia ini kembali putih bersih suci dan Tuhan akan kembali menorehkan warna diatas dunia …. Tentunya dengan lebih indah

    BalasHapus
  24. ane kutip tulisan yg ini gan kayaknya lebih menarik di perdebatkan ma ente :D "Jika manusia pertama itu dibikin dari suatu saripati (yang berasal) dari tanah, lalu diolah menjadi cairan (lendir) atau semacam gel, dan kemudian ditempatkan dalam tempat yang kokoh (diartikan sebagai rahim), maka rahim siapakah yang dipakai?

    Apakah ribuan tahun yang lalu, ada sekelompok ilmuwan yang bekerja di laboratorium Eden, mengerjakan semacam Proyek Adam, mencari sisa-sisa jasad renik untuk diperoleh susunan DNA dari tanah dan kemudian menciptakan manusia. Manusia ini, menurut mitos yang ada, dibuat untuk bekerja kepada mereka sebagai budak dalam rangka menambang emas."

    wow asumsi yng sangat menarik dari tingkat khayalan anda pasti anda adalah seorang maniak film zombie or alien ente kira ini movie resident evil -_- yg ada perusahaan umbrella mengadakan penelitian genetik di tiap pusat2 kantornya... jngan teralu berkhayal gan bisa sakit ente.. :D pertama ane mau tanya apakah ente dah pahami benar seluruh alkitab yg menyanggkut ini? ato jngan2 cuman copas aja? ato paling baca yg penting2 aja? hehehe emang alkitab mana yg sebut adam terlahir dari rahim seseorang? ada? ko bisa ada asumsi seperti itu? menurut ane tulisan ente menarik cuman ngak kenna ma judulnya ente bercerita malah kebanyakan asal usul mahkluk nya bukan pada taman eden..!!

    BalasHapus
  25. kalo masalah agama sih mending berusaha menjadi yang terbaik aja, masalah benar atau tidak itu bukan urusan dunia, lagian kebenaran juga udah ada yang ngurus kok terjamin lagi.

    salam persatuan aja...

    BalasHapus
  26. Cara Mas jelasin jadi inget dosen Etika di kampus dulu.... Bener2 paham ajaran agama yang bukan agamanya... Salut.

    BalasHapus
  27. Aku berpegang teguh pada Al Qur'an,smua yang dciptakan disemesta alam ini sudah dijelaskan dalam Al Quran dan itu jelas. Astaghfirullah aladzim

    BalasHapus
  28. adminnya mana nih?? ga nongol2....

    BalasHapus
  29. Manusia pertama diciptakan dari tanah;Sudah PASTI!!!!!

    BalasHapus
  30. pertanyaanya;apakah taman eden itu sama dengan surga kristen yg bsk dituju umat kristen setelah kematian????monggo pencerahanya,,,kalo beda,apa nama surga kristen???

    BalasHapus
  31. Malaikat berasal dari kata yahudi "malakh" yang artinya "pembantu". nah jika dimasa depan telah ditemukan mesin sama kecepatan cahaya, dan kita bisa berkelana dan menemukan planet baru yang memungkinkan untuk BENTUK KEHIDUPAN....lalu anda dengan teknologi yg dimiliki ingin menjadikan adanya makhluk hidup disitu, dan anda mengkloningkannya......MAKA SEJAK ITU, SECARA TIDAK LANGSUNG....DARI KACAMATA......arti kata MALAKH tersebut, anda adalah telah dapat dipandang sebagi entitas MALAKH= pembantu...TENTU SAJA adalah entitas yang membantu menyebarkan dengan menjadikan (karena diklon dari makhluk lain) bentuk kehidupan diplanet baru tersebut, maka anda yang seorang manusia bumi TELAHPUN MENJADI MALAIKAT (MALAKH) ALIAS PEMBANTU.......apakah hal seperti itu.......mustahil terjadi pada planet bumi dahulu, bahwa yang dimaksudkan dengan malaikat tersebut adalah PARA ALIEN yang datang ke bumi di jaman kuno?....ALIEN-ALIEN YANG BAIK tentu ADALAH PEMBANTU (malakh) KEBAIKAN (Tuhan), sementara yang sebaliknya yang bersifat merusak / jahat oleh para alien baik tadi dianggap sebagai MUSUH MEREKA, nah....MUSUH DALAM BAHASA YAHUDI ADALAH SATAN (setan)......JADI para setan tersebut bisa jadi adalah Alien jahat yang menjadi rival para alien baik.....selanjutnya karena sebagian besar teknologi terbarukan dikuasai oleh para alien penguasa yang baik, terjadi penerapan hukum yang super ketat sehingga para alien jahat / musuh alien baik / SATAN, itu tadi mengalami kejatuhan / keterpurukan....sehingga mereka disebut dengan istilah MUSUH YANG JATUH / TERBUANG DARI KAWANANNYA (PARA ALIEN SECARA KESELURUHAN) ATAU DALAM ISTILAH YAHUDINYA MUSUH YANG JATUH TERSEBUT DISEBUT " IBLIS".

    BalasHapus
  32. yah percayalah walau tak melihat. percaya itu berarti melakukan. kalau belum bisa melakukan sesui petunjuk tuhannya berarti belum percaya. Tuhan pasti lagi sedih lihat umat yang katanya percaya kepadanya tapi tidak memiliki kasih sama seperti Tuhannya. so.....What gitu lohhhhhhhhhhhh.

    BalasHapus
  33. ini orang? pada ngomong apaan sih
    sama begonya
    urus agama masing2 dah

    ckckckck''

    selamaya sampe lu mampus juga bakal sama ntar lu bakal tau kalo udah dekat ajal


    bego banget sii nih orang punya otak gak make , punya hati dak ngerasa, punya organ cuman buat kelahi, punya mulut untuk berdebat


    hoiii sadar dari pada lu pada ribut mending lu bantu sodara2 yg kena bencana aja
    kalo agama lu baik , kalo lu baik , mending lu perhatiin seodara2 lu yg kena bencana
    dari pada ribut gak jelas gini

    hellooooowww ckckckck

    sekolah itu untuk pintar bukan untuk hal bodoh seperti ini

    jangan banyak teori buktiin ajaran agama lu

    kalo sedekah , memberi bantuan aja lu ogah mending bunuh diri aja lo gak usah banyak bacot ngomongin agama

    BalasHapus
  34. tuhan memang satu, kita yang tak sama :) berhenti berdebat

    BalasHapus
  35. ada yang salah manusia bukan diciptakan ditaman eden.,.. tapi manusia ditempatkan ditaman eden

    BalasHapus
  36. agama itu di imani bukan diperdebatkan, bagaimana kalian mau jadi sosok manusia yang sempurna dari segala ciptaan Tuhan kalo yang dibahas cuma bikin panas dan ngeluarin kata2 yang ga layak untuk sesama manusia. jangan merasa benar dan jangan merasa hebat. kalo emang hebat lo bisa jawab ga pertanyaan gue, dimana bisa gue liat sorga dan taman eden itu???????

    BalasHapus
  37. semua komentarmu aku satukan dalam nama TUHAN dan kalian semua akan lihat pada hari ketujuh,kalian jgn menyesal bila terjadi pada diri kalian,sebab TUHAN akan datang kutuk kalian semuan yg telah menghinah DIRINX,semoga TUHAN menggabuli doaku.Amin

    BalasHapus
  38. knp kalo bahas agma jadi perdebatan?? urus agama masing2 dolo... (belum tentu bener), tp sok menggurui.. :-D

    BalasHapus
  39. Oeee,,,,helooo helooo,,,agama apapun,islam,kristen,katholik,hindu,budha,kepercayaan, bukannya tidak mengajarkan untuk saling membenci,menjelek2kan,mengolok2,menghina org lain,trs sodara2 yg pada menghina,mengolok2,mengeluarkan kata2 kotor ini beragama apa ya?sudahlah teman2,smua org berhak memilih agama,agama ga ada yg jelek,smua menuju satu yaitu Tuhan.kl ada yg jahat,jelek,pembunuh,penipu itu hanya manusianya yg bobrok.lbh baik berdamai,berbagi bumi,menghargai org lain,bknkah itu nilai yg positif.

    BalasHapus
  40. Taman Eden itu di letaknya di bumi, Baik Alkitab maupun Alquran memberi kesaksian yg sama
    Sejak semula Nabi Adam dan Hawa (manusia) telah diciptakan Tuhan untuk tinggal di bumi, bukan untuk tinggal di surga, sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah 30 yang berbunyi:
    “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”
    Dalam ayat di atas ungkapan “Fil Ardhy” yang artinya dalam bahasa Indonesia ialah “di muka bumi”.

    BalasHapus
  41. MANA YANG BENAR & MANA YANG SALAH YAH ? :D.
    WAHAI UMAT2 BERAGAMA UNTUK MEMBUKTIKAN SIAPA YANG BENAR KITA TUNGGU DI AKHIR JAMAN SIAPAKAH YANG AKAN MENJADI HAKIM YANG ADIL, DAN SIAPA YANG AKAN TERANGKAT KE SURGA KETIKA SANGKAKALAH BERBUNYI...!!!
    NGGA PERLU JADI ORANG GOBLOK, HIDUP DAMAI AJA KALIE KAN KALO ELO PADA YANG NGGA MASUK SURGA JUGA BUKAN URUSAN GUE. YANG PENTING SAYA SUDAH KASIH TAU MAU PERCAYA APA NGGA JUGA NGGA APA2. ISA ALMASI AKAN TURUN KE BUMI DAN DARI DIA YANG AKAN MEMUTUSKAN SIAPA YANG BERHAK MENUJU SURGA YANG KEKAL. DI KITAB KALIAN JUGA MENULIS ITU KAN.

    DAMAI AJA BRO. PEMBUKTIANYA KAN KITA NGGA TAU TUH KAPAN HARI KIAMAT. TUNGGU AJA KALO BENAR2 DATANG ATAU TIDAK. DAN MENURUT KEPERCAYAAN SAYA DIA AKAN DATANG KEMBALI AKAN MENJEMPUT SAYA DAN ORANG2 PERCAYA
    (INGAT ITU KEPERCAYAAN SAYA PASTI KEPERCAYAAN ANDA BERBEDA).

    DAMAI :D

    BalasHapus
  42. Sy setuju dgn sdr Dentsu Mamuaya...
    Ga usah saling menyalahkan atw saling membenarkan krn Pekerjaan masing2 akan di uji ...
    Jd kl pun mmg ada penemuan ttg apapun kita nikmati aj krn itu suatu Kasih Anugerah yg diberikan Allah kpd seseorang utk meningkatkan talentanya....
    Mknya tiap2 manusia itu beda2 talenta sm spt kelima jari2 tangan kita....
    So let us say :" Peace , Love n Gaul "

    BalasHapus
  43. wahh...admin nya provokator, seharusnya kalau sudah berbau SARA tidak boleh di posting terlalu sensitif.

    BalasHapus
  44. mari kita kembali ke diri kita masing2 dgn IMAN percaya kita biar keharmonisan hidup terjalin baik, KeTUHANnan yg Maha Esa ini bunyi sila 1, beragam agama di negara kita tapi kita percaya hanya ada 1 TUHAN yg kita sembah jgn berdebat kita punya jln masing2, intinya tdk ada agama yg mengajarkan kita berbuat jahat, Manusia tdk sempurna, berbuat kasih biar kita disempurnakan,,

    BalasHapus
  45. klu sejara lewat Alkitab letak taman Eden sangat luas klu dgn peta jmn sekarang uda masuk beberapa negara, dgn 4 nama sungai yg masi ada dlm peta kuno, cerita sejarah tdk putus karna orang jaman dulu hidup ratusan tahun, contohnya muda ko, kita ngga sempat liat muka nenek kita tpi bapak kita bisa liat keturunan yg hampir mirip wajah nenek trus di Lukis biar yg lain tau gityuuu,,,dgn cerita bisa membuktikan sejarah,,,

    BalasHapus
  46. Adam diciptakan dari tanah?, mungkin maksudnya adalah : adam adalah evolusi dari mahluk sebelumnya. Mikroba pertama tercipta sekitar 600 juta tahun sebelum adanya manusia dan ALLAH menciptakanya dari tanah liat hitam (endapan molekul organik kompleks) kemudian bakteri itu terus berevolusi selama 600 juta tahun sampai menjadi manusia.

    BalasHapus
  47. Sdra/I, tidak perlu kita berdebat masalah agama. Percaya pada keyakinan kita masing2 saja (di imani). Mari belajar menghargai, mengasihi satu sama lain. Untuk adminnya kalo punya pemikiran seperti yg anda sampaikan silahkan, krn anda mungkin sdng belajar. Peace :)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawins, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena